Zuhafa, Farisy Taufiqi (2019) Pengaruh akhlak siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam kelas X MA Mamba’ul Ulum Tumpang Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110216.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan suatu proses untuk membantu perkembangan potensi peserta didik. Semakin tinggi jenjang pendidikan yang ditempuh, semakin banyak pula ilmu pengetahuan yang diperoleh dan diharapkan dapat memberikan perubahan dalam pola pikir, tutur kata, dan bersikap. Siswa yang telah mempelajari pendidikan agama islam diharapkan dapat mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dari aspek kognitif (pengetahuan) saja tetapi juga aspek afektif (sikap) dan aspek psikomotorik (keterampilan).
Siswa yang berakhlak baik merupakan siswa yang disiplin dan bertanggung jawab dalam kehidupannya, dia akan melaksanakan kewajibannya sebagai siswa dengan baik, menghormati guru, menghargai sesama teman dan rajin belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan prestasinya di sekolah. Akhlak merupakan nilai dan harga diri seseorang, jika seseorang tidak berakhlak maka hilanglah harga dirinya dihadapan Allah dan masyarakat.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah akhlak berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar PAI kelas X MA Mamba’ul Ulum Tumpang Kabupaten Malang?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh akhlak siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas X MA Mamba’ul Ulum Tumpang Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah korelasional deskriptif. Dengan metede korelasional deskriptif ini akan diperoleh gambaran mengenai variabel-variabel, sehingga dapat diketahui pengaruh antara dua variabel tersebut yaitu akhlak siswa (X) dan hasil belajar PAI (Y). Jumlah sampel yaitu 32 siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi.
Hasil hitung analisis data menyatakan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson dengan rumus angka kasar maupun menggunakan SPSS For Windows versi 20, diperoleh Rxy (korelasi) sebesar 0,806 menunjukkan bahwa variabel akhlak siswa (X) memberikan pengaruh positif signifikan yang kuat terhadap variabel hasil belajar PAI siswa (Y), atau dengan kata lain variabel akhlak siswa memberikam kontribusi 80,6% kepada hasil belajar PAI.
ENGLISH:
Education is a process to help develop the potential of students. The higher the level of education pursued, the more knowledge that is gained and is expected to be able to provide changes in mindset, speech, and attitude. Students who have studied Islamic religious education are expected to practice in daily life, not only from the cognitive aspect (knowledge) but also the affective aspects (attitudes) and psychomotor aspects (skills).
Students who have good character are students who are disciplined and responsible in their lives, he will carry out his obligations as a student well, respect teachers, respect fellow friends and diligently study so as to improve learning outcomes and achievements in school. Moral is a person's value and self-esteem, if a person is not moral, his self-esteem is lost before God and society.
Based on the background above, the formulation of the problem in this study is "does morals have a significant positive effect on the learning outcomes of class X Islamic Education MA Mamba'ul Ulum Tumpang Malang?". The purpose of this study was to determine the effect of student morals on the learning outcomes of class X Islamic Education MA Mamba'ul Ulum Tumpang Malang.
This study uses a type of quantitative research. The method used is descriptive correlational. With this descriptive correlational method, an overview of the variables will be obtained, so that the influence between the two variables can be known, namely student morals (X) and learning outcomes (Y). The number of samples is 32 students, the data collection techniques used are observation, interviews, questionnaires, and documentation.
The results of the data analysis show that the instruments used are valid and reliable. Data analysis using the Product Moment correlation technique from Pearson with a rough numerical formula and using SPSS For Windows version 20, obtained by Rxy (correlation) of 0.806 indicates that the moral variable of students (X) gives a significant positive effect on students' learning outcomes (Y), or in other words the students' moral variables contribute 80.6% to the learning outcomes of Islamic Education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | akhlak siswa; hasil belajar pendidikan agama Islam; student moral; the result of learning Islamic education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2019 14:47 | ||||||
Last Modified: | 16 Jul 2019 14:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14409 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |