Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggungjawab sosial pada perusahaan high profile yang terdaftar di BEI

Alkhoiriyah, Tazkiyatun Nama' (2015) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggungjawab sosial pada perusahaan high profile yang terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
10520023_Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
10520023_Indonesia.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
10520023_Inggris.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
10520023_Arab.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
10520023_Bab_1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
10520023_Bab_2.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
10520023_Bab_3.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
10520023_Bab_4.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
10520023_Bab_5.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
10520023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
10520023_Lampiran.rar

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Summary)
10520023_Ringkasan.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Adanya kontradiksi antara teori mengenai tanggungjawab sosial dengan berbagai penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan adalah alasan dilakukannya penelitian ini, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memferifikasi ulang tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perusahaan- perusahaan high profile untuk mengungkapkan tanggungjawab sosial (CSR) pada laporan tahunan. Adapun faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini antara lain pengungkapan media, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, profitabilitas serta leverage. Pengukuran tanggungjawab sosial perusahaan didasarkan pada kategori GRI dan ISO 26000 tahun 2010.

Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012 dan 2013. Total sampel penelitian berdaskarkan kategori yang telah ditentukan adalah 55 perusahaan sementara periode pada penelitian ini adalah periode 2012-2013 sehingga diperoleh total sampel yang diteliti adalah 110 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor ukuran perusahaan, profitabilitas serta leverage berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR di Indonesia. Sementara itu, pengungkapan media dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR di Indonesia.

ENGLISH:

The contradiction between theory and research on the various factors that affect the disclosure of social responsibility of the company is the reason for this study in addition, this study also aims to re-verify the factors that influence high-profile companies to disclose social responsibility (CSR) in the annual report. The factors used in this research include disclosure media, the size of the company, the size of the board of commissioners, profitability and leverage. The measurement of corporate social responsibility is based on the category of the GRI and ISO 26000 in 2010.

The population in this research was a high-profile company listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2012 and 2013, based on the total sample of pre-defined categories are 55 companies while the period of this study is 2012-2013 in order to obtain the total samples studied is 110 companies. Data analysis was performed with the classical assumption and hypothesis testing with multiple linear regression method.

The results of this study demonstrate that the factor of company size, profitability and leverage have a significant effect on the disclosure of CSR in Indonesia. Meanwhile, disclosure media and the size of the board of commissioners was not influence significantly to disclosure of CSR in Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hapsari, Niken Nindya
Keywords: Pengungkapan Tanggungjawab Sosial; Pengungkapan Media; Ukuran Perusahaan; Ukuran Dewan Komisaris; Profitabilitas; Leverage; High Profile; Social Responsibility Disclosure; Disclosure Media, The Size of the Company; The Size of the Board of Commissioners; Profitability; Leverage; High Profile
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150114 Corporate Social Responsibility
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Akuntansi
Location: 150114
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 09 Oct 2015 03:26
Last Modified: 09 Oct 2015 03:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item