Fiando, Yongki Karisma (2020) Pengaruh iklan media sosial (YouTube) dan word of mouth terhadap brand awareness Shopee pada Mahasiswa UIN Maliki Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15510112.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, khususnya internet menuntut setiap perusahaan mengubah paradigma lama, salah satunya dalam bidang pemasaran. Saat ini internet telah memiliki banyak pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Salah satu aspek dari internet yang dapat dimaksimalkan sebagai media untuk aktifitas pemasaran yaitu social media (media sosial). Sosial media dapat mendorong perusahaan untuk berbagi informasi secara lebih terbuka dengan konsumennya. Hal ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran word of mouth dan iklan. Salah satu tujuannya adalah untuk membentuk kesadaran akan suatu produk atau merek (brand awareness). Shopee adalah perusahaan yang menggunakan startegi iklan (Youtube) dan word of mouth untuk meningkatkan kesadaran merek.
Objek penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh iklan media sosial (Youtube) dan word of mouth terhadap brand awareness Shopee. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, di mana sampel yang dipilih berdsarkan pada pertimbangan yang pernah membeli atau calon pembeli produk Shopee. Pengumpulan data menggunakan metode survey. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, yang dipertimbangkan dengan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel bebas yaitu iklan media sosial (Youtube) dan word of mouth secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel terikat, yaitu brand awareness Shopee. Variabel iklan media sosial (Youtube) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap brand awareness Shopee. Variabel word of mouth memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap brand awareness Shopee.
ENGLISH:
In line with the rapid development of today's technology, especially the Internet demands every company change the old paradigm, one of which is in the field of marketing. Nowadays the Internet has had many users scattered around the world. One aspect of the Internet that can be maximised as a medium for marketing activities namely social media (social media). Social media can encourage companies to share information more openly with consumers. It can be used to develop a word of mouth marketing strategy and advertising. One of the objectives is to establish awareness of a product or brand (brand awareness). Shopee is a company that uses advertising strategy (Youtube) and word of mouth to increase brand awareness.
The object of this research is the student of Islamic State Maulana Malik Ibrahim Malang. The research aims to determine the extent of the influence of social media ads (Youtube) and word of mouth against Shopee brand awareness. The type of research used is a scripted study with a quantitative approach. The sampling method uses accidental sampling, in which the selected samples are based on the consideration of ever-buying or prospective buyers of Shopee products. Data collection using survey method. Data analysis using multiple linear regression, which is considered with the classic assumption test.
The results show that the free variables i.e. social media ads (Youtube) and word of mouth collectively have a significant and positive effect on the bound variables, i.e. Shopee brand awareness. Social media ad variables (Youtube) have a significant and positive influence over Shopee brand awareness. The word of mouth variable has a significant and positive influence over Shopee brand awareness.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Iklan; Word of Mouth; Brand Awareness; Advertising | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Yongki Karisma Fiando | ||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2020 15:37 | ||||||
Last Modified: | 10 Jul 2020 15:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/19305 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |