Imamah, Imadatul (2013) Implementasi pembelajaran Active Learning tipe Modelling The Way dan Reward untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri Aryojeding Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110251.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam pembelajaran fiqih, bukan sekedar teori saja yang perlu dijelaskan kepada siswa, tetapi juga meliputi praktik dan pemahaman. Untuk itu proses pembelajaran yang dilakukan harusnya lebih mengarah pada proses keaktifan siswa supaya mereka memahami apa yang sedang dipelajari yang kelak akan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat dalam pembelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan pembelajaran Active Learning tipe modelling the way dan reward, yaitu strategi yang menekankan siswa untuk melaksanakan praktik secara langsung dan kekompakkan antar anggota dalam kelompok. Karena ilmu fiqih tidak hanya untuk dipelajari saja, melainkan akan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan strategi reward diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan motivasi siswa dalam meningkatkan prestasi.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Untuk mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran active learning tipe modelling the way dan reward dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII MTsN Aryojeding Tulungagung; 2) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran active learning tipe modelling the way dan reward dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII MTsN Aryojeding Tulungagung; 3) Untuk mendeskripsikan hasil penilaian dari implementasi pembelajaran active learning tipe modelling the way dan reward dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII MTsN Aryojeding Tulungagung.
Untuk mencapai tujuan di atas, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dibagi menjadi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, penilaian, refleksi. Instrumen utama dari penelitian ini adalah peneliti sendiri.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan atau hasil sebagai berikut: 1) Proses perencanaan berjalan sesuai dengan RPP yang telah dibuat sebelum pembelajaran dilaksanakan pada setiap pertemuan. 2) Dalam pelaksanaannya berjalan lancar. Siswa terlihat lebih aktif dan kompak antar sesama anggota kelompok pada saat pembelajaran berlangsung. 3) Dari hasil penilaian, terlihat adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Tingkat prestasi siswa meningkat 0.16%, dari nilai rata-rata pre test (sebelum tindakan) sebesar 60,98 meningkat menjadi 77,20 pada siklus I. Sedangkan pada siklus II meningkat 0,20%, dari nilai pre test sebesar 60,98 meningkat menjadi 80,93.
ABSTRACT
In learning fiqh, is not only a theory which need to be explained to the students, but also includes the practice and understanding. For the learning process should be carried out leading to the involvement of the student so that they understand what is being learned that will be implemented in daily life. For that, they need the right strategy in learning fiqh. This study uses a type of learning Active Learning modeling the way and reward, which is a strategy that emphasizes the students to engage in the practice directly and cohesiveness between members of the group. Fiqh is not just knowledge that need to be learned, but it will be implemented in daily life. Reward strategy is expected to foster the spirit and motivation of students to improve achievement.
The objectives of this research are: 1) To describe the type of active learning lesson planning modeling the way and reward in improving student achievement of class VII in MTsN Aryojeding Tulungagung; 2) To describe the implementation process of learning the type of active learning and reward modeling the way in improving student achievement of class VII in MTsN Aryojeding Tulungagung; And 3) To describe the results of the assessment of the implementation of the type of active learning instructional modeling the way and reward in improving student achievement of class VII in MTsN Aryojeding Tulungagung.
To achieve the above objectives, the approach used in this study is a qualitative approach to classroom action research (Classroom Action Research). This study is divided into four stages, namely: planning, implementation and observation, evaluating, reflection. The main instrument of this study is the researchers themselves.
The results of this study obtained the following conclusions: 1) The planning process went according to lesson plans that have been made before the study carried out at each meeting. 2) The implementation goes smoothly. Students were more active and unified among fellow members of the group at the time the learning takes place. 3) From the results of the assessment, there has been an increase in student achievement. Increased levels of student achievement 0,16%, of the value of the average pre-test (before treatment) amounted to 60.98 to 77.20 in Cycle I. the second cycle increased 0.20%, from 60.98 at pre-test value to 80.93.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran active learning tipe modelling the way; reward; prestasi belajar; mata pelajaran fiqih; Modeling the way’s type of active learning’s learning; reward; achievement; fiqh subjects. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39438 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |