Wekke, Ismail Suardi (2013) Pendidikan bahasa Arab dan konstruksi pembelajaran moderen di pesantren minoritas muslim Indonesia. In: Simposium Isu-Isu Sejarah dan Tamadun Islam (SISTI II) 2013, Bangi, Universiti Kebangsaan Malaysia.
|
Text (Full text)
Bahasa Arab dan Konstruksi Pembelajaran - backup.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Pesantren tidak saja membawa semangat keagamaan tetapi sekaligus memaknai Indonesia dengan semangat kebangsaan. Maka, tidaklah mengherankan kalau kemudian pesantren hadir dalam nuansa untuk memberikan pengabdian kepada bangsa dan konteks kenegaraan Indonesia disamping tentunya untuk kepentingan Islam. Tidak dalam peran pendidikan semata, lembaga pendidikan seperti pesantren juga memiliki fungsi dan tugas sosio secara kultural, sehingga gerakan spiritual secara bermakna perlu dilakukan untuk memberikan penguatan pada pemberdayaan dengan tujuan pendidikan secara holistik. Salah satu alat dalam mendukung proses pembelajaran adalah penguasaan bahasa Arab. Makalah ini akan menggambarkan praktik pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab di minoritas muslim dengan pendekatan pada prinsip kemoderenan. Penelitian dilaksanakan di Papua Barat yang meliputi lima kabupaten dan satu kota. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dilakukan di pesantren yang tersebar di Mayamuk, Aimas, Waisai, Teminabuan, Kaimana, Waigom, dan Misol, dilaksanakan secara terstruktur. Di tujuh lokasi itu, pendidikan Islam dalam kerangka proses pembelajaran yang bertumpu pada kemampuan berbahasa dilaksanakan dengan pendekatan komunikatif santri. Keterampilan santri yang dilatihkan berupa kemampuan ekspresi kebahasaan tanpa penekanan khusus pada penguasaan tata bahasa. Lingkungan pesantren yang menyediakan asrama sebagai tempat tinggal menjadi sarana interaksi antar sesama santri dalam melatih keterampilan berbahasa. Kemampuan berbahasa santri semata-mata disesuaikan dengan konteks belajar beserta dengan lingkungan yang menyertainya. Aspek sosial yang ada kemudian dijadikan sebagai dukungan dalam proses pembelajaran. Akhirnya, penelitian ini menyimpulkan bahwa perbedaan tujuan pembelajaran kemudian menentukan aspek pendekatan dan metodologis akan mempengaruhi pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Maimun Aqsha | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Users 179 not found. | ||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2016 16:33 | ||||||
Last Modified: | 09 Jun 2016 16:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2711 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |