Furda, Wally Nurhuda (2013) Faktor-faktor pendorong nasabah menabung di Bank Syariah: Studi kasus di BTN Syariah Cabang Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
08220017 Pendahuluan.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
08220017 Indonesia.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
08220017 English.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
08220017 Arabic.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
08220017 Bab 1.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
08220017 Bab 2.pdf Download (958kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
08220017 Bab 3.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text (Cahpter 4)
08220017 Bab 4.pdf Download (981kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
08220017 Bab 5.pdf Download (715kB) | Preview |
|
|
Text (References)
08220017 Daftar Pustaka.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
08220017 Lampiran.rar Download (355kB) |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan peran perbankan syariah di Indonesia tidak terlepas dari sistem perbankan di Indonesia secara umum. Karena perbankan syariah dikenal sebagai Islamic bangking, Kata Islamic pada awalnya dikembangkan sebagai satu respon dari kelompok ekonomi dan praktisi. Perbankan muslim yang berusaha mengakomodir berbagai pihak yang menginginkan agar tersedia jasa transaksi keuangan yang dilaksanakan sejalan dengan nilai moral dan prinsip-prinsip syariah islam khususnya yang berkaitan dengan pelarangan praktek riba, perkembangan bank syariah di Indonesia tergolong pesat. Dalam waktu kurang dari 15 tahun banyak bank-bank yang semula bersifat konvensional akhirnya membuka cabang perbankan yang bersifat syariah.
Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui faktor yang mendorong nasabah menabung di bank BTN syariah cabang kota Malang, dan ingin mengetahui faktor dominan nasabah menabung di bank BTN Syariah cabang kota Malang.
Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan terjun ke lapangan untuk memperoleh data tentang bank syariah (BTN Syariah cabang kota Malang) yakni produk-produk yang ditawarkan kepada nasabah dan pembiayaan- pembiayaan serta mewawancarai langsung nasabah-nasabah BTN Syariah Cabang kota Malang. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi, sedangkan untuk metode yang digunakan dalam penelitian ini, tehnik analisis data deskriptif kualitatif/non statistik.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: dari beberapa nasabah yang telah diwawancarai oleh penulis didapatkan berbagai alasan nasabah menabung BTN Syariah Cabang kota Malang, Pertama: nasabah yang ingin mendapatkan keuntungan finansial sekaligus keuntungan emosional, nasabah ini banyak disebut nasabah rasional, Kedua: nasabah yang hanya melihat cara atau sistemnya tanpa mempedulikan keuntungan finansial, Ketiga: nasabah yang hanya ingin mengetahui sistem perbankan syariah,lebih jauh. Adapun faktor dominan nasabah menabung di BTN Syariah Cabang kota Malang yaitu aspek rasional.
ENGLISH:
The role development of the Islamic banking in Indonesia is inseparable from the Indonesian banking system in general. Sharia banking is known as Islamic banking. The word Islamic was originally developed as a response from economic and practitioners groups. Islamic banks tried to accommodate various parties who demand forfinancial transaction services in line with moral values and Islamic principles, particularly with regard to the prohibition of bank interest. Sharia banks increases rapidly in Indonesia. In less than 15 years many conventional banks open sharia branches.
The purpose of this research is to find out factors encouraging customers to save their money in BTN Syariah Malang and the dominant factor encouraging customers to save their money to BTN Syariah Malang.
The research is a descriptive qualitative by collecting field data on the sharia bank (BTN Syariah Malang), particularly on the products and financing it offers to the customers. In addition, it also direct interview clients of BTN Syariah Malang. Data collection employs the methods of observation, interview and documentation.
Based on the analysis of the data, the result shows that: the researcher obtained three reasons from many interviewed customers to save their money in BTN Syariah Malang, First, customers who want to benefit financially as well as emotional benefits. They are known as rational customer. Second, customers who only see the system without considering financial benefit. Third, customers who only want to know further about the Islamic banking system. The dominant factor for customers in saving their money to BTN Syariah Malang is rasional factor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bank Syariah; Nasabah; Islamic Bank; Customer |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012711 al-Wadi’ah (Penitipan Barang atau Modal) |
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah |
Depositing User: | Dian Anesti |
Date Deposited: | 06 Jul 2015 16:53 |
Last Modified: | 06 Jul 2015 16:53 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/177 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |