Perbedaan regulasi emosi antara penghafal Qur'an 1-15 juz dan penghafal Qur'an 16-30 juz di Pondok Pesantren Nurul Qur'an Kraksaan, Probolinggo

Al Habsyi, S. Anis (2015) Perbedaan regulasi emosi antara penghafal Qur'an 1-15 juz dan penghafal Qur'an 16-30 juz di Pondok Pesantren Nurul Qur'an Kraksaan, Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Introduction)
10410144_Pendahuluan.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Indonesia)
10410144_Indonesia.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: English)
10410144_Inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstract: Arabic)
10410144_Arab.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 1)
10410144_Bab_1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 2)
10410144_Bab_2.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 3)
10410144_Bab_3.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 4)
10410144_Bab_4.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Chapter 5)
10410144_Bab_5.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (References)
10410144_Daftar_pustaka.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Appendices)
10410144_Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Summary)
10410144_Ringkasan.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Regulasi emosi ialah strategi yang dilakukan secara sadar ataupun tidak sadar untuk mempertahankan, memperkuat atau mengurangi satu atau lebih aspek dari respon emosi yaitu pengalaman emosi dan perilaku. Seseorang yang memiliki regulasi emosi dapat mempertahankan atau meningkatkan emosi yang dirasakannya baik positif maupun negatif. Selain itu, seseorang juga dapat mengurangi emosinya baik positif maupun negatif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan regulasi emosi antara penghafal qur’an 1-15 juz dengan penghafal 16-30 juz di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Kraksaan, Probolinggo. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian dengan skala, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Skala yang digunakan untuk mengungkap variabel penelitian adalah Skala Regulasi Emosi yang disusun peneliti berdasarkan teori regulasi emosi (Gross, 2007). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-t.Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini yaitu “Ada perbedaan regulasi emosi antara penghafal qur’an 1-15 juz dan 16-30 juz”. Populasi dalam penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Nurul Qur’an dengan sampel total 62 orang dimana dalam pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh t sebesar p = 0,865 > 0,05. Artinya tidak terdapat perbedaan regulasi emosi antara penghafal qur’an 1-15 juz dengan penghafal qur’an 16-30 juz. Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis yang menyatakan ada perbedaan regulasi emosi antara penghafal qur’an 1-15 juz dengan penghafal qur’an 16-30 juz ditolak.

ENGLISH:

Emotion regulation strategies is done consciously or unconsciously to maintain, strengthen or reduce one or more aspects of the emotional response that is the experience of emotion and behavior. Someone who has the emotion regulation can maintain or increase the emotion he felt both positive and negative. Moreover, one can also reduce both positive and negative emotions.

This study aims to determine whether there is a difference between the emotion regulation guard of quran 1-15 juz with guard of quran 16-30 juz. in Pondok Pesantren Nurul Quran Kraksaan, Probolinggo. Quantitative methods used in the study with scale, interviews, and documentation as research data collection techniques. The scale is used to reveal the research variables are arranged Emotion Regulation Scale researchers based theory of emotion regulation (Gross, 2007). Analysis of the data in this study using a test-t. While this hypothesis that "There is a difference between the emotion regulation guard of quran 1-15 juz with guard of quran 16-30 juz ". Population in this research is the students of Pondok Pesantren Nurul Quran with a total sample of 62 people where in taking the sample using purposive sampling technique.

Based on the analysis of data, obtained by p = 0,865 > 0,05. This means that there is no difference between the emotion regulation guard of Quran 1-15 Juz and guard of Quran 16-30 Juz. Based on the research results, the hypothesis that there is a difference between the emotion regulation guard of Quran 1-15 Juz and guard of Quran 16-30 Juz is rejected.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Soleh, A. Khudori
Keywords: Regulasi Emosi; Penghafal Qur’an 1-15 Juz; Penghafal Qur’an 16-30 Juz; Emotion Regulation
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 17 Aug 2015 04:24
Last Modified: 17 Aug 2015 04:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1491

Actions (login required)

View Item View Item