Sulistiorini, Mei Tri (2019) Pengaruh keikutsertaan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap hasil belajar mahasiswa jurusan pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130099.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar adalah hasil yang didapat mahasiswa setelah melakukan aktivitas belajarnya yang dinyatakan dalam bentuk nilai angka atau huruf. Peningkatan hasil belajar dapat dicapai dengan memerhatikan beberapa aspek baik aspek internal maupun eksternal. Faktor internal berasal dari diri sendiri seperti bagaimana caranya mengelola waktu dengan baik agar memaksimalkan hasil belajar dan faktor eksternal yaitu lingkungan kampus. Salah satunya keikutsertaaan berorganisasi dimana mahasiswa dapat mengembangkan bakat, menambah pengalaman, dan bisa berorganisasi dengan orang lain.
Tujuan penelitian ini untuk (1) menjelaskan pengaruh keikutsertaan berorganisasi terhadap hasil belajar mahasiswa jurusan Pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, (2) menjelaskan pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar mahasiswa jurusan Pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, (3) menjelaskan pengaruh keikutsertaan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap hasil belajar mahasiswa jurusan Pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu mahasiswa juurusan Pendidikan IPS tahun angkatan 2015 sampai dengan tahun angkatan 2018 sebanyak 212 mahasiswa. Sampel penelitian ini berjumlah 139 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner/ angket dan wawancara. Kuesioner/ angket diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dengan uji t dan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) keikutsertaan berorganisasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa jurusan Pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, (2) manajemen waktu memiliki pengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa jurusan Pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, (3) keikutsertaan berorganisasi dan manajemen waktu berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa jurusan Pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
ENGLISH:
The results of learning are the results obtained by students after carrying out their stated learning activities in the form of ancestral values. The improvement of the result of learning can be achieved by several internal and external aspects. Internal aspects are derived from drills, such as the way how he manages his time properly in order to maximize the result of learning. External aspects are the environment and campus. One of the benefits in joining the organization is to be able to develop talent, add experience, and organize with others.
The objectives of this research are (1) to explain the influence of the participation in organizations of social science education department students’ learning in Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (2) to explain the influence of time management on the results of social science education department students’ learning in Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (3) to explain the effect of the participation in organizations and management of time management toward the results of social science education department students’ learning in Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
This research uses a quantitative approach. The population used is the Social Sciences Education Departments students for 2015 to 2018 generation, for as many as 212 students. In this study, there are 139 students as samples. Data collection techniques in this research is by questionnaire. Questionnaire is tested using equivalence and reliability. This data analysis technique is descriptive statistical analysis, classic test, multiple linear regression analysis, hypothesis testing with t and F test.
The results of this study indicate that (1) the participation in organizations have significantly positive influence on the results of social science education department students’ learning in Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (2) time management has significantly positive effect the results of social science education department students’ learning in Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (3) the participation in organizations and time management has significantly positive effects toward the results of social science education department students’ learning in Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | keikutsertaan berorganisasi; manajemen waktu; hasil belajar; the participation in organizations; time management; the result of learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2020 10:02 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2020 10:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16229 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |