Pengaruh permainan tradisional gobag sodor terhadap tingkat empati anak

Aniq, Raudlatul (2012) Pengaruh permainan tradisional gobag sodor terhadap tingkat empati anak. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
08410125_Pendahuluan.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
08410125_Indonesia.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
08410125_Inggris.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
08410125_Arab.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
08410125_Bab_1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
08410125_Bab_2.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
08410125_Bab_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
08410125_Bab_4.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
08410125_Bab_5.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
08410125_Daftar_Pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Other (Appendices)
08410125_Lampiran.rar

Download (623kB)

Abstract

INDONESIA:

Secara alamiah setiap orang pasti memiliki rasa egois serta keinginan mementingkan diri sendiri. Hal itu manusiawi dan wajar sepanjang rasa egois tidak berlebihan tertanam dalam diri seseorang atau bahkan merugikan orang lain. Namun, sebenarnya rasa mementingkan diri sendiri yang dimiliki setiap orang tersebut, dapat diolah sedemikian rupa agar bisa dikendalikan sehingga seseorang memiliki rasa kepedulian atau empati pada orang lain. Untuk bisa memunculkan rasa peduli atau empati pada orang lain harus dilakukan sejak dini atau sejak masa kanak-kanak. Dan keberadaan rasa peduli ini tak bisa muncul sendiri tapi harus terus dipupuk. Permainan yang bersifat instan saat ini seperti games online, play station menyebabkan perilaku individualitas kepada pemainnya. Permainan tradisional, dalam hal ini gobag sodor dikenal memiliki banyak manfaat positif bagi pemainnya, baik itu dari aspek fisik maupun psikis, dan salah satunya adalah empati.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) untuk mengetahui tingkat empati anak sebelum diberi perlakuan (2) untuk mengetahui tingkat empati anak setelah diberi perlakuan (3) untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional gobag sodor terhadap peningkatan empati anak.

Rancangan penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen ulang (one group pre and posttest design). Variabel bebasnya (X) adalah permainan tradisional gobag sodor dan variabel terikatnya (Y) adalah empati. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Mun’im Paiton Probolinggo dengan jumlah sampel 8 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Untuk mengukur tingkat empati siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan, digunakan skala empati dengan model Guttman. Analisis datanya yaitu dengan mencari mean dan standar deviasi hipotetik. Selain itu, menggunakan uji wilcoxon.

Hasil pre-test subjek yang termasuk kategori sedang 7 orang (87,5%), dan tinggi 1 orang (12,5%). Pada hasil post-test yang termasuk kategori sedang 1 orang (12,5%) dan tinggi 7 orang (87,5%). Dari hasil uji wilcoxon, didapatkan nilai koefisien z sebesar -2,558 dengan nilai signifikansi sebesar 0,011 (0,011 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional gobag sodor memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam meningkatkan empati anak. Dengan kata lain, hipotesis adanya pengaruh permainan tradisional gobag sodor terhadap peningkatan empati anak diterima.

ENGLISH:

Scientifically, everyone has certainly an egoism and pretension of selfishness. They are the feeling of humanity and have become natural as long as egoism and selfishness themselves are not excessively instilled in one’s own personality nor indeed harm people. On the other hand, pretension of selfishness every person possesses is substantively turned able in such a manner in order to handle so that someone has feeling of care and empathy to another. To be able to emerge feeling of care and empathy to other people is must be begun since early age or childhood and these feelings do not themselves appear but should be kept fertilized. In nowadays’ instant game like online gaming, PlayStation and another kind have effected individuality behavior to the player. On the contrary, traditional play, in this Indonesia word called Gobag Sodor is well-known to have many positive advantages towards the players either it is physical aspect or psychological aspect and moreover empathy.

This research is done to have purposes as: (1) knowing children empathy level before they are given way of treating something or someone (2) to know children empathy level after they are given way of treating something or someone (3) to detect the influence of Gobag Sodor traditional play toward children empathy upgrading.

This research program is experiment method with re-experiment design (one group pre and posttest design). It’s free variable (X) is Gobag Sodor traditional play and meanwhile bound variable (Y) is empathy. In this research, the population is 4th grade student of M.I. Nurul Mun’im Paiton Probolinggo with sum sample 8 students. The sample is taken with technique of purposive sampling. To measure empathy level of the students before and after given way of treating something or someone, the empathy scale of Guttman model is used. It’s data analysis is by finding mean and hypothesis deviation standard. Else, use the Wilcoxon test.

The result of the pre-test subject included medium category is 7 people (87.5%), and high is 1 person (12.5%). On the post-test included medium category is 1 person (12.5%), and high are 7 people (87.5%). From the result of the Wilcoxon test found a coefficient value Z as -2,558 with significance value as 0,011 (0,011 < 0,05). Thereby, it is inferential that the Gobag Sodor traditional play has enough significant influence in raising children empathy. On the other word, the hypothesis existence influence of the Gobag Sodor traditional play towards the upgrading empathy of children is accepted.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Aziz, Rahmat
Keywords: Permainan Gobag Sodor; Empati
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Departement: Fakultas Psikologi
Location: 170102
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 28 Sep 2015 03:16
Last Modified: 28 Sep 2015 03:16
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2176

Actions (login required)

View Item View Item