Pristianingrum, Shilvia Aninndhita (2019) Pengembangan buku ajar Akidah Akhlak berbasis pendekatan saintifik pada kelas VII semester genap MTsN 3 Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan sesuatu yang bersifat dinamis, sehingga dalam pelaksanannya selalu mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi dalam Pendidikan saat ini adalah pergantian kurikulum dari KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) menjadi (K13) Kurikulum 2013. Dalam implementasinya, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan ini dirancang agar peserta didik aktif dalam mengkontruksikan konsep, hukum dan prinsip dengan tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan melanar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk : (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan buku ajar akidah akhlak pada kelas VII semester genap MTsN 3 Tulungagung , (2) mengetahui karakteristik buku ajar akidah akhlak pada kelas VII semester genap MTsN 3 Tulungagung, (3) mengetahui efektifitas buku ajar akidah akhlak pada kelas VII semester genap MTsN 3 Tulungagung.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas VII MTsN 3 Tulungagung.
Hasil validasi isi dari ahli materi menunjukkan bahwa buku ajar yang dihasilkan memenuhi kriteria layak dengan presentase 87% dari ahli materi, ahli desain dan media 82% dan ahli pembelajaran 91%. Hasil uji coba lapangan terhadap siswa menghasilkan kriteria layak dengan presentase 97,2%. Sedangkan hasil pre-test dan post-test diperoleh perbedaan rata-rata 19,00 dan hasil analisis uji-t yang menunjukkan bahwa thitung>ttabel, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata yang siginifikan antara kemampuan pemahaman peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar akidah akhlak berbasis pendekatan saintifik pada kelas VII semester genap MTsN 3 Tulugagung.
ENGLISH:
Education is something that is dynamic, so that the implementation always changes. The changes that occur in Education now are curriculum change from KTSP to be (K13) curriculum 2013. In its implementation, curriculum 2013 use Scientific Approach. Scientific Approach designed ao that students active to contruct concepts, laws and principles with stages observing, thinking, validating, and explaining to find truth as knowledge. This research is amed at developing to: (1) to know steps the development of Akidah Akhlak textbook based on Scientific Approach at Class VII MTsN 3 Tulungagung (2) to know characteristics the development of Akidah Akhlak textbook based on Scientific Approach at Class VII MTsN 3 Tulungagung, (3) to know effectiveness the development of Akidah Akhlak textbook based on Scientific Approach at Class VII MTsN 3 Tulungagung
The metod used is Research and Development method by adapting the development model of Borg and Gall. Data collection techniques included observation, interviews, questionnaires and test. The subject of this research and development was the the 7th grade students of MTsN 3 Tulungagung.
The result of this research stated that the development of Akidah Akhlak get 87% of the percentage of validity, 82% of design expert, and 91% of learning experts. The result of this research stated very valid level of attractiveness for students with 97,2% percentage of prevalence. Result of pre-test and post-test obtained significant by difference amount of mean value equal to 19,00 and result of t-test analysis showing that tcount >ttable,, it means that there is a difference between understanding abilities at class 7th grade students of MTsN 3 Tulungagung shown significant difference before and after application.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pengembangan; buku ajar; akidah akhlak; pendekatan saintifik; development; textbook; scientific approach | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2020 19:46 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2020 19:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14747 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |