Hasan, Mohammad Fathul (2014) تعليم قواعد اللغة العربية في معهد سنان كونداع الإسلامي السلفي بليتار و معهد ليربيا الإسلامي السلفي كديري. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09150009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRACT
As we know that among the factors of success in language learning is the method used in the study. And also with Nahwu Learning, it will be success when the method used is good method. Because beside the material, evaluation, and goal, the method is one of the elements of education. It also applies to Nahwu learning. Sanan Boarding Schools at Blitar and Lirboyo Boarding Schools at Kediri, these are non-formal educational institutions that teach Arabic language lessons that used the different way to other boarding school that has adopted the modern curriculum that the traditionality started dwindling, these two priority boarding school keep on the yellow book learning.
The problem of this study is what can of method that nahwu learning used in Sanan Gondang boarding school at Blitar and Lirboyo boarding school at Kediri. It hoped that from the results can be used as a new reference for Nahwu teachers.
This research uses descriptive qualitative method with some data retrieval tool is observation, interview and documentation.
From the resulting of data, the researcher came to the conclusion that the measures used in the Nahwu studies at Sanan Gondang Boarding Schools Blitar that teachers start by asking the students to read the chapter nadzom that will be explained, then the teacher reads the nadzom, so the teacher reads sentence by sentence with the meaning of Java, while the students record in their book respectively. Then the teacher translates nahwu rules that have been read by using Indonesian. Students also write in addition nadzom. After the teacher explains the rules of nahwu then provide examples taken from the book Alfiyah ibn Malik, al-Quran or common phrases. and Lirboyo Boarding Schools Kediri that teachers start by reads the nadzom so the teacher reads sentence by sentence with the meaning of Java, while the students record in their book respectively. Then the teacher translates nahwu rules that have been read by using Indonesian. Students also write in addition nadzom. After the teacher explains the rules of nahwu then provide from the book Alfiyah ibn Malik.
The method used by the school teachers Sanan Gondang Boarding Schools Blitar when teaching is qiyasiyah methods. It’s cause nahwu learning at this school begins by describing the structure of nahwu then gave examples and arguments to explain the structure. and Lirboyo Boarding Schools Kediri Qowa’id wa Tarjamah methods. It’s cause nahwu learning at this school begins by describing the structure of nahwu taken from the book Alfiyah ibn Malik.
ABSTRAK
Sebagaiman kita tahu bahwa diantara faktor keberhasilan dalam pembelajaran bahasa adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut. begitu juga, pembelajaran nahwu akan sukses tatkala metode yang dipakai baik. Karena metode merupakan salah satu unsur pendidikan,selain materi, evaluasi, dan tujuan. Hal tersebut juga berlaku pada pembelajaran nahwu. Pondok Pesantren Sanan Gondang Blitar dan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri merupakan lembaga pendidikan non formal yang keduanya mengajarkan pelajaran bahasa arab. Dua Pondok Pesantren ini memprioritaskan pada pembelajaran kitab kuning sebagai bahan ajar berbagai ilmu pengetahuan.Pondok Pesantren Sanan Gondang Blitar meskipun salaf terus berupaya bersikap kolaboratif, sehingga ada hal-hal baru yang selalu dicoba guna menjawab tantangan zaman. Sementara itu Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dengan tetap memegang teguh prinsip kesalafannya sampai sekarang mencapai kurun 1 abad lamanya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa metode pembelajaran nahwu yang dipakai di Pondok Pesantren Sanan Gondang Blitar dan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. supaya nanti hasilnya dapat dijadikan sebagai referensi terbaru bagi para pengajar nahwu.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif komparatif dengan beberapa alat pengambilan data yaitu observasi، wawancara dan dokumentasi.
Dari data yang dihasilkan peneliti mengambil kesimpulan bahwa langkah-langkah pembelajaran nahwu yang dipakai di Pondok Pesantren Sanan Gondang Blitar yaitu guru memulai pembelajaran nahwu dengan menyuruh siswa untuk membaca nadzom pada bab yang akan diterangkan, kemudian guru membaca nadzom tersebut. lalu beliau membaca kalimat per kalimat dengan makna jawa, sedangkan siswa mencatat dikitab masing-masing. Kemudian guru menerjemahkan kaidah-kaidah nahwu yang telah dibacanya dengan menggunakan bahasa Indonesia. Siswa pun menulisnya disamping nadzom. Setelah itu guru menjelaskan kaidah- kaidah nahwu lalu memberikan contoh-contoh yang diambil dari kitab Alfiyah ibnu malik, al- Quran atau kalimat umum. Sedangkan di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri yaitu guru memulai pembelajaran nahwu dengan membaca nadzom pada bab yang akan diterangkan, kemudian beliau membaca kalimat per kalimat dengan makna jawa, sedangkan siswa mencatat dikitab masing-masing. Kemudian guru menerjemahkan kaidah-kaidah nahwu yang telah dibacanya dengan menggunakan bahasa Indonesia dan Jawa.. Setelah itu guru menjelaskan kaidah-kaidah nahwu yang diambil dari kitab Alfiyah ibnu malik,.
Adapun metode yang digunakan oleh para pengajar di Pondok Pesantren Sanan Gondang Blitar saat mengajar adalah metode qiyasiyah. Dikarenakan pembelajaran nahwu di madrasah ini dimulai dengan memaparkan qoidah-qoidah nahwu baru kemudian memberikan contoh dan dalil untuk menjelaskan qoidah tersebut. Sedangkan metode yang digunakan oleh para pengajar di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri saat mengajar adalah metode Qowa’id wa Tarjamah.
Dikarenakan pembelajaran nahwu di madrasah ini dilakukan dengan memaparkan qoidah-qoidah
nahwu baru kemudian menterjemahkan maksud dari qoidah-qoidah tersebut dengan bahasa Indonesia dan Jawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Machmudah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nahwu; Learning Method; Metode Pembelajaran; Ilmu Nahwu | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Moh. Iza Al Jufri | ||||||
Date Deposited: | 17 May 2018 09:58 | ||||||
Last Modified: | 17 May 2018 09:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11354 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |