Adawiyah, Robi'atul (2019) Strategi penanaman moral agama untuk anak usia dini dalam perspektif Agama Islam dan Agama Hindu di TK Hasyim Asy’ari dan TK Negeri Negara. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14160013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Melihat berbagai permasalahan yang ada pada bangsa ini, pendidikan anak usia dini menjadi bagian penting yang sangat berperan dalam melakukan antisipasi dan memberikan kontribusinya dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral pada anak-anak Indonesia. Penanaman nilai-nilai agama dan moral ini dapat dilakukan dengan menanamkan karakter positif yang akan melekat pada diri seorang anak sehingga anak akan tumbuh menjadi generasi yang beragama, beradab, bermoral dan bermartabat. Beragama, bermoral, beradab dan bermartabat merupakan bagian dari kecerdasan spiritual. Oleh karena itu penelitian ini berusaha menggali strategi dalam ajaran Islam dan ajaran Hindu yang efektif dalam membentuk karakter positif dalam diri seorang anak.
Tujuan dari penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui strategi penanaman moral keagamaan di TK Hasyim Asy’ari dan TK Negeri Negara (2) Untuk mengetahui dampak dari penanaman moral keagamaan di TK Hasyim Asy’ari dan TK Negeri Negara (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman moral keagamaan di TK Hasyim Asy’ari dan TK Negeri Negara
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didukung dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur dari penelitian ini memiliki beberapa tahapan, sebagai berikut: (1) Identifikasi masalah, (2) Mengambil data, dan (3) menganalisis data.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkanya Pembiasaan yang dilakukan secara praktik langsung membuat anak terbiasa melakukan kegiatan moral keagamaan seperti contoh doa sehari-hari, memberikan salam dan bersalaman ketika berada di sekolah maupun di rumah, memiliki sopan santun yang baik, memiliki rasa tolong menolong. Selain itu anak dapat mengaji dan mengerti huruf hijaiyah sedikit demi sedikit. Serta memberikan salam dan bersalaman ketika berada di sekolah maupun di rumah, sembahyang sujud trisandya dan dengan sembayang anak mengetahui Tuhannya, agamanya serta makna dari sembahyang.
ENGLISH:
Education for early childhood becomes an essential part that plays an important role in conducting anticipation for and contributes to the embedment of religious and moral values to Indonesian children. This embedment of religious and moral values can be implemented by embedding positive characters that will grow within a child’s character so that the child will be a part of a religious, civilized, moral, and dignified generation. Religious, moral, civilized, and dignified characters are parts of spiritual intelligence. Thus, this study attempts to discover the effective strategies applied in Islamic and Hinduism teaching in shaping positive character of children.
This study aims to: (1) know the strategies of embedding religious morals in TK Hasyim Asy’ari and TK Negeri Negara (2) know the effects of religious moral embedment in TK Hasyim Asy’ari and TK Negeri Negara (3) know the supporting and inhibiting factors of religious moral embedment in TK Hasyim Asy’ari and TK Negeri Negara.
This study employs qualitative method and is supported by descriptive approach. The data collection techniques are interview, observation, and documentation. The procedure of this study’s implementation consists of a few stages: (1) Problems identification, (2) Data obtainment, and (3) data analysis.
Hence, it can be concluded that, through the implementation of habituation conducted through direct practice, children will get used to do activities under religious moral theme such as doing daily prayers, doing greetings, and shaking hands when they are at school and home; be polite, and feel eager to help others. Moreover, children are able to recite Quran, gradually understand Arabic alphabets, greet, and shake hands when they are both at school and home, and perform trisandya prayer. Through performing prayer, children will recognize their God, religion, and the meaning of prayer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Moral Agama; Anak Usia Dini; Moral religion; Early childhood | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 07 May 2019 11:49 | ||||||
Last Modified: | 07 May 2019 11:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14140 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |