Setiawan, Adi (2013) Analisis manajemen kredit dalam meningkatkan profitabilitas: Studi pada PT. BPR XXX Singosari Malang periode 2009-2012. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
09510069_Pendahuluan.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
09510069_Indonesia.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
09510069_Inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
09510069_Bab_1.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
09510069_Bab_2.pdf Download (762kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
09510069_Bab_3.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
09510069_Bab_4.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
09510069_Bab_5.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (References)
09510069_Daftar_Pustaka.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
09510069_Lampiran.rar Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan manajemen kredit yang dijalankan PT. BPR XXX Singosari Malang, mendeskripsikan upaya-upaya yang diterapkan PT. BPR XXX Singosari Malang dalam meningkatkan profitabilitas melalui manajemen kredit dan mendeskripsikan manajemen kredit yang efektif dilihat dari performance analisis perkreditan dan rasio profitabilitas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa menggunakan tiga tahapan yaitu menganalisa manajemen kredit yang diterapkan pada PT. BPR XXX Singosari Malang, menganalisa upaya-upaya yang dilakukan oleh manajemen dalam meningkatkan profitabilitas dan menganalisa laporan keuangan.
Hasil analisis diperoleh data bahwa manajemen kredit yang diterapkan BPR dalam mengelola kreditnya adalah perencanaan kredit, Prosedur Pemberian Kredit, Analisa Pemberian Kredit, dan Pengawasan Kredit. Upaya-upaya yang dilakukan BPR dalam meningkatkan profitabilitas adalah dengan memacu kredit yang disalurkan kepada nasabah, memberikan tanggung jawab kepada setiap AO, mengadakan analisis 6C terhadap calon nasabah. Analisis performan perkreditan menunjukkan bahwa BPR dalam memenuhi kredit pada nasabahnya sangatlah baik di atas standar > 20%. Rasio profitabilitas dalam menghasilkan laba mengalami kenaikan dari tahun 2009-2011 (5,4%, 6,1%, 6,2%) akan tetapi mengalami penurunan tahun 2012 (5,7%). Sedangkan rasio Profitabilitas dari modal sendiri dalam menghasilkan laba terus mengalami peningkatan dari tahun 2009-2012 yakni (45%, 52%, 53%, 55%).
ENGLISH:
The purpose of this study is to describe the application of credit management that run PT. BPR XXX Singosari Malang, describing the efforts applied by PT. BPR XXX Singosari Malang in improving profitability through credit management and credit management describes affective from credit analysis and performance ratios profitability.
The method used in this research is descriptive qualitative analysis. The data collected are primary and secondary data, with interview techniques and documentation. In analyzing the use of three stages: analyzing credit management applied to the PT. BPR XXX Singosari Malang, analyze the efforts made by management to improve profitability and analyze financial statements.
Results obtained by analysis of the data that credit management is implemented BPR in managing credit is credit Planning, Procedures Lending, Credit Analysis and Credit Monitoring. The efforts made in improving profitability BPR is to spur lending to customers, give responsibility to each AO, held 6C analysis of prospective customers. Analysis shows that BPR performance of credit to meet the customers credit is well above the standard of > 20%. Profitability ratios in generating increased profits from the year 2009-2011 (5.4%, 6.1%, 6.2%) but decreased in 2012 (5.7%). While the profitability ratio of equity to generate earnings continued to increase over the years 2009-2012 (45%, 52%, 53%, 55%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Munir, Misbahul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen; Kredit; Profitabilitas; Management; Credit; Profitability | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Location: | 150203 | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2015 08:34 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2015 08:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2368 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |