Mukhlida, Hilma Miladiya Fauza (2020) Celebrity worship dan orientasi masa depan: studi kasus pada fans BTS di masa quarter life crisis. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text
15410179.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Musik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia, termasuk musik k-pop. Berkembang pesatnya gelombang budaya Korea hingga ke Indonesia membawa pengaruh yang cukup besar pada industri film, fashion, dan musik. Konsep hiburan yang segar, membuat k-pop mudah diterima oleh masyarakat luas. Tentu banyak dampak yang di sebabkan dari menyeruaknya budaya k-pop yang masuk ke Indonesia salah satunya yaitu Celebrity Worship. Celebrity Worship merupakan kegiatan pengidolaan yang dilakukan seorang individu pada satu artis ataupun lebih. Dalam hal ini, yang menjadi fokus penelitian adalah fans dari boygroup berasal dari Korea selatan yaitu bangtan seonyeondan atau biasa dikenal dengan BTS.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelasakan bagaimana dinamika Celebrity Worship dan pengaruhnya pada orientasi masa depan secara lebih mendetail yang terjadi pada fans BTS yang sedang dalam masa quarter life crisis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan pada dua subjek penelitian.kriteria subjek dalam penelitian ini adalah seorang ARMY (sebutan fans BTS) yang berada di rentang usia 21-25 tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan pengumpulan dokumen yang didapatkan dari postingan subjek di social media, status whatsapp, dan kegiatan pengidolaan lainnya.
Hasil dari penelitian menunjukkan perbedaan taraf Celebrity Worship antara subjek 1 dan 2. Perbedaan taraf ini dipengaruhi oleh intensitas kegiatan pengidolaan serta perbedaan gender. Subjek 1 yang berjenis kelamin perempuan terlihat melakukan pengidolaan dengan intensitas yang tinggi dan termasuk pada taraf yang cukup tinggi yaitu intense personal dalam tahapan Celebrity Worship. Sedangkan subjek 2 yang berjenis kelamin laki-laki melakukan pengidoalan dengan intensitas rendah yang kemudian termasuk pada taraf pengidolaan yang rendah yaitu entertainment social dalam tahapan Celebrity Worship. Taraf pengidolan kemudian berpengaruh pada bagaimana dimensi motivasi dalam orientasi masa depan di bentuk oleh masing-masing subjek. Subjek dengan taraf pengidolaan intense personal cenderung memiliki motivasi kuat untuk membagun masa depan yang nantinya hasil yang didapatkan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengidolaan. Sedangkan subjek 2 yang berada dalam taraf entertainment social cenderung hanya menjadikan BTS sebagai hiburan karena sumber kebahagiaan yang dimiliki nya cenderung kepada pemenuhan kebutuhan afeksi dari relasi romatis.
ABSTRACT
Music has become an inseparable part of human life, including k-pop music. The rapidly growing wave of Korean culture to Indonesia has had a considerable influence on the film, fashion, and music industries. The concept of fresh entertainment makes k-pop readily accepted by the community. Of course, many effects are caused by the large number of k-pop culture that entered Indonesia, one of them is Celebrity Worship. Celebrity Worship is idolatry activities carried out by an individual on one or more artists. In this case, the focus of the study was fans of boy groups from South Korea, namely bangtan seonyeondan or commonly known as BTS.
This study aims to explain how the dynamics of Celebrity Worship and its influence on future orientation in more detail that occurs in BTS fans who are in the quarter life crisis period. This research uses the descriptive qualitative method, which is conducted on two research subjects. The criteria of the subject in this study are an ARMY (BTS fans) who are in the age range of 21-25 years. Data collection techniques in this study used semi-structured interviews and document collection obtained from the subject's posting on social media, WhatsApp status, and other idol activities.
The results of the study showed differences in the level of Celebrity Worship between subjects 1 and 2. This level difference is influenced by the intensity of idolatry activities and gender differences. The female subject idolizes with high intensity and included at a fairly high level that is intense personal in the Celebrity Worship stage.
While the male subjects idolize with low intensity and then include at a low level of idolization that is entertainment social in the Celebrity Worship stage. The idolatry level influences how each subject forms the motivational dimension in the future orientation. Subjects with intense personal idolatry level tend to have a strong motivation to build a career, and the results obtained are used to meet the needs of the idol in the end. Whereas subjects who are in the stage of entertainment social tend only to make BTS as entertainment because the source of their happiness tends to fulfill the affection needs of romantic relations
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fuady, Muh. Anwar | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Celebrity Worship; dinamika Celebrity Worship; Orientasi Masa depan | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Hilma Miladiya Fauza Mukhlida | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2021 11:34 | ||||||
Last Modified: | 05 May 2023 10:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/21815 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |