Firdaus, Muhammad Wildan (2022) Pengaruh work-life balance dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada di Masa Pandemi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18410199.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pandemi Covid-19 mempunyai pengaruh di berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan sehingga mengubah sistem belajar mengajar dari tatap muka menjadi pembelajaran daring. Hal ini menyebabkan perubahan tatanan kehidupan yang normal menjadi berubah karena harus beradaptasi dengan sistem kerja yang baru. Selain bekerja, para guru juga memiliki kehidupan pribadi yang harus diperhatikan. Kemampuan dalam menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi inilah yang disebut work-life balance. Tentunya dalam bekerja, guru harus memiliki motivasi agar mendorong dirinya untuk mau melakukan pekerjaannya. Motivasi itulah yang memengaruhi kinerja guru dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk Mengetahui tingkat dari work-life balance, motivasi kerja dan kinerja guru MI. Murni Sunan Drajat Lamongan. 2) Menguji pengaruh antara work-life balance dengan kinerja guru MI. Murni Sunan Drajat Lamongan. 3) Menguji pengaruh antara motivasi kerja dengan kinerja guru MI. Murni Sunan Drajat Lamongan. 4) Menguji pengaruh antara work-life balance dan motivasi kerja dengan kinerja guru MI. Murni Sunan Drajat Lamongan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan populasi sebesar 87 guru sehingga sampel diambil semua dari populasi. Penelitian ini menggunakan skala work-life balance dari Fisher (2002) yang telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia oleh Gianti Gunawan (2019). Kemudian untuk skala motivasi kerja dan kinerja disusun oleh peneliti dengan melibatkan expert jugdgement untuk mengoreksi item. Peneliti juga melakukan uji validitas dan reliabilitas pada ketiga skala tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan uji T, work-life balance dapat memengaruhi kinerja guru MI. Murni Sunan Drajat Lamongan dengan nilai signifikansi berada pada 0,001 (p <0,05). 2) Berdasarkan hasil uji T, motivasi kerja dapat memengaruhi kinerja guru MI. Murni Sunan Drajat Lamongan dengan nilai signifikansi berada pada 0,000 (p<0,05). 3) Berdasarkan hasil uji F, work-life balance dan motivasi kerja secara bersamaan (simultan) dapat memengaruhi kinerja guru MI. Murni Sunan Drajat Lamongan dengan nilai signifikansi berada pada 0,000 (p<0,05).
ENGLISH:
The Covid-19 pandemic has affected various sectors, including the education sector. The effect has forced changes in the teaching and learning system, from direct to online learning. This has led to changes in the normal order of life in order
to adapt to the new work system. In addition to work life, teacher has personal life that must be taken into account. The effort of balancing between these two lives is called work-life balance. In work life, teacher must have the motivation to finish the jobs and responsibilities. Thus, the motivation affects teacher performance at work. This study sought to: 1) find out the level of work-life balance, work motivation, and teacher performance in MI. Murni Sunan Drajat Lamongan, 2)
examine the effect of work-life balance on teacher performance in MI. Murni Sunan Drajat Lamongan, 3) examine the effect of work motivation on teacher performance in MI. Murni Sunan Drajat Lamongan, and 4) examine the effect of work-life
balance and work motivation on teacher performance in MI. Murni Sunan Drajat Lamongan.
This quantitative research employed multiple linear regression analysis. Total sampling technique was used to determine the samples, amounting to 87 teachers, taking the whole population. This research used the work-life balance scale from
Fisher (2002) which has been adapted into Indonesian by Gianti Gunawan (2019). In addition, the work motivation and work performance scales were compiled by the researcher by involving expert judgment to validate the items. Validity and
reliability tests were performed on those the three scales.
The research results revealed that: 1) based on the T-test result, work-life balance can affect teacher performance in MI. Murni Sunan Drajat Lamongan with a significance value of 0.001 (p <0.05), 2) based on the T-test result, work
motivation can affect teacher performance in MI. Murni Sunan Drajat Lamongan with a significance value of 0.000 (p<0.05), 3) based on the F-test result, work-life balance and work motivation simultaneously can affect teacher performance in MI.
Murni Sunan Drajat Lamongan with a significance value of 0.000 (p<0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hawabi, Agus Iqbal | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | work-life balance; motivasi kerja; kinerja guru | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Muhammad Wildan Firdaus | ||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2022 09:15 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2022 09:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/36632 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |