Identitas diri mahasiswa penyuka budaya Pop Korea di Malang

Aslamiyah, Misbah (2013) Identitas diri mahasiswa penyuka budaya Pop Korea di Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
09410151_Pendahuluan.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
09410151_Indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
09410151_Inggris.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
09410151_Arab.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
09410151_Bab_1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
09410151_Bab_2.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
09410151_Bab_3.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
09410151_Bab_4.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
09410151_Bab_5.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09410151_Daftar_Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09410151_Lampiran.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kehadiran globalisasi yang diikuti oleh kemajuan teknologi telah menyebabkan banyak perubahan yang cukup signifikan di berbagai penjuru dunia terutama di Negara berkembang seperti di Indonesia. Budaya popular menjadi suatu hal yang telah ada di mana-mana. Budaya pop saat ini tidak hanya menjadi dominasi budaya barat, akan tetapi Asia tepatnya di Korea juga mulai menjadi pengekspor budaya pop. Korea terbukti telah mampu mempengaruhi pasar dunia dengan keragaman budaya pop yang ditawarkannya, dan itu berdampak kepada gaya hidup dan identitas diri yang mengarah ke-Korea-an. Jika diperhatikan, budaya pop Korea telah merambah kota-kota di Indonesia. Ia berhasil mempengaruhi gaya hidup masyarakat sekitarnya yang ia datangi, tidak terkecuali di Malang. Budaya pop Korea mampu mempengaruhi para remaja di Malang yang dalam penelitian ini lebih di kategorikan kepada mahasiswa yang terwujud dalam fashion, gaya rambut, selera makan, tempat rekreasi, alat komunikasi yang digunakan, serta kepemilikan terhadap barang.

Melihat adanya fenomena yang terjadi diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak adanya budaya pop Korea terhadap gaya hidup dan identitas diri serta dinamika psikologis mahasiswa penyuka budaya pop Korea. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan mahasiswa sebagai subjek utama. Informan berjumlah 3 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi untuk pengelolahan data lebih mendalam. Analisis data yang dilakukan, menggunakan teknik analisis data interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa dampak dari adanya budaya pop Korea terhadap mahasiswa di Malang hanya sebatas menikmati dan tidak begitu berpengaruh terhadap gaya hidupnya. Adapun bentuk dari gaya hidup yang diadopsi dari kesemua subjek hanya dari segi selera memilih hiburan, kegiatan mengisi waktu luang dengan menonton tayangan Korea, dan bahasa yang agak sedikit meniru Korea. Adapun untuk perubahan identitas dari ketiga subjek masing-masing mememiliki tingkat perubahan identitas yang berbeda-beda. Subjek 1 (Nana) tidak ada perubahan yang berarti terhadap identitas diri karena faktor lingkungan sekitarnya yang masih kuat dengan budaya sebelumnya. Subjek 2 (Ceri) mengalami dilemma karena berada diantara dua lingkungan yang berbeda yang membuatnya harus menyesuaikan identitasnya dengan dua lingkungan tersebut. Subjek 3 (Nina) mengalami perubahan identitas ketika berkumpul bersama anggota fansclub yang terlihat dari berubahnya gaya hidup yang meniru Korea ketika berkumpul bersama penyuka Korea. Adapun dinamika psikologis dari masing-masing subjek terlihat dari adanya pola perubahan gaya hidup dan identitas diri yang tingkatannya berbeda dari masing-masing subjek

ENGLISH:

The presence of globalization are followed by progress in technology has led many the most significant change all over the world especially in developing countries such as in indonesia. Popular culture has become a thing exists everywhere. Pop culture now is not only being dominance of western culture, but asia precisely in korea also start to become exporter of pop culture. Korea proved to have been able to influence the world market with a variety of pop culture has to offer, and it's impact on the lifestyle and identity-leading to Korea's. If you notice, Korean pop culture has penetrated the cities in Indonesia. He managed to influence the lifestyle surrounding communities that he visited, not least in Malang. Korean pop culture is able to influence adolescents in Malang are further categorized in this study to students who materialized in the fashion, hairstyles, appetite, recreation, communication tools being used, as well as ownership of the items.

Looking at the phenomenon that occurs above, this study aims to determine the impact of the Korean pop culture to lifestyle and identity as well as the psychological dynamics of Korean pop culture enthusiasts of students. This research uses qualitative research methods with the phenomenology of approach with the students as the main subject. Informants amounted to 11 people who were chosen by purposive sampling technique. Research Data obtained through interviews, observation and data processing of documentation for more in-depth. The data analysis was carried out, using interactive data analysis techniques.

Based on the results of the study, pointed out that the impact of pop culture in Korea against the hapless student limited to enjoy and not so affect his lifestyle. As for the shape of its lifestyles adopted from all subject matter only in terms of taste choose entertainment, leisure activities by watching Korea impressions, and the language is a bit mimics Korea. As for the change of identity of these three subjects each mememiliki different levels of identity changes. Subject 1 (Nana) no meaningful change to the identity due to the surrounding environment which is still strong with formerly culture. Subject 2 (ceri) suffered because it is located between two's dilemma different environments which make it must adjust its identity with these two environments. Subject 3 (Nina) experienced a change of identity when gathered together members of fansclub seen from the change in lifestyle that mimic Korea Korea thrill when getting together. As for the psychological dynamics of each of the subjects seen from the change in lifestyle and patterns of identity different grades of each subject.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Habib, Zainal
Keywords: Identitas Diri; Gaya Hidup; Budaya Pop Korea; Self Identity; Life Style; Korea Pop Culture
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Departement: Fakultas Psikologi
Location: 170113
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 07 Jun 2016 09:53
Last Modified: 07 Jun 2016 09:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item View Item