Manafe, Prilia Herdiyani (2015) Penilaian kinerja di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan perspektif finansial dan non finansial. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
10520097_Pendahuluan.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
10520097_Indonesia.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
10520097_Inggris.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
10520097_Arab.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
10520097_Bab_1.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
10520097_Bab_2.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
10520097_Bab_3.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
10520097_Bab_4.pdf Download (872kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
10520097_Bab_5.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text (References)
10520097_Daftar_Pustaka.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
10520097_Lampiran.pdf Download (808kB) | Preview |
|
|
Text (Summary)
10520097_Ringkasan.pdf Download (378kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
PDAM merupakan perusahaan yang bertugas untuk memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Untuk memberikan pelayanan yang baik diperlukan suatu penilaian kinerja untuk meningkatkan kualitas kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PDAM dengan menggunakan perspektif finansial dan non finansial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara mengukur atas masing-masing perspektif yaitu perspektif finansial dan non finansial yang terdiri dari pelanggan, bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PDAM Kabupaten Pasuruan secara keseluruhan sudah baik, hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai yang tinggi dari masing-masing perspektif. Dari perspektif keuangan untuk mengukur rasio rentabilitas, rasio yang menunjukkan peningkatan tertinggi adalah ROI sebesar 3,72% dari pada rasio lainnya yaitu ROE, rasio beban operasional dan NPM. Rasio likuiditas yang terdiri dari cash rasio, quick rasio dan current rasio mengalami peningkatan pada tahun 2012 sebesar 5,54%, 9,53% dan 10,01%. Selanjutnya Rasio solvabilitas terdiri dari debt to assets rasio dan debt to equity rasio mengalami peningkatan tahun 2013 sebesar 5,24% dan 164,47%. Untuk perspektif pelanggan yang diukur menggunakan kuesioner menunjukkan nilai indeks kepuasan pelanggan yang tertinggi dengan kriteria puas yaitu 62,5%. Selain itu dilihat dari akuisisi dan retensi pelanggan menunjukkan bahwa perusahaan mampu mempertahankan pelanggannya, tetapi disisi lain terjadi peningkatan jumlah komplain pelanggan. Pada perspektif bisnis internal perusahaan telah melakukan pelayanan yang baik terhadap pelanggan. Dan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan secara keseluruhan baik, namun terjadi peningkatan jumlah karyawan yang mengundurkan diri pada tahun 2012 dan menurunnya produktifitas karyawan pada tahun 2013.
ENGLISH:
PDAM is a company which is responsible to provide clean water for the society. In order to give a good service, a performance appraisal is needed to improve the company performance. This research aims to know the performance of PDAM through financial and non-financial perspective.
This research employs descriptive qualitative approach. The data are collected by observation, interview, questionnaires and documentation. The data analysis is conducted by measuring each perspective, the financial and non-financial perspective, which consists of customers, internal business, learning, and growth.
The result of the research shows that, overall, the performance of PDAM in Pasuruan Regency is good. It is indicated by the high value acquisition from each perspective. Based on the financial perspective to measure the profitability ratio, the ratio indicating the highest increase is ROI, 3,72%, compared to other ratios namely ROE, operating expenses ratio, and NPM. Liquidity ratio thatconsists of cash, quick, and current ratio are increased in 2012 with percentage numbers of 5,54%, 9,53% and 10,01%. Meanwhile, solvency ratio which consists of debt to assets ratio and debt to equity ratio is increased to 5,24% and 164,47% in 2013. The customers perspective which is measured using questionnaires shows the index value of the highest customers satisfaction criteria that is 62,5%. In addition, as seen from customers’ acquisition and retention, the company is able to retain its customers, but there is an increase in customer complaints number. Based on the company internal business perspective, the company has given good services for the customers. The learning and growth perspective show a good performance, overall. However, the number of employees who resign in 2012 and the declining productivity of employees
by 2013 are increased.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Meldona, Meldona | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perspektif Finansial; Perspektif Non Finansial; Financial Perspective; Non-Financial Perspective | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Akuntansi | ||||||
Location: | 150105 | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2015 10:26 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2015 10:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2317 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |