Responsive Banner

فعالية استخدام اللعبة لترقية مهارة الكلام في مدرسة الحميدية المتوسطة الإسلامية كوندانج لكي مالانج

Sispurwanto, Sispurwanto (2015) فعالية استخدام اللعبة لترقية مهارة الكلام في مدرسة الحميدية المتوسطة الإسلامية كوندانج لكي مالانج. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09150123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT

Researcher found some problems in Arabic teaching especially at speaking teaching at Alhamidiyah Junior High School of Gondanglegi. The problem are 1). Less antusiasme from students when the teaching program is begin. 2) Some students haven’t courage enough to speak in Arabic in front of another students because of affraid to get wrong spell. Based from that, researcher do this research by using the “Indonesia Pintar” game in speaking skill with purpose to train students in speak, students will get more in words and make the Arabic teaching process to be an easy and fun and also the teacher can tell the teaching material easily and make the student be interested to follow the lesson.

Research question in this research are: 1) how the usage of “Indonesia Pintar” game in speaking Arabic at Alhamidiyah Islamic Junior High School of Gondanglegi, 2) How long the effective usity of “Indonesia Pintar” game in speaking at Alhamidiyah Islamic Junior High School of Gondanglegi are. This research uses quantitative experimental methode.

The result of this research is proving that : 1) usage the “Indonesia Pintar” game in speaking teaching at Alhamidiyah Islamic Junior High School is is a kind of game to guess the mistery word. The game also uses so many words and could be do it in a group. 2) The summary from t-test that t-test is accepted. It means that speaking skill teaching by the “Indonesia Pintar” game is so effective therefore can increase student skill in speak of usage the fit word, spell the letter, easy in speak and increase the student courage to speak.

ABSTRAK

Peneliti menemukan berbagai persoalan dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran maharoh kalam di MTs Alhamidiyah Gondanglegi. Salah satunya yaitu 1) kurangnya sarana untuk pembelajaran Bahasa Arab, 2) sebagian siswa kurang mempunyai rasa perdaya diri dalam berbicara Bahasa Arab di depan siswa yang lain dikarenakan takut salah dalam pengucapan. Berdasar dari itu peneliti melaksanakan penelitian dengan menggunakan permainan “Indonesia Pintar” dalam keterampilan berbicara dengan tujuan untuk melatih siswa dalam berbicara, kaya akan kosa kata dan menjadikan proses pembelajaran bahasa arab mudah dan menyenangkan serta guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan mudah dan siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran.

Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagaimana penggunaan permainan “Indonesia Pintar” dalam meningkatkan keterampikan berbicara di MTs Alhamidiyah Gondanglegi. 2) Sejauh mana efektifitas penggunaan permainan “Indonesia Pintar” dalam meningkatkan keterampilan berbicara di MTs Alhamidiyah Gondanglegi. Metode penelitian yang digunakan pada peenelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan permainan “Indonesia Pintar” pada pembelajaran kalam di MTs Alhamidiyah Gondanglegi yaitu permainan untuk menebak kata misteri yang dimaksud, permainan juga menggunakan banyak mufrodat, dan permainan ini dilakukan secara berkelompok dengan menuliskan sebuah kata misteri dalam sebuah kertas dan menempelkan pada dahi seorang siswa. Siswa ini memberikan pertanyaan kepada siswa lain tentang hal-hal yang berkaitan dengan kata tersebut. Siswa lain hanya boleh menjawab dengan jawaban iya atau tidak sampai siswa tersebut mengetahui dan menebak kata misteri dengan tepat.
2) Kesimpulan dari hasil t- tes bahwa hasil t-tes diterima yang berarti bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan permainan “Indonesia Pintar” sangat efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbahasa baik dalam penggunaan kosa kata yang sesuai, pengucapan huruf dan kelancaran berbicaranya serta dapat meningkatkan keberanian siswa dalam berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ridwan, Ridwan
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDRidwan, RidwanUNSPECIFIED
Keywords: Effectively; Game; Efektifitas; Permainan
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Moh. Iza Al Jufri
Date Deposited: 18 May 2018 14:30
Last Modified: 18 May 2018 14:30
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11409

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item