Luthfiyaturrofifah, Annisa (2021) Upaya mahasiswa penghafal Al-Qur'an dalam mencapai prestasi belajar Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FITK UIN Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17130058.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dunia mahasiswa merupakan dunia yang penuh godaan mulai dari pergaulan, teman, pacar, keluarga, pelajaran dan sebagainya, dengan segala hingar bingar kehidupan ini masih terdapat mahasiswa yang berkomitmen untuk menghafal Al-Qur’an yang notabenenya sulit dilakukan secara istiqomah bagi mahasiswa yang cenderung sibuk, di tengah – tengah kesibukan mereka dalam menjalani kegiatan perkuliahan dan kegiatan yang lain seperti menjadi pengurus pondok, organisasi, namun mereka masih mampu untuk berkomitmen dalam menghafal Al-Qur’an. Fenomena yang peneliti ketahui di Jurusan Pendidikan IPS di UIN Malang terdapat mahasiswa yang menghafal Al-Qur’an sambil kuliah yang mana meskipun mereka menghafal Al-Qur’an tetapi kuliahnya tetap lancar bahkan IP nya selalu meningkat setiap semester. IP mereka rata-rata 3.60, oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui seberapa efektif menghafal Al-Qur’an dalam membentuk kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perencanaan belajar mahasiswa penghafal Al-Qur’an, (2) pelakasanaan belajar mahasiswa penghafal Al-Qur’an, (3) dampak pelaksanaan belajar mahasiswa penghafal Al-Qur’an.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan IPS UIN Malang yang sedang menghafalkan Al-Qur’an. Peneliti mengumpulkan data melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, kemudian data di analisis menggunakan reduksi data, display data, verifikasi data, sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan belajar mahasiswa penghafal Al-Qur’an UIN Malang adalah dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari supaya kegiatannya lebih tertata. (2) Menghafal Al-Qur’an dalam pelaksanaan belajar dapat mengasah daya ingat, karena otak sering diasah, lebih mudah konsentrasi, lebih mudah saat memahami pelajaran dan dapat membuat seseorang lebih menghargai waktu. (3) dampak menghafal Al-Qur;an dalam pelaksanaan pembelajaran adalah dapat meningkatkan nilai IPK.
ENGLISH:
The world of students is a world full of temptations ranging from association, friends, girlfriends, family, lessons and so on, with all the frenetic life of this there are still students who are committed to memorizing the Qur'an which incidentally is difficult to do istiqomah for students who tend to be busy , in the midst of their busyness in carrying out lectures and other activities such as being the caretaker of cottages, organizations, but they are still able to commit to memorizing the Qur'an The phenomenon that researchers know in the Social Sciences Education Department at UIN Malang is that there are students who memorize the Qur'an while studying which even though they memorize the Qur'an but the lectures are still smooth, even their IP always increases every semester. Their average IP is 3.60, therefore the researcher wants to know how effective memorizing the Qur'an is in shaping intellectual intelligence and spiritual intelligence.
The purpose of this study was to determine: (1) the study planning of the students who memorized the Qur'an, (2) the implementation of the learning of the students who memorized the Qur'an, (3) the impact of the learning implementation of the students who memorized the Qur'an.
The research method used is qualitative. The informants in this study were Social Science Education students at UIN Malang who were memorizing the Qur'an. Researchers collect data through interview, observation, documentation, then the data is analyzed using data reduction, data display, data verification, while to test the validity of the data using triangulation.
The results of the study show that (1) Memorizing the Qur'an in learning planning can make Social Studies Education students to make daily schedules. (2) Memorizing the Qur'an in the implementation of learning can hone memory, because the brain is often sharpened, it is easier to concentrate, it is easier to understand lessons and can make a person appreciate time more. (3) the impact of memorizing the Qur'an in the implementation of learning is to increase the GPA value.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sari, Ulfi Andrian | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Menghafal Al-Qur'an; Prestasi Belajar; Pendidikan IPS; Memorizing the Qur'an; Learning Achievement; Social Studies Education | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | ANNISA LUTHFIYATURROFIFAH | ||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2021 14:22 | ||||||
Last Modified: | 01 Jul 2021 14:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/28395 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |