Zulailiana, Susetna Lily (2020) Pengembangan media kereta kayu huruf hijaiyah untuk meningkatkan keterampilan kitabah Bahasa Arab siswa Kelas I MI Makarimal Akhlaq Bantur Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
This is the latest version of this item.
Text (Fulltext)
16140068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kitabah merupakan salah satu keterampilan dalam pembelajaran bahasa Arab. Keterampilan kitabah meliputi pengenalan menulis huruf sampai menulis kalimat yang panjang. Akan tetapi keterampilan kitabah sering kali diabaikan dalam pembelajaran bahasa Arab, sehingga banyak siswa mengalami kesulitan dalam menulis bahasa Arab. Maka dari itu untuk mempermudah siswa dalam menulis bahasa Arab, maka dibuat media pembelajaran berupa media kereta kayu huruf hijaiyah untuk meningkatkan keterampilan kitabah bahasa Arab siswa kelas I MI yang lebih ditekankan pada pengenalan menulis huruf hijaiyah dan menulis kosakata.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan produk media kereta kayu huruf hijaiyah, 2) Menganalisis tingkat validitas dan kemenarikan media kereta kayu huruf hijaiyah, 3) Menganalisis keterampilan kitabah bahasa Arab siswa sesudah menggunakan media kereta kayu huruf hijaiyah.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall melalui tujuh langkah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes keterampilan kitabah. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan analisis uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Prosedur yang digunakan yaitu (a) pengumpulan data, (b) perencanaan, (c) pengembangan produk awal, (d) uji coba produk awal, (e) revisi produk awal, (f) uji coba lapangan, dan (g) revisi produk akhir. 2) Hasil validasi secara keseluruhan menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media kereta kayu huruf hijaiyah memperoleh hasil 95,5% yang termasuk dalam kategori valid. Tingkat kemenarikan media kereta kayu huruf hijaiyah memperoleh hasil 89,75% yang termasuk dalam kategori menarik. 3) Hasil uji t memperoleh thitung 4,56 > ttabel 1,717. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan kitabah bahasa Arab siswa sebelum dan sesudah menggunakan media kereta kayu huruf hijaiyah. Maka dapat disimpulkan bahwa media kereta kayu huruf hijaiyah dapat meningkatkan keterampilan kitabah bahasa Arab siswa.
ENGLISH:
Arabic writing (kitabah) is one of the skills in learning Arabic. Arabic writing (kitabah) include the introduction of writing letters and how to write long sentences. But the skill in Arabic writing (kitabah) often overlooked in learning the Arabic language, so that many students have difficulty in writing Arabic. Therefore, to make it easier for students to write Arabic, a learning medium was made in the form of wooden train media with hijaiyah letters to improve students’ skill in Arabic writing (kitabah).
The objectives of this study were to: 1) Describe the product development process of the hijaiyah wooden train media, 2) Know the level of validity and attractiveness of the hijaiyah wooden train media, 3) Know students’ skill in Arabic writing (kitabah) after using the hijaiyah wooden train media.
The type of research used is research and development with the Borg and Gall development model through seven steps. Data collection techniques in this study using observation, interviews, questionnaires and skill in Arabic writing (kitabah) tests.The data obtained were analyzed descriptively and through the t test analysis.
The results of this study indicate that: 1) The procedures used are (a) research and information collecting, (b) planning, (c) develop preliminary form a product, (d) preliminary field testing, (e) main product revision, (f) main field testing, and (g) revision of the final product. 2) The overall validation results show that the validity level of the hijaiyah wooden train media is 95.5% which showed a valid category result for this research. The level of attractiveness of the hijaiyah wooden train media was 89.75% which was included in the attractive category. 3) The t test results obtained tcount 4.56 > ttable 1.717. This shows that there are difference in students’ skill in Arabic writing (kitabah) before and after using the hijaiyah wooden train media. So it can be concluded that the hijaiyah wooden train media can improve students’ skill in Arabic writing (kitabah).
ARABIC:
كتابة هي إحدىمهارة من المهارتفي تعليم اللغة العربية. مهارة الكتابة تكون من مدخل كتابة الحرف لكتابة الجملة. بل،كثير من المعلم تغاضى عنها في تعليم اللغة العربية، حتى يتعثّر التلاميذ في دروسها. فيسّر الباحثة ليكوّن الوسيلة التعليمية يعني قطار الخشب الهجائية بالهدف أن يتحسّن مهارة الكتابة اللغة العربية عند التلميذ.
أهداف هذا البحث هو: 1) أن يصف عملية نتاج قطار الخشب الهجائية، 2) أن يعرف صلاح ووجاهة قطار الخشب الهجائية، 3) أن يعرف تأثير وسيلة التعليم فيمهارة كتابة اللغة العربية لتلاميذ بعد أن يستعمل قطار الخشب الهجائية.
تُستخدم نوع البحث هو البحث وتطوُّر (research and development) لبورج وجال، وتتألف هذا البحث من سابعة خطوات. وجمع البيانات في هذا البحث بطريقة الملاحظة، المقابلة، مراسل، وتجربة مهارة الكتابة. أما البيانات حصل على الوصفي وتحليل التجربةt .
أما نتائج البحث يدل على: 1) تستخدم عمليّة هي (أ) جمع البيانات، (ب) استراتيجي، (ج) تطوّر النتاج الأوّل، (د) تجربة النتاج الأوّل، (ه) مراجعة النتاج الأوّل، (و) تجربة في الفصل، (ي) مراجعة أخير. 2) تصديق البيانات كلها تدل على درجة الصحة قطار الخشب الهجائية على نتيجة 95،5% التي صحيح. درجة وجاهة قطار الخشب الهجائية على نتيجة 89،75% التى ممتع. 3) نتيجة تجربة tحصل على 4،56<t 1،717. فوجد اختلاففي التعليم اللغة العربية مهارة الكتابة للتلاميذ قبل أن يستعملها وبعدها.واستنتاج هذا البحث أن الوسيلة التعليمية قطار الخشب الهجائية تحسن مهارة الكتابة اللغة العربية للتلاميذ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nuzulia, Nuril | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | media kereta kayu huruf hijaiyah; keterampilan kitabah bahasa Arab; Hijaiyah Wooden Train Media; Skill In Arabic Writing (Kitabah); ْوسيلة التعليمية قطار الخشب الهجائية، مهارة الكتابة | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Susetna Lily Zulailiana | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2021 09:09 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2021 09:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/23945 |
Downloads
Downloads per month over past year
Available Versions of this Item
- Pengembangan media kereta kayu huruf hijaiyah untuk meningkatkan keterampilan kitabah Bahasa Arab siswa Kelas I MI Makarimal Akhlaq Bantur Malang. (deposited 11 Jan 2021 09:09) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |