Bicuhar, Akhmad Fakhruddin (2013) Peranan Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di Smp Islam Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembangunan nasional dibidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Tujuan Pendidikan Agama Islam di sekolah /madrasah adalah dalam upaya pembentukan moral dan ahlak serta membangkitkan sikap religious peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, Pembentukan akhlak pada hakikatnya ialah keutuhan, keseluruhan perbuatan yang tertanam kuat pada diri seseorang sehingga menjadi kepribadiannya. Namun, pada kenyataannya dunia pendidikan dibingungkan dengan krisis kepribadian yang dialami oleh peserta didik dan juga semakin berkembangnya teknologi hingga minat pada pendidikan agama semakin berkurang. Hal tersebut juga semakin diperparah dengan rendahnya kualitas akhlak peserta didik dan kurang optimalnya sarana prasarana hingga kegiatan pembelajaran agama Islam yang sangat mempengaruhi pendidikan agama di sekolah maupun di madrasah, khususnya swasta. Akibat selanjutnya, pendidikan agama yang demikian ini tidak mendapat peran penting dalam kegiatan pendidikan yang bertujuan untuk membangun akhlak dan kepribadian peserta didik. Berbagai kritik tersebut mendeskripsikan kondisi Pendidikan Agama Islam yang selama ini berjalan di lapangan yang perlu segera dicarikan solusi pemecahannya, baik oleh Guru Pendidikan Agama Islam itu sendiri maupun para pemerhati dan pengembang pendidikan agama Islam.
Lembaga pendidikan yang dijadikan obyek penelitian skripsi oleh penulis sekaligus penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Jabung Malang dengan mengambil sebuah judul “Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Jabung Malang”. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran Pendidikan Agama Islam dan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Jabung Malang.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan peneliti adalah metodologi kualitatif deskriptif yang diartikan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan diarahkan pada latar dan individu secara utuh. Tujuan penelitian kualitatif adalah mencari dan memperoleh informasi mendalam.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Jabung memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan akhlak siswa, antara lain: menanamkan manfaat spiritual yang berkaitan dengan aqidah dengan melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan kegiatan istighosah. Manfaat psikologi yang berkaitan dengan tingkah laku individual termasuk nilai-nilai akhlak dilakukan dengan mengaji bergiliran untuk putri disaat jam istirahat sekolah. Dan manfaat sosial yang berkaitan dengan aturan-aturan yang menghubungkan manusia dengan manusia lain bisa diterapkan dengan melaksanakan segala kegiatan di sekolah dengan tertib dan teratur dan hidup dengan penuh toleransi antara guru dan siswa terlebih lagi terhadap warga disekitar sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam juga berperan penting dalam pembinaan akhlak siswa, antara lain: a. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, b. Menambah pengetahuan dan ketrampilan keagamaan, c. Menjadikan hidup selaras, serasi dan seimbang antara aspek jasmani dan rohani berdasarkan pada nilai-nilai ajaran agama Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits, d. Mempersiapkan siswa hidup dalam bermasyarakat. Juga dengan membimbing pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler seperti mengaji, Shalat Jum’at serta kegiatan yang lainnya yang diharapkan akan menambah pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam menjalankan kewajibannya terhadap agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Jabung.
ABSTRACT
National development efforts in the field of education is the intellectual life of the nation and developed a complete Indonesian man, the man who is faithful and devoted to God Almighty and noble character, knowledge and skills, physical and spiritual health, stable and independent personality, and sense of responsibility social and national responsibility based on Pancasila and the Constitution of 1945. Islamic Education goals in school / madrasah is in efforts to establish the moral and the moral and religious attitudes arouse learners. In connection with this, the formation of character is integrity in essence, the entire action more entrenched in a person to be his personality. However, in reality the education confused with personality crisis experienced by the students and also the development of the technology to an interest in religious education decreases. It is also exacerbated by the poor quality learners morals and less optimal infrastructure to Islamic learning activities that influence religious education at school or madrasah, especially private. The next result, religious education is not got such an important role in the educational activity which aims to build character and keribadian learners. Such critiques describe the condition of Islamic education which has been running in the field that need immediate solution found a solution, either by the Islamic Education Teachers themselves as well as to researchers and developers of Islamic religious education.
Educational institutions which made the object of research paper by the authors at the same time the study was Islamic Junior School Islam Jabung Malang by taking a title "The Role of Islamic Education in the Formation of Islamic Morals Jabung junior high students in Malang". The purpose of this study was to describe the role of Islamic education and Islamic education teacher's role in the moral development of students in junior high Jabung Islam Malang.
In this study, researchers used the method is descriptive qualitative methodology is defined as a research procedure that produces descriptive data in the form of words written or spoken of the people and behaviors that can be observed and directed at the background and the individual as a whole. The purpose of qualitative research is to find and acquire in-depth information.
The results showed that the activity pembejaran Islamic education in Islamic junior Jabung has a very important role in the moral development of students, among others: instill spiritual benefits associated with implementing learning Aqeedah with Islamic Education and istighotsah activities. Psychological benefits associated with individual behavior, including moral values is done by chanting turns to the daughter when school recess. And social benefits associated with rules that connect people with other people can be applied to carry out the activities at the school in an orderly and organized and live with tolerance between teachers and students even more to the people around the school. Islamic Education Teachers also play an important role in the moral development of students, among others: a. Increase the faith and devotion to God Almighty, b. Increase knowledge and skills of religious, c. Making live in harmony, harmony and balance between the physical and spiritual aspects based on the values of Islamic teachings contained in the Qur'an and Hadith, d. Prepare students to live in society. Also by guiding the implementation of extracurricular activities such as chanting, Friday prayer and other activities that are expected to increase the students' knowledge and skills in carrying out its obligations in Islamic Junior School Islam Islam Jabung.
ﺺﺨﻠﻤﻟا
،ﻞﻣﺎﻛ ﻞﺟر ﺔﯿﺴﯿﻧوﺪﻧﻹا ﺖﻌﺿو ﺔﻣﻸﻟ ﺔﯾﺮﻜﻔﻟا ةﺎﯿﺤﻟا ﻮھ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا لﺎﺠﻣ ﻲﻓ ﺔﯿﻨطﻮﻟا ﺔﯿﻤﻨﺘﻟا دﻮﮭﺟ ،تارﺎﮭﻤﻟاو فرﺎﻌﻤﻟاو قﻼﺧﻷاو ﻰﻟﺎﻌﺗو ﮫﻧﺎﺤﺒﺳ ﷲ ﻰﻟإ سﺮﻛو ﻦﯿﻨﻣﺆﻤﻟا ﺮﯿﻏ يﺬﻟا ﻞﺟﺮﻟا ﺔﯿﻟوﺆﺴﻤﻟا ﺔﯿﻟوﺆﺴﻤﻟﺎﺑ رﻮﻌﺸﻟاو ،ﺔﻠﻘﺘﺴﻣو ةﺮﻘﺘﺴﻣ ﺔﯿﺼﺨﺷو ،ﺔﯿﺣوﺮﻟاو ﺔﯿﻧﺪﺒﻟا ﺔﺤﺼﻟاو ﺔﯿﻨﯾﺪﻟا ﺔﯿﺑﺮﺘﻟا ﻦﻣ ضﺮﻐﻟاو .۵۴٩١ رﻮﺘﺳدو ﻼﯿﺳﺎﻜﻨﺑ سﺎﺳأ ﻰﻠﻋ ﺔﯿﻨطﻮﻟاو ﺔﯿﻋﺎﻤﺘﺟﻻا ﻒﻗاﻮﻤﻟاو ﺔﯾﻮﻨﻌﻤﻟا ءﺎﺸﻧإ ﻰﻟإ ﺔﯿﻣاﺮﻟا دﻮﮭﺠﻟا ﻲﻓ ﺔﯿﻨﯾﺪﻟا سراﺪﻤﻟا / سراﺪﻤﻟا ﻲﻓ ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﻲﻓ ﺔھاﺰﻨﻟا ﻮھ ﺔﯿﺼﺨﺸﻟا ﻞﯿﻜﺸﺗو ،اﺬھ ﻊﻣ لﺎﺼﺗا ﻲﻓ .ﻦﯿﻤﻠﻌﺘﻤﻟا ﺮﯿﺜﺗ ﺔﯿﻨﯾﺪﻟاو ﺔﯿﻗﻼﺧﻷا
ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﻊﻗاو ﻲﻓ ،ﻚﻟذ ﻊﻣو .ﮫﺘﯿﺼﺨﺷ ﺺﺨﺸﻟا نﻮﻜﯾ نأ ﻲﻓ ﺎﺨﺳﺮﺗ ﺮﺜﻛأ ﮫﻠﻛ ﻞﻤﻌﻟاو ،ﺎھﺮھﻮﺟ نﺎﺼﻘﻨﻟا ﻲﻓ ﺔﺤﻠﺼﻤﻟ ﺎﯿﺟﻮﻟﻮﻨﻜﺘﻟا ﺮﯾﻮﻄﺗ ﺎﻀﯾأو بﻼﻄﻟا ﺎﮭﺑ ﺮﻤﯾ ﺔﯿﺼﺨﺷ ﺔﻣزأ ﻦﯿﺑو ﮫﻨﯿﺑ ﻂﻠﺨﻟا ﻞﺜﻣﻷا ﻞﻗأ ﺔﯿﺘﺤﺘﻟا ﺔﯿﻨﺒﻟاو قﻼﺧﻷا ﻦﯿﻤﻠﻌﺘﻤﻟا ﺔﯿﻋﻮﻧ ةءادر ﺐﺒﺴﺑ ﺎﻀﯾأ ﻢﻗﺎﻔﺘﺗو .ﻲﻨﯾﺪﻟا ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﺔﺻﺎﺧو ،ﺔﯿﻨﯾﺪﻟا سراﺪﻤﻟا وأ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﻲﻓ ﻲﻨﯾﺪﻟا ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﺮﺛﺆﺗ ﻲﺘﻟا ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﻢﻠﻌﺘﻟا ﺔﻄﺸﻧﻷ ﻲﻤﯿﻠﻌﺘﻟا طﺎﺸﻨﻟا ﻲﻓ ﺎﻣﺎھ ارود ﺔﯿﻟﺎﺘﻟا ﺔﺠﯿﺘﻨﻟا ﻲﻨﯾﺪﻟا ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا اﻮﻠﺼﺤﯾ ﻢﻟ ﻦﻣو ، .صﺎﺨﻟا عﺎﻄﻘﻟا ﺔﯿﺑﺮﺘﻟا ﻦﻣ ﺔﻟﺎﺣ ﻒﺻو تادﺎﻘﺘﻧﻻا هﺬھ ﻞﺜﻣ .بﻼﻄﻟا ﺔﯿﺼﺨﺷو ﺔﯿﺼﺨﺸﻟا ءﺎﻨﺑ ﻰﻟإ فﺪﮭﯾ يﺬﻟا ﺔﯿﺑﺮﺘﻟا ﻲﻤﻠﻌﻣ ﻞﺒﻗ ﻦﻣ ﺎﻣإ ،ﻞﺣ يرﻮﻓ ﻞﺣ ﺪﺟو جﺎﺘﺤﺗ يﺬﻟا ﻞﻘﺤﻟا ﻲﻓ ﻞﻤﻌﺗ ﺖﻧﺎﻛ ﻲﺘﻟا ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا
.ﻲﻣﻼﺳﻹا ﻲﻨﯾﺪﻟا ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﻦﻣ ﻦﯾرﻮﻄﻣو ﻦﯿﺜﺣﺎﺒﻠﻟ ﻚﻟﺬﻛو ﻢﮭﺴﻔﻧأ ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا
ﺞﻧﻮﺑﺎﺟ و ثﻮﺤﺒﻟا ﺔﺣوﺮطأو ﻒﻟﺆﻤﻟا ﻞﺒﻗ ﻦﻣ ﺚﺤﺒﻟا عﻮﺿﻮﻣ ﺖﻠﻌﺟ ﻲﺘﻟا ﺔﯿﻤﯿﻠﻌﺘﻟا تﺎﺴﺳﺆﻤﻟا ﻦﯾﻮﻜﺗ ﻲﻓ ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﯿﺑﺮﺘﻟا رود " ناﻮﻨﻋ ذﺎﺨﺗا لﻼﺧ ﻦﻣ ﺞﻧﻻﺎﻣ ىﻮﻧﺎﺛ ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا رﻮﯿﻧﻮﺟ ﺔﺳارﺪﻟا هﺬھ ﻦﻣ ضﺮﻐﻟا نﺎﻛو ." ﻎﻧﻻﺎﻣ ﺞﻧﻮﺑﺎﺟ ﮫﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﯾﻮﻧﺎﺛ ﺔﺳرﺪﻣ ﻲﻓ بﻼط ﺔﻠﯿﻀﻔﻟا ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﯿﻗﻼﺧﻷا ﺔﯿﻤﻨﺘﻟا ﻲﻓ ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﯿﺑﺮﺘﻟا ﻢﻠﻌﻣ رودو ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﯿﺑﺮﺘﻟا رود ﻒﺻﻮﻟ .ﺞﻧﻻﺎﻣ ﺞﻧﻮﺑﺎﺟ ﺔﯾداﺪﻋإ ﺔﺳرﺪﻣ ﻲﻓ بﻼﻄﻠﻟ
ءاﺮﺟإ ﮫﻧﺄﺑ ﻲﻔﺻو ﻲﻋﻮﻧ ﺔﯿﺠﮭﻨﻣ ﻒﯾﺮﻌﺗ ﻢﺘﯾ ﺔﻘﯾﺮﻄﻟا هﺬھ نﻮﺜﺣﺎﺒﻟا مﺪﺨﺘﺳا ،ﺔﺳارﺪﻟا هﺬھ ﻲﻓ ﻲﺘﻟا تﺎﯿﻛﻮﻠﺴﻟاو ﺐﻌﺸﻠﻟ ﺔﻗﻮﻄﻨﻣ وأ ﺔﺑﻮﺘﻜﻣ تﺎﻤﻠﻛ ﻞﻜﺷ ﻲﻓ ﺔﯿﻔﺻﻮﻟا تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ﺞﺘﻨﺗ ﻲﺘﻟا ثﻮﺤﺒﻟا ﻰﻠﻋ رﻮﺜﻌﻟا ﻮھ ﻲﻋﻮﻨﻟا ﺚﺤﺒﻟا ﻦﻣ ضﺮﻐﻟا .ﻞﻜﻛ دﺮﻔﻟاو ﺔﯿﻔﻠﺨﻟا فﺪﮭﺘﺴﺗ ﻲﺘﻟاو ﺎﮭﺘﻈﺣﻼﻣ ﻦﻜﻤﯾ.ﺔﻘﻤﻌﺘﻣ تﺎﻣﻮﻠﻌﻣ ﻰﻠﻋ لﻮﺼﺤﻟاو
ﺎﮭﯾﺪﻟ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺞﻧﻮﺑﺎﺟ ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﯾداﺪﻋإ ﻲﻓ ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﯿﺑﺮﺘﻟا ﻢﻠﻌﺘﻟا طﺎﺸﻧ نأ ﺞﺋﺎﺘﻨﻟا تﺮﮭظأ ﺔﯿﺣوﺮﻟا ﺪﺋاﻮﻔﻟا سﺮﻏ :ىﺮﺧأ رﻮﻣأ ﻦﯿﺑ ﻦﻣ ،بﻼﻄﻠﻟ ﻲﻗﻼﺧﻷا رﻮﻄﺘﻟا ﻲﻓ اﺪﺟ ﻢﮭﻣ رود ﺔﻄﺒﺗﺮﻤﻟا ﺔﯿﺴﻔﻨﻟا ﺪﺋاﻮﻔﻟا .ﮫﺳﺎﻐﺘﺳا ﺔﻄﺸﻧﻷاو ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﯿﺑﺮﺘﻟا ﻊﻣ ﻢﻠﻌﺘﻟا ةﺪﯿﻘﻌﻟا ﺬﯿﻔﻨﺘﺑ ﺔﻄﺒﺗﺮﻤﻟا ﺎﻣﺪﻨﻋ ﺔﻨﺑا ﻰﻟإ لﻮﺤﺘﯾ فﺎﺘﮭﻟا ﻖﯾﺮط ﻦﻋ ﻚﻟذ ﻢﺘﯾ ﺔﯿﻗﻼﺧﻷا ﻢﯿﻘﻟا ﻚﻟذ ﻲﻓ ﺎﻤﺑ ،يدﺮﻔﻟا كﻮﻠﺴﻟا ﻦﯾﺮﺧآ صﺎﺨﺷأ ﻊﻣ سﺎﻨﻟا ﻂﺑﺮﺗ ﻲﺘﻟا ﺪﻋاﻮﻘﻟا ﺔﻄﺒﺗﺮﻤﻟا ﺔﯿﻋﺎﻤﺘﺟﻻا ﻊﻓﺎﻨﻤﻟاو .ﺔﯿﺳرﺪﻤﻟا ﺔﻠﻄﻌﻟا ﻦﯿﺑ ﺢﻣﺎﺴﺘﻟا ﻊﻣ ﺶﯿﻌﻟاو ﻢﻈﻨﻣو ﻢﻈﻨﻣ ﻞﻜﺸﺑ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﻲﻓ ﺔﻄﺸﻧﻷا ﺬﯿﻔﻨﺗ ﻰﻠﻋ ﺎﮭﻘﯿﺒﻄﺗ ﻦﻜﻤﯾ
ﺎﻀﯾأ ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﯿﺑﺮﺘﻟا ﻲﻤﻠﻌﻣ .ﺔﺳرﺪﻤﻟا ءﺎﺤﻧأ ﻊﯿﻤﺟ ﻲﻓ سﺎﻨﻟا ﻰﻟإ ﺮﺜﻛأ ﻰﺘﺣ بﻼﻄﻟاو ﻦﯿﻤﻠﻌﻤﻟا نﺎﻤﯾﻹا ةدﺎﯾز .أ :ىﺮﺧأ رﻮﻣأ ﻦﯿﺑ ﻦﻣ ،بﻼﻄﻠﻟ ﻲﻗﻼﺧﻷا رﻮﻄﺘﻟا ﻲﻓ ﺎﻣﺎھ ارود ﺐﻌﻠﺗ نأ مﺎﺋو ﻲﻓ ﺶﯿﻌﻟا ﻞﻌﺠﯾ ﺎﻤﻣ .ج ،ﺔﯿﻨﯾﺪﻟا تارﺎﮭﻣو فرﺎﻌﻣ ةدﺎﯾز .ب
ةدراﻮﻟا ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﻢﯿﻟﺎﻌﺘﻟا ﻦﻣ ﻢﯿﻘﻟا سﺎﺳأ ﻰﻠﻋ ﺔﯿﺣوﺮﻟاو ﺔﯾدﺎﻤﻟا ﺐﻧاﻮﺠﻟا ﻦﯿﺑ نزاﻮﺗو مﺎﺠﺴﻧاو ﺔﻄﺸﻧﻷا ﺬﯿﻔﻨﺗ ﮫﯿﺟﻮﺗ لﻼﺧ ﻦﻣ ﺎﻀﯾأ .ﻊﻤﺘﺠﻤﻟا ﻲﻓ ﺶﯿﻌﻠﻟ بﻼﻄﻟا داﺪﻋإ .د ،ﺚﯾﺪﺤﻟاو نآﺮﻘﻟا ﻲﻓ ﺔﻓﺮﻌﻤﻟا ﺪﯾﺰﺗ نأ ﻊﻗﻮﺘﻤﻟا ﻦﻣ ﻲﺘﻟا ﺔﻄﺸﻧﻷا ﻦﻣ ﺎھﺮﯿﻏو ﺔﻌﻤﺠﻟا ةﻼﺻ ،فﺎﺘﮭﻟا ﻞﺜﻣ ﺔﯿﺠﮭﻨﻣﻼﻟا.ﺞﻧﻮﺑﺎﺟ ﺔﯾداﺪﻋإ ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﺳرﺪﻣ ﻲﻓ مﻼﺳﻹا هﺎﺠﺗ ﺎﮭﺗﺎﻣاﺰﺘﻟا ﺬﯿﻔﻨﺗ ﻲﻓ بﻼﻄﻟا تارﺎﮭﻣو
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Pendidikan Agama Islam; Pembinaan Akhlak; Role of Islamic Education, Moral Development; ﺔﯿﻗﻼﺧﻷا ﺔﯿﻤﻨﺘﻟاو ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﯿﺑﺮﺘﻟا رود | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 10:43 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/39295 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |