Irawan, Donny Taufik Ryan (2018) Hubungan kecerdasan emosional dengan interaksi sosial pada siswa di SMPN 10 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410154.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Setiap manusia dapat dikatakan sebagai makhluk sosial karena mereka hidup dengan berinteraksi dan selalu membutuhkan orang lain dalam seluruh aspek kehidupan mereka. Karena itulah yang mendorong manusia selalu melakukan interaksi dengan orang lain didalam lingkungannya. Begitu pula dengan siswa dalam penelitian ini pun melakukan interaksi dengan siswa lain di sekolah. Namun, fenomena yang ditemukan oleh peneliti berupa kecenderungan/kebiasaan siswa saat melakukan interaksi sosial. Yaitu terjadinya beberapa kesenjangan kemampuan interaksi antar siswa di SMPN 10 Jember. Oleh karena itu untuk meminimalisir dan agar interaksi sosial berjalan lebih efektif, dalam interaksi dibutuhkan adanya kemampuan kecerdasan emosional yang harus dimiliki siswa.
Tujuan dari peneltian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat kecerdasan emosional dan interaksi sosial pada siswa di SMPN 10 Jember. Selain itu juga untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial pada siswa di SMPN 10 Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling degan mengambil sampel sebanyak 86 siswa dari kelas VIII dan kelas IX SMPN 10 Jember. Dengan menggunakan satu variable bebas yaitu kecerdasan emosional dan satu variable terikat yaitu interaksi sosial. Dalam pengumpulan data menggunakan metode skala yang dianalisis menggunakan SPSS 24.00 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional pada siswa di SMPN 10 Jember adalah sebanyak 19% pada kategori kurang, 66% pada kategori cukup dan 15% pada kategori baik. kemudian tingkat interaksi sosial pada siswa di SMPN 10 Jember adalah sebanyak 18% pada kategori kurang, 62% pada kategori cukup dan 20% pada kategori baik. analisis korelasi menggunakan rumus product moment dari Pearson yang menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial pada subjek yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar xy = 0.552 serta nilai probablitias Sig. 0.000 ≤ 0.005.
ABSTRACT
Every human can be said as a social creature because they live by interacting and always need others in all aspects of their lives to support in doinginteraction with others in their environment. Similarly, the students in theresearch also interact with other students at school. However, the phenomenon that was found by researcher in the form of student's tendency / habits during doing social interaction. That is the occurrence of some gaps in interaction skills among students at SMPN 10 of Jember. Therefore, to minimize and to run more effectively, in the interaction is required the ability of emotional intelligence that must be owned by the students.
The purposes of this research are to know the level of emotional intelligence and social interaction on the students at SMPN 10 of Jember. In addition, to find out the relationship between emotional intelligence and social interaction on the students at SMPN 10 of Jember. The research used quantitative method. Sampling used Simple Random Sampling bytaking 86 students from class VIII and class IX at SMPN 10 of Jember. By using one independent variable that is emotional intelligence and one dependent variable is social interaction. In the data collection used the scale method was analyzed using SPSS 24.00 for Windows.
The research results of theresearch indicated that the level of emotional intelligence onthe students at SMPN 10 of Jember was 19% in the low category, 66% was in the middle category and 15% was in the high category. The level of social interaction was 18% in the low category, 62 was in the middle category and 20% was in the high category. The correlation analysis used product moment formula from Pearson which showed a significant positive relationship between emotional intelligence with social interaction on the subject which was indicated by correlation coefficient value of xy = 0.552 and probability value of Sig. 0.000 ≤ 0.005
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahayu, Iin Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Interaksi Sosial; Emotional Intelligence; Social Interaction | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2018 09:24 | ||||||
Last Modified: | 28 Aug 2018 09:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11926 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |