Jazuli, Achmad (2013) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di SMP Negeri 22 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18110197.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kepala Sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepala sekolah, karena kepala sekolah mempunyai peranan yang penting dalam segala hal untuk mewujudkan visi dan misi dari lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Disamping itu kompetensi professional guru PAI juga sangat berpengaruh dalam mengelola proses belajar siswa di kelas. Proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik apabila guru memiliki sikap mengembangkan kemampuan dasar (kompetensi) yang dimilikinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) upaya-upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI di SMP Negeri
22 Malang. (2) faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI di SMP Negeri 22 Malang.
Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah kepala sekolah, guru PAI, waka kurikulum. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan data mentah yang diperoleh, dianalisis kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data. Peneliti melakukan pengecekan dengan membandingkan data yang diperoleh dari informan yang berbeda disamping itu, peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Dengan demikian dapat diperoleh data valid.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI, diantara upaya-upayanya adalah: kepala sekolah mengikutkan guru dalam pelatihan, workshop, dan
seminar, memotivasi guru PAI untuk terus berkembang, mengembangkan tenaga pendidik, mendukung ide-ide inovatif guru, dan melakukan supervisi setiap semester. Untuk meningkatkan kompetensi professional guru PAI ada faktor- faktor pendukung dan penghambat, diantara faktor-fator pendukung internal yakni adanya motivasi, eksternal yakni sarana dan prasaran yang memadai dan pemberian kesempatan untuk beraktualisasi. Faktor-faktor penghambat internal yakni guru yang mengajar tidak pada bidangnya, eksternal yakni tugas tambahan dari sekolah dan dana.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan
penelitian lebih lanjut mengenai kopetensi pendidik dalam pendidikan.
ABSTRACT
Principal is one of the important component in improving the quality of education. The success of an educational institution is highly dependent on the principal, because the principal has an important role in every way to realize the vision and mission of the institution he leads. Besidesit, professional competence of PAI teachers also very influential in managing student learning procces in the classroom. Teaching and learning process will go well if the teacher has an attitude to develop basic skills (competencies) that teacher has.
The purpose of this study is to know: (1) the principal efforts in improving the professional competence of PAI teachers in SMP Negeri 22 Malang. (2) the supporting and inhibiting factors in improving professional competence of PAI teachers in SMP Negeri 22 Malang.
The research method is descriptive qualitative. While the source of the data is the principal, PAI teachers, the curriculum. In collecting data, researcher used the method of observation, interview and documentation.the collected data are analyzed and checked the validity of the data. Researchers checked by comparing data from different informants. in addition, researchers also checked the validity of the data by triangulation and using reference materials. Thus the researcher can get the valid data
The result of this study was the principal effort in improving the professional competence of PAI teachers, among its efforts were: the principle included the teacher in training, workshops, and seminars, gave motivate toPAI teachers to continue to grow, develop educators, support innovative ideas of teachers, and supervise each semester. To improve the professional competence of PAI teachers there were factors of supporting and inhibiting, one of internal supporting factors was motivation,and external supporting factor were satisfy facilities and infrastructure and providing the opportunity to actualize. Internal inhibiting factors was additional the teacher is incredible, external inhibiting factors were additional duty of school and operasion funds.
Based on the results, the researcher suggests to conduct on further research on the competencies of teacher in education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sudiyono, Sudiyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Kepala Sekolah; Kompetensi Profesional; Guru PAI; Principal Efforts; Professional Competence; PAI teacher | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 11:17 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 11:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39378 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |