Maziyah, Fa'izatul (2015) Hubungan dukungan sosial dengan tingkat kecemasan dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) NU Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
11410016_Pendahuluan.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
11410016_Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
11410016_Inggris.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
11410016_Arab.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
11410016_Bab_1.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
11410016_Bab_2.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
11410016_Bab_3.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
11410016_Bab_4.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
11410016_Bab_5.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (References)
11410016_Daftar_Pustaka.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Other (Appendices)
11410016_Lampiran.rar Download (751kB) |
||
|
Text (Summary)
11410016_Ringkasan.pdf Download (413kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dukungan sosial adalah informasi atau bantuan yang diberikan oleh individu kepada individu lain. Sedangkan kecemasan adalah ketakutan atau emosi yang tidak menyenangkan ditandai dengan gejala kekhawatiran dalam situasi yang tertekan. Mahasiswa tingkat akhir dituntut untuk menyelesaikan skripsi. Akan tetapi skripsi dianggap sebagai momok yang menakutkan bagi mahasiswa. Hal ini sesuai yang dialami oleh subjek dalam tempat penelitian yaitu terjadi penolakan judul berkali-kali, revisi berkali-kali, dan tekanan terhadap batas waktu penyelesaian skripsi. Maka dari itu mahasiswa akan mengalami kecemasan yaitu dengan menunjukkan gejala perilaku berupa kebingungan, pusing, ide-ide dalam pikiran hilang, mengeluh, tidak ada rasa percaya diri, dan lebih sensitif. Fakta-fakta yang ada dilapangan berbeda dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Walker (dalam Talamati, 2012) yaitu psychological well-being pada mahasiswa akan semakin meningkat ketika mereka mulai memasuki tahun senior. Hal ini menunjukkan bahwa tingkatan akademik membuat individu lebih sejahtera. Oleh karena itu kecemasan dalam mengerjakan skripsi dalam tempat penelitian dirasa perlu diberikan dukungan sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat dukungan sosial dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) NU Tuban, (2) untuk mengetahui tingkat kecemasan dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) NU Tuban, (3) untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) NU Tuban.
Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif, yaitu dengan melakukan uji instrumen rasch model dan analisis data deskriptif serta korelasi product moment. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan skala. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel populasi, yaitu 78 mahasiswa.
Hasil penelitian mengatakan bahwa tingkat dukungan sosial Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) NU Tuban pada kategori tinggi, tingkat kecemasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Nu Tuban pada kategori sedang, dan hasil korelasi product moment r=-0,242 dan p=0,033 (p<0,05), hal ini berarti ada hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial dengan tingkat kecemasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) NU Tuban, dan dukungan sosial memberikan sumbangsih 6% pada kecemasan. Hubungan antara aspek Tangiabel Support adalah r=-0,285 dan p=0,012 (p<0,05), ada hubungan yang signifikan dan memberikan sumbangsih sebesar 8%. Hubungan antara aspek Apparisal Supoort r=-0,080 dan p=0,488, hal ini berarti tidak ada hubungan yang signifikan. Hubungan antara aspek Belonging Support r=-0,137 dan p=0,230, hal ini berarti tidak ada hubungan yang signifikan. Hubungan antara aspek Self Esteem Support r=-0,423 dan p=0,000 (p<0,01), hal ini berarti ada hubungan yang signifikan dan memberikan sumbangsih 18%.
ENGLISH:
Social support is the information or assistance provided by an individual to another individual. Anxiety is a fear or unpleasant emotions that are marked by symptoms of concern in situations of distress. Students in their last year of college required to completing a thesis. However, the thesis is considered a frightening course for the students. The subjects in this research faced the title’s rejection many times, the seemed un-ending revision, and the pressure of thesis’ deadline. Therefore students will experience anxiety, i.e. by demonstrating behavior symptoms of confusion, dizziness, lack of ideas, complains, no confidence, and more sensitive. The fact is, this situation is different with the results of research conducted by Walker (in Talamati, 2012), that stated that psychological well-being in college students will increase when they began entering senior year; the result indicated that the level of academic year is equal with the students’ well being. Therefore, the research location is reasonably plays a big part in the given social support to students that has anxiety in doing thesis.
The purpose of this research are (1) to find out the level of social support in working on a thesis in college students of Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) NU Tuban, (2) to determine the level of anxiety in doing thesis on the students of Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) NU Tuban, (3) to determine the relationship between social support and the level anxiety in doing a thesis on students of Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) NU Tuban.
This study used quantitative methods, namely by doing a test instrument rasch model data, doing analysis of descriptive data and finding correlation product moment. The data was collected by doing interviews, observation, and scale. The sampling technique in the study was conducted using a sample of a population, i.e., 78 students.
The research showed that the level of social support of students of Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) NU Tuban was high, the levels of anxiety of student (Stikes) Nu Tuban was mediocre, and the product moment correlation r =-0,242 and p = 0,033 (p < 0.05); it means there is a significant negative relationship between social support with the anxiety of students of Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan and social support provided a contribution of 6% on anxiety level. The relationship between aspects of the Tangiabel Support was r =-0,285 and p = 0.012 (p < 0.05), there was a significant relationship that gave a contribution of 8%. The relationship between aspects of the Apparisal Supoort r = -0,080 and p=0,488, this meant there is no significant relationship. The relationship between aspects of Belonging Support r = -0,137 and p = 0,230, this means there is no significant relationship. The relationship between aspects of Self Esteem Support r = -0,423 and p = 0.000 (p < 0.01), this means there is a significant relationship and provide a contribution of 18%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Habib, Zainal | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Dukungan Sosial; Kecemasan; Hubungan Dukungan Sosial dengan Kecemasan; Anxiety; social support; Social Support Relationships with anxiety | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2015 09:26 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2015 09:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1243 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |