Mufida, Nur Lailatul (2020) Manajemen kurikulum dalam meningkatkan budaya literasi di MTs Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16170060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Manajemen kurikulum merupakan substansi manajemen yang utama di Madrasah. Selain itu, sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan yang efektif dan efisien manajemen kurikulum memiliki peran yang sangat penting karena pada dasarnya Madrasah merupakan suatu sistem yang di dalamnya melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola secara baik dan tertib. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Manajemen Kurikulum dalam meningkatkan budaya literasi siswa di MTs Negeri 3 Malang dengan sub fokus mencakup: (1) Perencanaan kurikulum dalam meningkatkan budaya literasi, (2) Implementasi kurikulum dalam menigkatkan budaya literasi, (3) hasil manajemen kurikulum dalam meningkatkan budaya literasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen kurikulum Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Malang direncanakan dan disusun berdasarkan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) serta tujuan program literasi yaitu meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan Madrasah yang literat, menjadikan Madrasah sebagai taman belajar yang menyenangkan, dan menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca. Perencanaan ini dilakukan pada tahun awal ajaran baru setiap awal semester. 2) implementasi kurikulum dalam meningkatkan budaya literasi di MTs Negeri 3 Malang yaitu, a) melakukan pembiasaan membaca buku setiap hari senin selama 15 menit, b) menggiatkan pojok literasi di setiap kelas, c) Menjadikan Duta Baca dan Duta Literasi Madrasah, d) mengembangkan fasilitas perpustakaan, e) membuat program-program literasi untuk siswa seperti, jurnal membaca, radio inspirasi, kuliah inspirasi, dan ibadah amaliah. 3) Hasil manajemen kurikulum dalam meningkatkan budaya literasi ada 3 yaitu, a) keterampilan menulis semakin berkembang, b) memiliki produk-produk literasi, c) perekonomian Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Malang meningkat.
ENGLISH:
Curriculum management is the main management substance in Madrasah. In addition, as an effort to achieve the objectives of effective and efficient education curriculum management has a very important role because madrasah is basically a system in which involves various components and a number of activities that need to be managed in a good and orderly manner. This study aims to reveal curriculum management in improving student literacy culture in MTs Negeri 3 Malang with sub focus including: (1) Curriculum planning in improving literacy culture, (2) Implementation of curriculum in improving literacy culture, (3) curriculum management results in improving literacy culture.
This research uses qualitative approach with descriptive-qualitative research type and using descriptive method. Data collection techniques using interviews, observations, and documentation.
The results showed that 1) The curriculum management of Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Malang is planned and compiled based on KTSP (Education Unit Level Curriculum) and the purpose of literacy programs is to increase the capacity of madrasah literate citizens and environment, make Madrasah as a fun learning park, and maintain the sustainability of learning by presenting a variety of reading books and accommodate various reading strategies. This planning is carried out in the early years of the new school every beginning of the semester. 2) implementation of curriculum in improving literacy culture in MTs Negeri 3 Malang namely, a) habituation to read books every Monday for 15 minutes, b) encourage literacy corner in each class, c) Make Reading Ambassador and Madrasah Literacy Ambassador, d) develop library facilities, e) create literacy programs for students such as, reading journals, inspiration radio, inspiration lectures, and amaliah worship. 3) The results of curriculum management in improving literacy culture there are 3 namely, a) writing skills are growing, b) having literacy products, c) the economy of Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Malang is increasing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | manajemen kurikulum; madrasah; budaya literasi; Curriculum Management; Literacy Culture | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Nur Lailatul Mufida | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2021 15:10 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2021 15:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/24937 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |