Norhidayah, Fauza (2017) Pengaruh penggunaan handphone dan keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 4 Tabalong. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13410001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA :
Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang diperoleh oleh seorang siswa baik dari pengalaman maupun pembelajarannya di sekolah. Banyak Faktor yang mempengaruhi tercapainya prestasi belajar tersebut. Faktor ini bisa berasal dari luar maupun dari dalam diri siswa. Akan tetapi maraknya penggunaan handphone membuat kurangnya keterlibatan orang tua dalam memberikan dorongan kepada anak untuk meraih prestasi belajar yang baik. Orang tua memiliki tugas utama yaitu untuk menjadi madrasah pertama untuk anaknya untuk membimbing dan mendorong anaknya agar mencapai sebuah keberhasilan. Anak yang tidak mempunyai banyak waktu dengan orang tuanya akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan handphonenya daripada berada dengan orang yang ada di sekitarnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas 7 MTsN 4 Tabalong dengan jumlah subjek sebanyak 80 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dua skala, yaitu skala penggunaan handphone menurut Badwilan (2004) dan skala keterlibatan orang tua menurut Schunk (2010), serta nilai rapot semester 1. Analisis data yang digunakan untuk menguji pengaruh handphonedan keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa adalah analisis resresi linier berganda
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa di MTsN 4 Tabalong memiliki prestasi akademik yang baik dengan jumlah subyek 62 orang (77,5%) dan yang berada di kategori baik sekali sebanyak 18 orang (22,5%). Pada tingkat penggunaan handphone untuk kategori tinggi 14 orang(17,5%), pada kategori Sedang 65 orang (81,25%) dan pada kategori rendah sebanyak 1 orang (1,25%). Sedangkan untuk tingkat keterlibatan orang tua mayoritas siswa berada di kategori sedang dengan jumlah subyek 73 orang (91,25%) dan kategori tinggi sebanyak 7 orang (8,75%). Analisis data menunjukkan nilai sig = 0,970 atau Sig > 0,05 artinya bahwa penggunaan handphone dan keterlibatan orang tua tidak memiliki penguruh yang signifikan terhadap prestasi belajar.
ENGLISH :
Learning achievement is a learning result which is achieved by student either from the experience or the learning in school. There are some factors affect in reaching the student’s achievement. This factor comes from both external and internal of the student itself. But the frequent of hand phone usage causes less parent’s involvement in motivating children to gain a good learning achievement. Parents have a main duty to become the first school for their children to guide and motivate them reaching success. A child that does not have much time with the parent will spent more time with his/her hand phone than with people around him/her.
This research is a qualitative research that has been done to eighty 7th grade students in MTsN 4 Tabalong. Sample-taking technique is done by simple random sampling. Data collecting is done by using two scales; they are scale of hand phone usage by Badwilan (2004) and scale of parent’s involvement by Schunk (2010), also school report grade of first semester. Data analysis that is used for examining the impact of hand phone usage and parent’s involvement in student’s learning achievement in MTsN 4 Tabalong.
The research result shows that the majority of students in MTsN 4 Tabalong have good academic potential with total subject 62 students (77,5%) and the students in very good category are 18 students (22,5%).In the level hand phone usage for high category is 14 students (17,5%), for moderate category is 65 students (81,25%) and for low category is i student (1,25%).While for parent’s involvement level for the majority of students, for moderate category with total subject 73 students (91,25%) and for high category is 7 students (8,75%)Data analysis shows value sig = 0,970 or Sig > 0,05 means the hand phone usage and parent’s involvement do not have significant impact for student’s achievement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mustofa, M. Lutfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Prestasi belajar; penggunaan handphone; keterlibatan orang tua; Learning achievement; hand phone usage; parent’s involvement | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2018 09:59 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2018 09:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11165 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |