Rodiyah, Rodiyah (2012) Efektivitas terapi wicara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan gangguan cerebral palsy di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
08410114_Pendahuluan.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
08410114_Indonesia.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
08410114_Inggris.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
08410114_Bab_1.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
08410114_Bab_2.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
08410114_Bab_3.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
08410114_Bab_4.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
08410114_Bab_5.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (References)
08410114_Daftar_Pustaka.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
08410114_Lampiran.pdf Download (19MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Terapi wicara (speech therapy) merupakan suatu proses pengobatan pada penderita gangguan perilaku komunikasi sehingga penderita gangguan perilaku komunikasi mampu berinteraksi dengan lingkungan secara wajar tidak mengalami gangguan psikososial serta mampu meningkatkan hidup optimal. Cerebral palsy merupakan brain injury yaitu suatu kondisi yang mempengaruhi pengendalian sistem motorik sebagai akibat lesi dalam otak, atau suatu penyakit neuromuskuler yang disebabkan oleh gangguan perkembangan atau kerusakan sebagian dari otak yang berhubungan dengan pengendalian fungsi motorik. Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan dalam menggunakan simbol-simbol verbal atau nonverbal dari konsep atau pengertian yang digunakan oleh lingkungannya.
Saat ini terapi wicara menjadi sebuah pilihan untuk menstimulasi perkembangan berbahasa pada anak cerebral palsy dan bisa dikatakan aktivitas wicara mempunyai andil dalam kesuksesan ini, kontribusinya sangat bernilai dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, dalam meluapkan perasaan, fikiran serta ide-idenya. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti efektivitas terapi wicara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak yang memiliki gangguan cerebral palsy. Maka, berpijak pada orientasi tersebut maka tujuan dari terapi wicara ini untuk mengetahui efektivitas terapi wicara pada anak yang memiliki gangguan cerebral palsy dalam meningkatkan kemampuan berbahasanya, terutama produksi bahasa dengan cara bagaimana anak dapat mengeluarkan ide yang ada dalam bentuk kata-kata, serta perluasan penguasaan berbahasa.
Peneltian ini menggunakan metode eksperimen kasus tunggal (single case experimental design) dengan desain A-B-A dimana fase A fase pengukuran dan B fase perlakuan. Subyek penelitian adalah anak yang memilki gangguan cerebral palsy dengan kemampuan verbal. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) jln. Tumenggung Soeryo 39 Malang. Tekhnik pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, pengukuran kemampuan berbahasa dan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis grafik yang menyajikan hasil deskriptif.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa keempat subyek penelitian mengalami perkembangan setelah diberi terapi wicara. Subyek yang semula kurang ekspresif, kurang bisa mengulang kata-kata yang diucapkan orang lain, kurang bisa mengenal nama-nama benda disekitarnya setelah diberi terapi wicara mengalami peningkatan, subyek lebih ekspersif, merespon ucapan orang lain, perbendaharaan kata lebih banyak, dapat mengenal nama-nama benda yang ada disekitarnya. Hai ini membuktikan bahwa terapi wicara efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak yang memlki gangguan cerebral palsy.
ENGLISH:
Speech therapy is the therapy process for the people suffering behavior communication disorder so they can interact with the environment properly, they do not have psycho-social disorder and can increase optimal life. Cerebral palsy is the brain injury. It is the condition that affects motoric system control due to the lesion inside the brain or neuromuscular disease due to growth disorder or partial brain damage connecting to motoric function control. Language ability is the ability to use verbal symbols or non-verbal symbols from the concept or definition used by the environment.
Nowadays, speech therapy is the choice to stimulate language development of the children suffering cerebral palsy and speech activity contributes in this success, its contribution is so precious in terms of communicating with their environment, expressing their feeling, thoughts, and ideas. Therefore, the researcher intends to research the effectiveness of speech therapy to improve language ability of the children suffering cerebral palsy. So, based on the orientation, the purpose of this research is to know the effectiveness of speech therapy for the children suffering cerebral palsy to improve their language ability, especially the language production that concerns how they can express their ideas orally and understand language.
This research uses the single case experimental design by design A-B-A where phase A is measurement phase and phase B is treatment phase. The subject of this research is the children suffering cerebral palsy in verbal ability. This research is conducted in Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) strait Tumenggung Soeryo 39 Malang. The data collection technique is done by observation, language ability measurement and questioner. The data analysis uses graphic analysis providing descriptive result.
According to the research, the conclusion is that the language ability of four research subjects have improved after they are given speech therapy. After they are given speech therapy, they who firstly express few feeling, repeat few words spoken by people, acknowledge names of things around them can finally show improvement. They are more expressive, they can respond people’s words, have more vocabularies, can know names of things around them. It proves that speech therapy is effective in improving language ability of children suffering cerebral palsy.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ardani, Tristiadi Ardi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Terapi Wicara; Kemampuan Berbahasa; Cerebral Palsy; Speech therapy; language ability | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Location: | 170106 | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 09:09 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 09:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2241 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |