Nurjanah, Anis Kartika (2019) Penerapan program Adiwiyata dalam menanamkan perilaku siswa peduli lingkungan hidup di MTS Negeri 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110104.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Modernisasi yang tumbuh dan berkembang di Indonesian sebagian menyebabkan kerusakan lingkungan, yang mana mereka hanya memanfaatkan sumber daya alam yang ada tanpa mau menjaga dan merawat lingkungannya. Maka dari itu perlu adanya pembiasaan sejak dini untuk menjaga lingkungan sekitar yang ada dan kemudian pemerintah mengeluarkan program adiwiyata. Sekolah adiwiyata ini ingin menciptakan seluruh warga sekolah yang mampu memiliki sikap dan perilaku cinta lingkungan. Salah satu sekolah yang mengikuti program adiwiyata ini ialah MTs Negeri 2 Malang.
Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) Mendeskripsikan program-program adiwiyata di MTs Negeri 2 Malang, (2) Mengetahui dan memaparkan hambatan dan solusi yang digunakan dalam program adiwiyata di MTs Negeri 2 Malang, (3) Mengetahui dan memaparkan perilaku siswa terhadap lingkungan hidup di MTs Negeri 2 Malang yang berprogram adiwiyata.
Agar terlaksananya tujuan dari penelitian ini, maka disini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis Penelitian menggunakan penelitian studi kasus dan data dapat diperoleh dari semua pihak yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data menggunakan kualitiatif yang bersifat induktif dan berkelanjutan, data dalam penelitihan ini dianalisa dan dibandingkan dengan teori yang ada. Teknik pengecekan data menggunakan kepercayaan, trianggulasi, memperpanjang pengamatan, pemeriksaan sejawat, kebergantungan, dan kepastian. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Dari hasil analisis data dilapangan diperoleh bahwa (1) Program sekolah adiwiyata meliputi pokja sampah dan kompos, perikanan dll. (2) Faktor penghambat bersumber dan solusi (a) guru yang masih banyak memiliki kesibukan lain dan solusi yang dilakukan mengadakan kegiatan rapat rutin bulanan, dan sosialisasi, (b) siswa, kurang kesadaran dari siswa untuk berbudaya lingkungan, masih ditemukan beberapa siswa melanggar peraturan dan membeli makanan dari luar kantin madrasah dan solusi yang dilakukan renungan pagi, pemberian point, dan sosialisasi, (c) warga sekitar madrasah masih banyak ditemukan penjual makanan dan minuman yang kurang sehat, solusi yang digunakan masih sebatas memberikan nasihat. (3) Perilaku siswa terhadap lingkungan hidup (a) al-I’tibar dengan mengambil pelajaran dalam pokja keagamaan, pembibitan, kantin, TOGA, (b) al-intifa dengan mengambil memanfaatkan kembali dalam pokja hidroganik, perikanan, kompos dan biopori, (c) al-islah dengan memelihara dalam pokja kebersihan, sanitasi.
ENGLISH:
Modernization that grows and develops in Indonesia partially causes environmental damage, where they only utilize existing natural resources without wanting to protect and care for their environment. Therefore, it is necessary to make habituation early to protect the surrounding environment and then the government issues an adiwiyata program. Adiwiyata School wants to create all school members who are able to have attitudes and behaviors to love the environment. One of the schools that participated in the adiwiyata program was MTs Negeri 2 Malang.
The objectives of this study are: (1) Describe adiwiyata programs in State MTs 2 Malang, (2) Know and explain the obstacles and solutions used in the adiwiyata program at State MTs 2 Malang, (3) Know and explain students' behavior towards the environment lives in MTs Negeri 2 Malang with adiwiyata programs.
Using a qualitative descriptive approach. This type of research uses research case studies and data can be obtained from all parties concerned. Data collection techniques used by researchers are observation data, interviews, and documentation. Data analysis uses quality that is inductive and continuous, the data in this research are analyzed and compared with existing theories. Data checking techniques use trust, triangulation, prolong observation, peer review, dependence, and certainty. The data validity technique uses source triangulation, technique triangulation, and time triangulation.
From the results of the analysis of the data in the field, it was found that (1) Adiwiyata school programs include garbage and compost working groups, fisheries etc. (2) The inhibiting factors are sourced and solutions (a) teachers who still have many other activities and solutions are held to hold monthly meetings and socialization activities, (b) students, lack of awareness of students to be cultured in the environment, still found some students violating the rules and buy food from outside the madrasa canteen and the solution is done morning reflection, giving points, and socialization, (c) residents around the madrasa are still found sellers of food and beverages that are less healthy, the solution used is still limited to providing advice. (3) Students' behavior towards the environment (a) al-I'tibar by taking lessons in religious work groups, nurseries, canteens, TOGA, (b) al-intifa by taking advantage of re-use in hydroganic working groups, fisheries, compost and biopores, (c) al-islah by maintaining in the cleanliness, sanitation working group.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | program adiwiyata; lingkungan hidup; perilaku; adiwiyata program; environment; behavior | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Firman Firman | ||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2020 11:57 | ||||||
Last Modified: | 11 Apr 2020 11:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16388 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |