Pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru IPS di MAN Tulungagung

Fitria, Finadiaul (2015) Pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru IPS di MAN Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11130094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Guru merupakan salah satu faktor yang dominan dan penting dalam pendidikan formal. Untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satu syarat utamanya adalah meningkatkan kualitas tenaga edukatifnya yaitu guru. Guru merupakan bagian dari system yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan, untuk itu guru dalam proses pembelajaran harus memiliki kemampuan kompetensi guna mencapai harapan yang dicita-citakan dalam melaksanakan pendidikan pada umumnya dan proses pembelajaran pada khusunya. Ada banyak hal yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya yaitu pengalaman mengajar dan tingkat pendidikan. Dengan pengalaman mengajar guru tentu lebih menguasai bidangnya, hal ini disebabkan karena dengan pengalaman mengajar, guru dapat memiliki berbagai macam keterampilan, keahlian, dan kemampuan yang diperlukan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Demikian juga halnya dengan tingkat pendidikan dengan tingkat pendidikan yang tinggi pastinya akan berperan dalam kompetensi guru.

Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengaruh tingkat pendidikan terhadap kompetensi profesional guru IPS di MAN Tulungagung (2) menjelaskan pengaruh pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru IPS di MAN Tulungagung (3) menjelaskan pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional guru IPS di MAN Tulungagung.

Untuk mencapei tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reabilitas. Sedangkan metode anaisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa: (1) tingkat pendidikan positif signifikan terhadap kompetensi guru secara persial sebesar 2.081, (2) pengalaman mengajar perpengaruh positif terhadap kompetensi profesional guru secara pesrsial sebesar 2.584, (3) secara simultan kedua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadp variabel terikat dengan menggunakan uji F menghasilkan nilai F hitung = 8.681 > tabel = 3,267. Adapun nilai R square 0.332 (33,2%), dan sisanya 67,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar terhadp kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Esha, Muhammad In’am
Keywords: Tingkat pendidikan; Pengalaman mengajar; Kompetensi profesional guru
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Viki Alvionita Dwiningrum
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:14
Last Modified: 22 Jul 2016 06:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3584

Actions (login required)

View Item View Item