Amru, Achmad (2014) Penerapan Metode Kuder-Richardson (K-R 20) dan Naive Bayes Classifier dalam analisis butir soal hasil ujian tengah semester: Studi kasus SMKN 5 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10650061.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA :
Salah satu komponen yang menjadi kunci tinggi rendahnya mutu pendidikan adalah baik tidaknya teknik evaluasi hasil belajar yang digunakan oleh guru. Perhatian pengajar di sekolah pada tes terutama tes sumatif pada umumnya hanya fokus pada perhitungan dan nilai akhir sehingga instrument tesnya sendiri tidak memperoleh cukup perhatian. Analisis soal berfungsi untuk mengetahui berfungsi tidaknya soal, analisis soal secara kuantitatif diperlukan untuk mengetahui informasi mengenai soal tes dan peserta tes melalui analisis statistik dan menekankan pada analisis karakteristik internal tes melalui data yang diperoleh secara empiris. karakteristik internal secara kuantitatif meliputi parameter tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Pada penelitian ini analisis reliabilitas soal menggunakan metode Kudder-Richardson (K-R 20) dan menggunakan metode Naive Bayess Classifier (NBC) untuk melakukan klasifikasi kelayakan butir soal. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan sistem telah berjalan dengan baik dan akurat, metode K-R 20 terbukti mampu untuk melakukan analisis reliabilitas soal dengan baik dan metode naïve bayess classifier mampu mengklasifikasikan kelayakan soal dengan akurasi 100% .
ENGLISH :
One of the key components into high and low quality of education is whether or not the learning outcomes of evaluation techniques used by teachers. Attention teachers in schools in the test mainly summative tests generally only focus on the calculation and the final value, but the test instrument itself does not gain enough attention. Item analysis function to determine whether or not a matter of item function. Quantitative analysis of item needed to know about the information about the test and the test participants through statistical analysis, and emphasis on the analysis of the internal characteristics of the test through the data obtained empirically. Internal characteristics quantitatively intended include difficulty level parameters, item descriminating and reliability. In this study about the reliability analysis using the Kuder-Richardson (KR 20) and methods Naive Bayes Classifier (NBC) to conduct a feasibility classification items. Based on the research that has been done the system has been running well and accurately Kuder-Richardson method (KR 20) proved to be able to perform well about the reliability analysis and Naïve Bayess Classifier method is able to classify the feasibility questions with 100% accuracy.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Faisal, Muhammad and Kurniawan, Fachrul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | analisis butir soal; reliabilitas metode Kuder-Richardson(K-R 20); klasifikasi; Naïve Bayes Classifier(NBC); analysis of items; reliability | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Alexander Malik | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 12:25 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2023 11:12 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3133 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |