Peran kepercayaan organisasi (trust organizational) terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada Karyawan PT. PLN (Persero) area Malang

Zahro, Umi Ni'matus (2015) Peran kepercayaan organisasi (trust organizational) terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada Karyawan PT. PLN (Persero) area Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
10410059_Pendahuluan.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
10410059_Indonesia.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
10410059_Inggris.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
10410059_Arab.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
10410059_Bab_1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
10410059_Bab_2.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
10410059_Bab_3.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
10410059_Bab_4.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
10410059_Bab_5.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
10410059_Daftar_Pustaka.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Appendices)
10410059_Lampiran.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sumber daya manusia merupakan aset utama untuk menjalankan roda organisasi. Karena sumber daya manusia adalah penggerak sumber daya lainnya. Dalam upaya memajukan organisasi, dibutuhkan kinerja sumber daya manusia yang produktif, progresif dan inovatif. Oleh sebab itu, suatu organisasi harus memiliki strategi-strategi khusus dalam lingkungan kerja. Salah satu perilaku yang dapat memaksimalkan pelaksanaan strategi yaitu organizational citizenship behavior. OCB dapat meningkatkan efektifitas organisasi, kinerja dan produktivitas manajerial. Kinerja yang baik menuntut “perilaku sesuai” karyawan yang diharapkan oleh organisasi. Sedangkan apabila organizational citizenship behavior tidak terwujud dalam perusahaan, maka akibat yang muncul adalah ketika perusahaan memerlukan tenaga dan pikiran karyawan di luar perannya, perusahaan akan menemui kesulitan, sehingga pada akhirnya tujuan perusahaan tidak dapat dicapai dengan semestinya. OCB sangat dibutuhkan organisasi, salah satu yang dapat mempengaruhi munculnya OCB adalah kepercayaan organisasi. Kepercayaan organisasi bagian terpenting untuk interaksi organisasi yang sukses dengan melibatkan seluruh sumber daya manusia yang ada, agar dapat membangun hubungan kerja yang saling percaya satu sama lain.

Penelitian ini dilakukan di PT. PLN (Persero) Area Malang, dengan tujuan untuk mengetahui peran Kepercayaan organisasi terhadap organizational citizenship behavior di PT. PLN (Persero) Area Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 51 responden yang dipilih dengan menggunakan metode Random Sampling. Dalam pengumpulan data, menggunakan metode angket berupa skala psikologi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi dengan menggunakan bantuan sotfwere SPSS 16,0 for windows.

Hasil dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa (1) tingkat kepercayaaan organisasi di PT. PLN (Persero) Area Malang mayoritas berada pada kategori sedang dengan prosentasi 43,13%, (2) sedangkan tingkat organizational citizenship behavior di PT. PLN (Persero) Area Malang mayoritas berada pada kategori sedang dengan prosentase 45,09%. (3) adanya hubungan yang signifikan kepercayaan organisasi terhadap organizational citizenship behavior di PT. PLN (Persero) Area Malang didapatkan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,750 dengan p=0,000 dan dinyatakan hipotesis diterima.

ENGLISH:

Human resources is a major asset to run the organization. Because of human resources is the driving other resources. In an effort to promote organizational, human resource performance needed productive, progressive and innovative. Therefore, an organization must have specific strategies in the work environment. One of the behaviors that can maximize the implementation of strategies that organizational citizenship behavior. OCB can enhance organizational effectiveness, performance and productivity of managerial. Good performance requires "appropriate behavior" employees expected by the organization. Whereas if organizational citizenship behavior is not manifested in the company, he result that appears is when the company needs to hire employees and mind beyond its role, companies will find it difficult, so in the end the company's goals can not be achieved with proper. OCB is needed organization, one that can affect the appearance of the OCB is trust organization. Confidence organizations most important part for a successful organization interactions involving all the existing human resources, in order to build a trusting working relationship with each other.

This research was conducted in PT. PLN (Persero) Malang Area, with the aim to determine the role of organizational trust on organizational citizenship behavior in PT. PLN (Persero) Malang Area. This study uses quantitative methods. Subjects of this study amounted to 51 respondents who selected using random sampling methods. In collecting the data, using a scale of psychological questionnaire method. Analysis of the data in this study using correlation techniques with the help softwere SPSS 16.0 for windows.

The results of the research conducted, it is known that (1) level of confidence in the organization of the PT. PLN (Persero) Malang majority areas in middle category with a percentage of 43.13%, (2) whereas the level of organizational citizenship behavior in PT.PLN (Persero) Malang Area the majority are in the medium category with a percentage of 45.09%. (3) significant relationship to the organization of trust in organizational citizenship behavior PT.PLN (Persero) Malang Area obtained correlation coefficient (rxy) of 0.750 with p = 0.000 and stated hypothesis is accepted.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Irawan, Andik Rony
Keywords: Kepercayaan organisasi; Trust Organizational; Organizational Citizenship Behavior
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Departement: Fakultas Psikologi
Location: 170107
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 08 Sep 2015 01:02
Last Modified: 08 Sep 2015 01:02
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item