Qodriya, Siti Lailatul (2019) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS terpadu di MTS Miftahul Ulum Kanigoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Keberhasilan pendidikan merupakan tanggungg jawab bersama orang tua, guru masyarakat dan pemerintah. Pemerintah dan masyarakat menyediakan tempat untuk belajar yaitu sekolah. Sekolah memberikan pendidikan, sarana dan prasarana bagi siswa agar dapat berprestasi dan hasil belajarnya meningkat. Hasil belajar tidak dapat dipisahkan dari masalah minat baca, hal ini disebabkan hasil belajar merupakan bukti keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Terpadu di MTS Miftahul Ulum Kanigoro, (2) pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Terpadu di MTS Miftahul Ulum Kanigoro, (3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Terpadu di MTS Miftahul Ulum Kanigoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang diambil penelitian ini adalah seluruh siswa di MTS Miftahul Ulum Kanigoro sebanyak 240 siswa, dengan teknik pengambilan sampel jenis random sampling sebanyak 150 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner atau angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis dengan uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan tehadap hasil belajar siswa, ini berarti bahwa siswa yang memanfaatakan perpustakaan dengan baik maka dapat meningkatkan hasil belajarnya (2) ada pengaruh minat baca terhadap hasil belajar, ini berarti bahwa siswa yang memiliki minat baca yang tinggi maka bisa meningkatkan hasil belajarnya (3) ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap hasil belajar, ini berarti jika siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah dengan baik dan minat membacanya juga tinggi maka akan dapat meningkatkan hasil belajar.
ENGLISH:
The success of education is a shared responsibility of parents, society, teachers and the government. The government and the society provide a place for learning, namely schools. The school provides education, facilities and infrastructure for students to excel and improve their learning outcomes. Learning outcomes can not be separated from problems of interest in reading. It is due to learning outcomes is evidence of success in teaching and learning activities.
This study aims to determine: (1) the influence of libraries use and student learning outcomes in Integrated Social Studies at MTS Miftahul Ulum Kanigoro, (2) the influence in reading and student learning outcomes in Integrated Social Studies at MTS Miftahul Ulum Kanigoro, (3) the influence library use and reading interest on student learning outcomes in Integrated Social Studies subjects at MTS Miftahul Ulum Kanigoro.
To achieve these objectives, the researchers employed a quantitative approach in the frame of correlational research. The population taken in this study were all students in MTS Miftahul Ulum Kanigoro totaling 240 students, with a random sampling technique of 150 students. The instrument used in this study was questionnaire. While the data analysis technique used descriptive statistical analysis, classic assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing with t test and f test.
The results showed that, (1) the influence on the use of libraries to student learning outcomes. It means that students who use library can improve their learning outcomes well (2) the is an influence of interest in reading and learning outcomes. It implies that students who have high interest in reading can improve their learning outcomes (3) the influence between library use and reading interest in learning outcomes. It means that if students use school library well and reading interest is also high it will be able to increase learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulistiani, Dwi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pemanfaatan perpustakaan; minat baca; hasil belajar; library utilization; interest in reading; learning outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2020 14:30 | ||||||
Last Modified: | 19 Feb 2020 14:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16094 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |