Masykur, Muhammad Riduwan (2022) Pengaruh motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Miftahul Huda di Desa Wanengpaten Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
18110065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Keberhasilan santri dalam menempuh pendidikan agama (Madin) menjadi harapan dan cita-cita setiap orang tua. Indikator awal keberhasilan santri adalah dengan mendapatkan nilai hasil belajar yang tinggi. Keberhasilan belajar dapat ditentukan melalui beberapa faktor, salah satunya yakni motivasi belajar dan dukungan orang tua. penekanan dalam pembelajaran agama harus menjadi prioritas karena akan menjadi bekal baik di dunia maupun di akhirat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Motivasi belajar santri terhadap hasil belajar santri di MDTA Miftahul Huda. 2) Dukungan orang tua santri terhadap hasil belajar santri MDTA Miftahul Huda. 3) Pengaruh motivasi belajar anak terhadap hasil belajar di MDTA Miftahul Huda. 4) Dukungan orang tua terhadap hasil belajar anak MDTA Miftahul Huda. 5) Pengaruh motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar anak MDTA Miftahul Huda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan seluruh populasi santri Madrasah Diniyah Takmiliah Awaliyah (MDTA) Miftahul Huda. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25.00 for Windows.
Hasil dari penelitian ini mendapatkan temuan bahwa 1) Motivasi belajar santri di MDTA Miftahul Huda tergolong pada kategori sedang yakni sejumlah 47,7% dari 44. 2) Dukungan orang tua santri di MDTA Miftahul Huda tergolong pada kategori sedang yakni sejumlah 54,5% dari 44 santri. 3) terdapat pengaruh antara variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar santri di MDTA Miftahul Huda sebesar 0,006 < 0,05 dan nilai t hitung -2,874 > t tabel 2,020. 4) Terdapat pengaruh antara variabel dukungan orang tua terhadap hasil belajar santri di MDTA Miftahul Huda sebesar 0,065 > 0,05 dan nilai t hitung 1,879 < t tabel 2,020. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi belajar dan dukungan orang tua secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Miftahul Huda sebesar, dengan tingkat pengaruh sebesar 12,8%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mendukung teori yang diambil dari Mc Celland dari variabel motivasi belajar teruji dengan baik dan dari variabel dukungan orang tua dari teori Jean Piaget tidak teruji.
ENGLISH:
The success of students in taking religious education (Madin) is the hope and aspiration of every parent. The initial indicator of the success of students is to get high learning outcomes. Learning success can be determined through several factors, one of which is learning motivation and parental support. Emphasis on religious learning must be a priority because it will be a provision both in this world and in the hereafter. The purpose of this study was to determine 1) the motivation of students to learn about student learning outcomes at MDTA Miftahul Huda. 2) Parents' support for the learning outcomes of MDTA Miftahul Huda students. 3) The effect of children's learning motivation on learning outcomes at MDTA Miftahul Huda. 4) Parents' support for the learning outcomes of MDTA Miftahul Huda's children. 5) The influence of learning motivation and parental support on the learning outcomes of MDTA Miftahul Huda children.
This study uses a quantitative approach to the type of correlation. The sampling technique used the entire population of Miftahul Huda Madrasah Diniyah Takmiliah Awaliyah (MDTA) students. Data collection was carried out using questionnaires and documentation. The data processing technique uses multiple linear regression analysis with the help of SPSS 25.00 for Windows.
The results of this study found that 1) The learning motivation of students at MDTA Miftahul Huda was in the moderate category, namely 47.7% of 44. 2) The support of parents of students at MDTA Miftahul Huda was in the medium category, namely 54.5% of 44 students. 3) there is an influence between the variables of learning motivation on student learning outcomes at MDTA Miftahul Huda of 0.006 t table 2.020. 4) There is an influence between parental support variables on student learning outcomes at MDTA Miftahul Huda of 0.065 > 0.05 and the t value of 1.879 < t table 2.020. 5) There is a significant influence between the variables of learning motivation and parental support which together affect the learning outcomes of the students of Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Miftahul Huda, with an influence level of 12.8%. It can be concluded that this study supports the theory taken from Mc Celland from the well-tested learning motivation variable and the untested parental support variable from Jean Piaget's theory.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Dukungan Orang Tua; Hasil Belajar; Motivasi Belajar | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Muhammad Riduwan Masykur | ||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2022 14:42 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2022 14:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/37415 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |