Responsive Banner

Hubungan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan aktifitas sholat berjama’ah dengan akhlakul karimah siswa SMK Walisongo 2 Gempol Pasuruan

Amin, Muhamad (2021) Hubungan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan aktifitas sholat berjama’ah dengan akhlakul karimah siswa SMK Walisongo 2 Gempol Pasuruan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
17771026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Akhlakul Karimah merupakan permata yang harus dimiliki oleh setiap manusia terutama umat islam. salah satu inti dari tujuan Pendidikan adalah pembinaan akhlakul karimah. Sekolah sebagai Lembaga Pendidikan Formal sesuai amanat UUD 1945 memiliki tugas yang sangat penting dan berat sebagai wadah dan sarana yang dipercaya oleh Masyarakat untuk membina Akhlak siswa sebagai generasi penerus bagi Agama, bangsa dan negara, Prestasi belajar yang dicapai oleh siswa di sekolah diharapkan dapat menjadi gambaran keagungan akhaknya. begitupun siswa yang aktif mengikuti sholat jamaah baik di rumah maupun di sekolah diharapkan dapat menghayati nilai nilai sholat dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk akhlakul karimah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: (1) Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Walisongo 2 Gempol Pasuruan (2) Aktifitas Shalat Berjamaah Siswa SMK Walisongo 2 Gempol Pasuruan (3) Akhlakul Karimah Siswa SMK Walisongo 2 Gempol Pasuruan. (4) Hubungan Antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Aktifitas Shalat Berjamaah dengan Akhlakul Karimah Siswa SMK Walisongo 2 Gempol Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif, Sedangkan hasil penelitian sebagai berikut: (1). Prestasi belajar siswa SMK Walisongo 2 Gempol termasuk berada pada kategori Cukup yaitu sebanyak hal ini dibuktikan dari perhitungan pada interval 80-85 sebanyak 62 Siswa dengan Prosentase 65 %. (2) Aktifitas Sholat Berjamaah siswa SMK Walisongo 2 Gempol termasuk berada pada kategori Cukup, hal ini dibuktikan dari perhitungan pada interval 76 -80 sebanyak 57 Siswa dengan prosentase 59 %. (3) Akhlakul karimah siswa SMK Walisongo 2 Gempol termasuk berada pada kategori Cukup, hal ini dibuktikan dari perhitungan pada interval 76-80 Sebanyak 56 Siswa Siswa siswa dengan prosentase 58 %. (4) Terdapat korelasi yang Signifikan nilai prestasi belajar pendidikan agama islam (X1) dan aktifitas shalatberjamaah (X2) secara bersama-sama dengan akhlakul karimah siswa (Y). Diartikan bahwa semakin tinggi nilai prestasi belajar pendidikan agama islam (X1) dan aktifitas shalat berjamaah (X2) maka semakin tinggi pula akhlakul karimah siswa (Y).

ABSTRACT

Good Attitude (Akhlakul karimah) is an important thing which should have learnt by People especially Islamic People. One of the purpose of education is guiding good attitude (akhlakul karimah). The School as a formal education institution depend on the constitution has a very important role as a place that is reliable by society to deal with the attitude of student as the next generation for religion, nation and country. The achievement which is reached by students in their school can be wished to be a good example of having a good attitude so that students who are active to follow pray together (sholat jamaah) even in their school or their home are able to be hoped to apply the value of pray and practice in their daily activity in the context of having a good attitude.

This research has a purpose to analyze (1) Islamic education achievement of student of Vocational High School Walisongo 2 Gempol Pasuruan. (2) The activity of pray together of Vocational High Schhol walisongo’s Students. (3) The attitude of student of Vocational High School Walisongo 2 Gempol Pasuruan. (4) The relation between the result of Islamic education and activity of praying together with the attitude of student of Vocational High School Walisongo 2 Gempol Pasuruan.

This research used quantitatif method while the result of this research can be followed: (1) The study achievement of students of Walisongo Vocational High School 2 Gempol Pasuruan excludes in enough rate: this research can be proved by counting in interval 80-85 as many 62 students with percentage of 65 %. (2) the activity of praying together of students of Walisongo Vocational High School 2 Gempol Pasuruan exclude in enough rate: this research can be proved by counting in interval 76-80 as many 57 students with percentage 59%. (3) good attitude (Akhlakul karimah) of students of Walisongo Vocational High School 2 Gempol Pasuruan exclude in enough rate: this research can be proved by counting in interval 76 – 80 as many 56 students with percentage 58%. (4) It has correlation of significant value of result of religion education learning and activity of praying together (X2) together with attitude of students (Y). it can be conclude that the higher value rate of Islamic education and pray together (X2) the higher good attitude of students (Y).

مستخلص البحث

أَخْلَاقُ الْكَرِيْمَةِ جَوَهِرَةٌ يَجِبُ أَنْ يَمْتَلِكُهَا كُلُّ إِنْسَانٍ ، وَخَاصَّةً لِلْمُسْلِمِيْنَ. أَحَدَ الْأهْدَافَ اْلاَسَاسِيَّةَ لِلتَّعْلِيْمِ هُوَ التَّطَوُّرُ الْأخْلاَقيِ. الْمَدَارِسُ كَمُؤَسَّساَتِ تَعْلِيمِيَّةٍ رَسْمِيَّةٍ وَفَقًا لِتَفْوِيْضِ دُسْتُورٍ عَامَ ١٩٤٥ لَدَيْهَا مُهِمَّةٌ جِدًا وَثَقِيلَةً كَمُنْتَدِى وَوَسِيْلَةٌ يُثْقَ بِهَا الْمُجْتَمِعُ لِتَعْزِيزِ أَخْلاَقِ الطُّلاَّبِ كَجَيلٍ جَدِيدٍ لِلدِّينِ وَالْاُمَّةِ وَالدَّوْلَةِ. حَرْف. وَباِلْمِثْلِ ، يَتَوَقَعُ مِنَ الطُّلَّابِ الَّذِينَ يُشَارِكُوْنَ بِنَشَاطٍ فِي صَلَاةِ اْلجَمَاعَةِ فِي كُلِّ مِنَ الْمَنْزِلِ وَالْمَدْرَسَةِ أَنْ يَكُونُوا قَادِرِينَ عَلىٰ تَقْدِيْرِ قَيِّمِ الصَّلَاةِ وَأَنْ يَكُونُوا قَادِرِينَ عَلىٰ تُنَفِيذِهَا فِي الْحَيَاةِ الْيَوْمِيَّةِ فِي شَكْلِ أَخْلَاقِي.

تُهْدَفُ هٰذِه ِالدِّرَاسَةِ إلِٰى تَحْلِيلٍ: (١) التَّحْصْيلُ التَّعْلِيمِي لِلتَّعْلِيمِ الِّدينِ الْإسْلاَمِي لِطُلَّابِ الْمَدْرَسَةِ الْوَسَا طِيَّةِ الْمُهْنِيَّةِ وَالِي صَعَا٢ كَمْفُولْ باَسُوْرُوَانْ (٢) أَنْشِطَة ُالصَّلاَةِ الْجَمَاعِيَّةِ لِطُلَّابِ الْمَدْرَسَةِ الْوَسَا طِيَّةِ الْمُهْنِيَّةِ وَالِي صَعَا٢ كَمْفُولْ باَسُوْرُوَانْ (٣) أَخْلَاقُ الْكَرِيْمَةِ لِطُلَّابِالْمَدْرَسَةِ الْوَسَا طِيَّةِ الْمُهْنِيَّةِ وَالِي صَعَا٢ كَمْفُولْ باَسُوْرُوَانْ. (٤) الْعَلاَقَةُ بَيْنَ التَّحْصِيل الْعَلَمِي لِلتَّعْلِيمِ الدِّينِي الْإسْلَامي وَأُنْشِطَةِ الصَّلَاةِ الْجَمَاعِيِة مَعَ طَلاَبِ أَخْلَاقُ الْكَرِيْمَةِ في الْمَدْرَسَةِ الْوَسَا طِيَّةِ الْمُهْنِيَّةِ وَالِي صَعَا٢ كَمْفُولْ باَسُوْرُوَانْ

تستخدم هذه الدراسة الأساليب الكمية ، فيما جاءت نتائج الدراسة كالتالي: (١). يتم تضمين التحصيل الدراسي للطلاب فيلمدرسة الثانوية المهنية والي صعا٢ كمفول باسوروان في فئة ىنووعه ، وهو ما يتضح من الحسابات التي أجريت على فترة ٨٠ــ٨٥ حتى ٦٢ طالبًا بنسبة ٦٥٪. (٢) يتم تضمين أنشطة الصلاة الجماعية لطلاب لمدرسة الثانوية المهنية والي صعا٢ كمفول باسوروان في فئة ىنووعه ، ويتضح هذا من الحساب على فترات٧٦ـ٨٠ حتى ٥٧ طالبًا بنسبة ٥٩٪. (٣) يتم تضمين أخلاق طلاب لمدرسة الثانوية المهنية والي صعا٢ كمفول باسوروان في فئة ىنووعه ، ويتضح هذا من خلال الحساب على فترات من ٧٦ـ٨٠ حتى ٥٦ طالبًا بنسبة ٥٨٪. (٤) توجد علاقة ارتباط ذات دلالة إحصائية بين قيمة تحصيل تعليم التربية الدينية الإسلامية (X1) وأنشطة الصلاة الجماعية (X٢) مع أخلاق الطلاب (ى). وهذا يعني أنه كلما ارتفعت قيمة التحصيل التعليمي للتربية الدينية الإسلامية (X١) وأنشطة الصلاة الجماعية (X٢) ، ارتفعت أخلاق الطالب (ى)

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Maimun, Agus and Nur, Muhamad Amin
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMaimun, AgusUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDNur, Muhamad AminUNSPECIFIED
Keywords: Hubungan; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Aktifitas Shalat Berjama’ah; Akhlakul Karimah; Relation; Achievement of studying; Islamic Education; Activity of Pray Together and Good Attitude; الْعَلاَقَةُ; التَّحْصِيْلُ الدِّرَاسِيُّ; التّرْبِيَّةُ الدِّيْنِيَّةُ الْإسْلاَمِيَّةُ ،أِنْشِطَةُ الصَّلَاةِالْجَمَاعِيَّةِ ، أَخْلَاقُ الْكَرِيْمَةِ
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Amin
Date Deposited: 06 Jan 2022 09:18
Last Modified: 06 Jan 2022 09:18
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/33085

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item