Dewi, Elya Intan Kusuma (2015) Bisnis online Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) dalam pandangan ulama MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
11220042 Pendahuluan.pdf Download (746kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
11220042 Abstrak Indonesia.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
11220042 Abstrak English.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
11220042 Abstrak Arabic.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
11220042 Bab 1.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
11220042 Bab 2.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
11220042 Bab 3.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
11220042 Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
11220042 Bab 5.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (References)
11220042 Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
11220042 Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Summary)
11220042 Ringkasan.pdf Download (454kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Di zaman modern saat ini banyak berkembang model bisnis baru, salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Fenomena Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) atau yang biasa disebut Manusia Membantu Manusia mulai berkembang pesat dua tahun ini di Indonesia. Kegiatan tolong menolong yang dibarengi dengan pemberian bonus 30% tiap bulan untuk orang yang bersedia menolong tentu menimbulkan permasalahan baru yaitu tentang kejelasan penambahan 30% yang didapat tiap bulan, dan bagaimana jika kegiatan tolong- menolong dijadikan ajang untuk berbisnis.
Penelitian dilakukan di Malang dikarenakan masyarakat Malang memiliki minat yang tinggi dalam berinvestasi, dengan tingginya minat berinvestasi tentunya diimbangi juga dengan mudahnya tergiur oleh iming-iming mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang singkat. Sehingga menjadikan komunitas MMM di Malang berkembang paling pesat dari kota/kabupaten di Jatim
Dalam penelitian ini, terdapat rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana praktik bisnis online Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) di kota Malang. 2) Bagaimana Pandangan ulama’ MUI (Majelis Ulama Indonesia) kota Malang mengenai bisnis online Mavrodi Mondial Moneybox (MMM).
Penelitian ini termasuk penelitian hukum empiris atau penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data primer dikumpulkan dari observasi lapangan dan interaksi langsung dengan informan yang terkait dengan bidang kajian secara langsung atau pun tidak. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari literatur dan dokumentasi tentang permasalahan yang terkait.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) adalah sebagai media perantara antar member untuk saling tolong menolong dan perolehan 30% didapatkan murni dari dana partisipan yang melakukan Provide Help baik member lama atau baru. Dari mekanismenya dapat disimpulkan MMM adalah bentuk dari Money Game Online. Selanjutnya MUI kota Malang dalam pandangannya menyatakan bahwa MMM adalah salah satu bisnis yang harus dihindari dengan landasan adanya unsur ketidakjelasan, tidak terdaftarnya MMM, dan cenderung memberikan mudharat dari pada manfaat.
ENGLISH:
New business models in modern times many developing, one with use technology. The phenomenon of Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) or commonly called Humans Helping Humans began growing rapidly in Indonesia two years. Helping activities coupled with a 30% bonus every month for people who are willing to help of course, a new problem that is about clarity acquired additional 30% each month, and what if the mutual assistance activities used as a platform for doing business.
The study was conducted in Malang Malang because society has a strong interest in investing, with a high interest in investing must be balanced also easily tempted by the lure of gain huge profits in a short time. Making community in Malang MMM fastest growing of cities / districts in East Java
In this study, there is a formulation of the problem, namely: 1) How does the online business practices Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) in the city of Malang. 2) How to view ulama 'MUI (Majelis Ulama Indonesia) Malang regarding online business Mavrodi Mondial Moneybox (MMM).
This research includes empirical legal research or field study with a qualitative approach. Primary data were collected from field observation and direct interaction with informants related to the field of study directly or not. While the sources of secondary data obtained from the literature and documentation on issues related.
The results obtained that Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) is a media intermediary between the members to help each other and the acquisition of 30% pure obtained from fund participants undertaking Provide Help either old or new members. Of the mechanism can be concluded MMM is a form of Money Games Online. Furthermore, in his view MUI Malang stated that MMM is one business that should be avoided by grounding the element of uncertainty, not registered MMM, and tend to give harm than benefit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | MMM; MUI kota Malang |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah |
Depositing User: | Ratih Novitasari |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 10:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2015 10:53 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/292 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |