Saputro, Trio Wahyu (2015) Peran kepala sekolah dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMP Darul Ulum Agung Kedung Kandang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fuultext)
08110072.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam suatu lembaga pendidikan, kepala sekolah memiliki peran yang sangat menentukan maju mundurnya sebuah lembaga pendidikan karena kepala sekolah mempunyai peran yang sangat besar dalam mengembangkan sebuah lembaga pendidikan sebagaimana tercantum dalam UUSPN 2003 Bab II pasal 3, yang berbunyi sebagai berikut: Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasakn kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan serta bertanggung jawab.
Untuk mewujudkan tujuan nasional tersebut, salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu melalui peningkatan mutu pendidikan karena adanya peningkatan mutu pendidikan akan dapat mengikuti perkembangan dunia ilmu pengetahuan bahkan dapat mewarnai dinamika masyarakat.
Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan khususnya pendidikan agama Islam, kepala sekolah harus mengetahui segala perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam lembaganya. Adanya tenaga pengajar yang professional dan yang tidak professional dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan akan mempengaruhi proses belajar mengajar, karena mereka harus mampu mewujudkan tujuan pendidikan dan juga menghasilkan peserta didik yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis mengadakan penelitian dengan mengambil judul “Peran Kepala Sekolah Dalam Usaha Meingkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Ulum Agung Kedung Kandang Malang”. Dengan rumusan masalah: 1) bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam. 2) bagaimana usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam. 3) faktor apa yang mendukung dan mengahambat dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam. 2) untuk mengetahui usaha-usaha kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam. 3) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam diSMP Darul Ulum Agung Kedung Kandang Malang.
Untuk pengumpulan data digunakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan diskriptif kualitatif yaitu menginterpretasikan melalui penjelasan-penjelasan diskripitif sebagai kesimpulan mengenai upaya peningkatan mutu pendidikan diSMP Darul Ulum Agung Kedung Kandang Malang.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Kepala sekolah berusaha mempertinggi mutu dan pengetahuan bagi guru dengan mengadakan diskusi, pelatihan-pelatihan, seminar dan sebagainya. Kepala sekolah memperhatikan perkembangan kegiatan siswa pada kegiatan proses belajar mengajar dalam hal ini kepala sekolah melihat langsung yang dipakai oleh guru, buku laporan kegiatan siswa, dan buku absensi siswa. Kepala sekolah juga berusaha melengkapi alat-alat prasarana dan perlengkapan sekolah termasuk media intruksional yang diperlukan bagi kelancaran dan keberhasilan proses belajar mengajar. Melengkapi buku perpustakaan karena penting bagi perkembangan mutu Pendidikan. Faktor-faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan agam Islam yaitu peran kepala sekolah yang efektif, guru teladan, siswa yang berprestasi dan sumber daya manusia. Adapun faktor penghambat mutu pendidikan agama Islam yaitu sarana dan prasarana serta dana yang kurang mencukupi. Dari hal itulah maka penulis sarankan agar KepalaSMP Darul Ulum Agung Kedung Kandang Malang terus mengembangkan mutu atau kualitas pendidikan di lembaga yang dipimpinnya, dan kepala sekolah hendaknya memperhatikan factor-faktor yang mendukung maupun yang menjadi penghambat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan agama Islam agar tujuan Pendidikan Nasional bisa terwujudkan.
ENGLISH:
In a organization of education, head schools has character that very determine up and downs a organization of education becouse, head schools has character that very big in evolving a organization of education where, that has graft in UUSPN 2003 chapter II paragraph 3, that say: national’s education function evolving of ability and make character than peoples civilization which ranks in framework to clever life people, that plan for amend studen’s potential to be man of faith, pious to our god that esa, to make character that noble, helthy, bokish, able, creative, stand alone, to be cirizen that democrat and accountable.
To shape the national’s aim, one of the way to attack to achieve the aim of national’s education is pass through aim’s raising of education couse there is raising’s pearl of education it will be can follow development life of interdisciplineary and also can color people’s dynamics.
In effort evolve of peal education more that islamic education, head schools have to know everyting that change and amend that done in the organization. There is techer that professional and non professional in effort increase’s pearl of education it will influence proses of teac, couse they have to capable shape the purpose of education and also can produce students that can bring under science and technology than faith and also pious to our god Allah SWT.
In background. So, the writer give the thorough with choose the title “ character of head school in effort up pearl education in SMP Darul Ulum Agung Kedung Kandang Kabupaten Malang”. With problem’s formula: 1) how head schools increase the pearl islamic education. 2) How effort head schools done in increase the pearl islamic education. 3) What factor that advocate and hamper in increase the pearl islamic education.
There is purpose that want to reach in this thorough 1) to know character head school in increase the pearl Islamic education. 2) to know efforts head school in increase the pearl islamic education. 3) to know the factor endorser and cumberer in increase the pearl islamic education in SMP Darul Ulum Agung Kedung Kandang Kabupaten Malang
To collect the data it use with observation’s metohod, intervie and documentation. But, analysis’s data use qualitative description is the interview with explains the description with conclusion in efforts increase the peal education in SMP Darul Ulum agung Kedung Kandang Kabupaten Malang.
In conclusions, head School try to heighten the pearl and knowledge for teacher with is give desiccation, tryning, colloquium and all that. Head school pay attention the activity of his students in activity study and teaching from this activity head school look at what is teacher use, books repot of activity’s students and take student’s attandance. Head school also
try to complete the necessaries in school is like equipment of school , media intuktion that need to fluency and succsess of study and teaching. Complete library’s book cause, that very important to increase the peal islamic education. The endorser’s factor in increase the peal islamic education are character head school that effective, teacher a figure of speech, students that potentially and human resources. There is also cumberer’s factor of pearl islamic education is medium and donation that minus. From that the writer give advice for SMP Darul Ulum Agung Kedung Kandang Kabupaten Malang to always evolving the pearl or quality of education in organization that they lead, and to all school have to attention the factor that advocated or which be hamper in eforts increase the peal islamic education untile the purpose national’s education can done.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan Agama Islam; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2016 13:00 | ||||||
Last Modified: | 25 Jun 2016 13:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2918 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |