Hubungan kemampuan dwibahasa, self efficacy dalam penggunaan dwibahasa dengan penyesuaian diri mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Halim, Abd (2012) Hubungan kemampuan dwibahasa, self efficacy dalam penggunaan dwibahasa dengan penyesuaian diri mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
07410098_Pendahuluan.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
07410098_Indonesia.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
07410098_Inggris.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
07410098_Arab.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
07410098_Bab_1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
07410098_Bab_2.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
07410098_Bab_3.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
07410098_Bab_4.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
07410098_Bab_5.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
07410098_Daftar_Pustaka.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Appendices)
07410098_Lampiran.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Masa awal perkuliahan adalah fase terberat bagi mahasiswa baru fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang karena adanya aktifitas yang padat, padahal mereka dituntut untuk berinteraksi dengan orang-orang dan lingkungan yang memiliki budaya dan bahasa yang berbeda dengan tempat tinggal mereka sebelumnya, mereka juga harus membentuk penyesuaian diri yang efektif dengan lingkungan yang baru. Kemampuan dwibahasa dan Self efficacy merupakan faktor yang mempunyai hubungan dengan penyesuaian diri bagi mahasiswa baru.

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang, dengan tujuan: (1) untuk mengetahui tingkat kemampuan dwibahasa mahasiswa baru Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang (2) untuk mengetahui tingkat self efficacy dalam penggunaan dwi bahasa mahasiswa baru Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang, dan (3) untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri mahasiswa baru Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang.(4)untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh kemampuan dwibahasa, self efficacy dalam penggunaan dwi bahasa terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang.

Rancangan penelitian ini adalah korelasi kuantitatif. Variabel bebasnya adalah self efficacy dalam penggunaan dwibahasa (X1),kemampuan dwibahasa(X2) dan variabel terikatnya penyesuaian diri (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru Fakultas Psikologi UIN Maulana Maliki Malang(150 mahasiswa). Sampel diambil dengan mengunakan teknik purposive sampling atau secara acak. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode angket berupa skala likert dan tes prestasi. Uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha cronbach.. Analisa data penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 16.0 for Windows.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) tingkat kemampuan dwibahasa mahasiswa baru berada pada kategori tinggi dengan prosentase 66,6, (2) tingkat self efficacy dalam penggunaan dwibahasa berada pada kategori tinggi dengan prosentase 94,9%, (3) tingkat penyesuaian diri mahasiswa baru berada pada kategori tinggi dengan prosentase 74,4%, dan (4) nilai F = 800,799 dengan nilai p = ,000. Hasil ini berarti hipotesis yang menyatakan adanya hubungan kemampuan dwibahasa dan self efficacy dalam penggunaan dwibahasa terhadap penyesuaian diri diterima. Sebagai rincian kemampuan dwibahasa secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyesuaian diri sebesar β = 0,026 dengan p = 0,011 dan self efficacy dalam penggunaan dwibahasa secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyesuaian diri sebesar β = 0,992 dengan p = 0,000. Artinya self efficacy dalam penggunaan dwibahasa memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan pengaruh kemampuan dwibahasa terhadap penyesuaian diri.

ENGLISH:

The earlier period is difficult phase for New Students Acclimatization of Psychology Faculty in the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang because there are demanding activities, whereas they are demanded to interact with many people and environment that have culture and language that are different with their place before, they also have to adapt affectively with new environment. Bilingual ability and Self efficacy are the factor that can influence acclimation for new students.

This research is done to the new students of psychology faculty in the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang, with purpose: (1) to know the bilingual ability level of psychology faculty of UIN Maliki Malang (2) to know the self efficacy level in using bilingual from new students of psychology faculty of UIN Maliki Malang, to know acclimatization level of psychology faculty of UIN Maliki Malang, and to prove there is or not the influence of bilingual ability, self efficacy in using bilingual to New Students Acclimatization of Psychology Faculty in the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang.

The research method is quantitative correlation. The large variable is self efficacy in using bilingual (X1), bilingual ability (X2) and variable bound with acclimatization (Y). The research population is all of the new students of psychology faculty in the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang (150 students). This sample is taken by using purposive sampling technique or random. In collecting data, the researcher uses questionnaire method is likert scale and achievement test. Validity experiment uses moment product formula and reliability experiment uses SPSS 16.0 version for Windows.

Base on the research result can be concluded that (1) bilingual ability level of new students are in the high category with 66,6 %, (2) self efficacy level in using bilingual are in the high category with 94,9 %, (3) acclimatization level of new students are in the high category with 74,4 % and (4) F value = 800,799 with p value = ,000. This result means the hypothesis state that there is correlation bilingual ability and self efficacy in using bilingual to acclimatization is accepted. As details of bilingual ability partially have effect that is significant to acclimatization as β = 0,026 with p = 0,011 and self efficacy in using bilingual partially have effect that is significant to acclimatization as β = 0,992 with p = 0,000. It means that self efficacy in using bilingual have influence are bigger than the influence bilingual ability to acclimatization.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nuqul, Fathul Lubabin
Keywords: Kemampuan Dwibahasa; Self Efficacy; Penyesuaian Diri; Bilingual ability; Self efficacy; Acclimatization
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Departement: Fakultas Psikologi
Location: 170102
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 28 Sep 2015 03:13
Last Modified: 28 Sep 2015 03:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item