Model pengembangan karakter leadership siswa: Studi kasus di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya)

Syafi’, Moh. Agus Syairofi (2018) Model pengembangan karakter leadership siswa: Studi kasus di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
15761025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (25MB)

Abstract

INDONESIA:

Pemimpin merupakan satu hal yang esensial dalam tatanan kehidupan. Baik itu lingkup terkecil (diri sendiri) hingga lingkup terbesar (negara). Namun dewasa ini Indonesia telah dilanda krisis kepemimpinan. Banyak fenomena memprihatinkan terjadi sepanjang tahun 2014-2017 yang menyeret pemimpin, diantaranya ialah kasus korupsi, suap dan penyalah gunaan jabatan. Serangkaian kasus yang terkait kepemimpinan menjadi PR yang harus di selesaikan dan dicarikan jalan keluar terbaik. Dan jalan keluar yang paling fundamental dan esensial ialah agama dan pendidikan. SD Sekolah Alam Insan Mulia menjadi salah satu wadah pendidikan yang mengembangkan karakter leadership untuk mencetak generasi pemimpin yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan karakter leadership siswa di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya, strategi dan hasilnya.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya. Objek penelitian adalah model pengembangan karakter leadership siswa, sedangkan subjeknya ialah kepala sekolah dan guru. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data, digunakan langkah-langkah ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi. Analisis dilakukan dengan reduksi data, paparan data dan pengambilan kesimpulan.

Hasil penelitian ini ialah: (1) Langkah-langkah pengembangan karakter Leadership siswa SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya dilakukan dengan tiga hal, yakni mengenalkan jati diri siswa sebagai khalifatullah fil ard, integrasi dalam pembelajan dan pembiasaan-pembiasaan. (2) Strategi yang digunakan ialah integrasi tematik, pembiasaan, keteladanan, contextual teaching and learning, reward and punishment. (3) hasil yang tampak, siswa mengenal potensi diri, peduli kepada makhluk Allah, ibadah, komunikasi, peduli sesama, demokratis, managemen dan berorganisasi.

ENGLISH:

Leader is one of the essential aspects in life, both in the smallest scope (self) until the biggest scope (state). However, nowadays Indonesia has undergone a leadership crisis. There are many miserable phenomena happened during 2014-2017 involving leaders such as corruption, bribery, and misuse of governmental position. A series of cases involving leadership becomes an unfinished homework that must be solved. The most fundamental and essential way outs are religion and education. SD Sekolah Alam Insan Mulia is one of educational mediums the develops leadership character to create a better generation of leaders. This study aims to know the steps, strategy, and the results of developing the leadership character of students of SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya.

The type of this study is qualitative, using case study approach. This study is conducted in SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya. The object of the study is students’ leadership character development model and the subjects are the headmaster and teachers. The data are collected through in-depth interview, observation, and documentation. To check the data validity, the steps taken are persistent observation, data presentation, and conclusion making.

The research results are: (1) the steps of students’ leadership character development of SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya are introducing the students’ identity as khalifatullah fil ard, integration in teaching and habituations. (2) the strategies used thematic integration, habituation, exemplary attitudes, contextual teaching and learning, reward and punishment. (3) the visible results are the facts that students recognize their own potential, care to the creature of Allah, worship, communication, care to each other, democratic, management, and organization.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin and Wahyuni, Esa Nur
Keywords: Model; Pengembangan; Karakter Leadership; Model; Development; Leadership Character
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zuhria Sulkha Amalia
Date Deposited: 03 May 2018 09:22
Last Modified: 03 May 2018 09:22
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11111

Actions (login required)

View Item View Item