Pengembangan ensiklopedia berbasis integrasi islam materi “makanan sehat dan bergizi” untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Darurejo I Jombang

Ningrum, Isnaini Fitria (2018) Pengembangan ensiklopedia berbasis integrasi islam materi “makanan sehat dan bergizi” untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Darurejo I Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13140012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Makanan sehat dan bergizi merupakan salah satu materi sains yang bersifat konkrit dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Materi tersebut harus dipahami dengan baik karena berkaitan dengan tata cara dan urutan mengkonsumsinya. Selain itu dalam ajaran agama Islam juga terdapat larangan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa materi makanan sehat dan bergizi harus dipelajarai secara integratif. Ketersediaan bahan ajar secara integratif berupa ensiklopedia sangat diperlukan untuk membantu siswa dalam memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) untuk menyediakan produk berupa bahan ajar ensiklopedia berbasis Islam materi makanan sehat dan bergizi, 1) untuk mengetahui kemenarikan ensiklopedia berbasis Islam materi makanan sehat dan bergizi, 3) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V materi makanan sehat dan bergizi di SDN Darurejo I Jombang.

Jenis penelitian ini adalah Research and Development, yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berupa ensiklopedia berbasis Islam. Sampel penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas V SDN Darurejo I Jombang yang terdiri dari 15 siswa kelas kontrol dan 15 siswa kelas eksperimen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar ensiklopedia sangat valid, hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 100%, ahli desain mencapai 83,33%, ahli pembelajaran mencapai 97,5%, hasil kemenarikan ensiklopedia mencapai 97,83%. Hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan bahan ajar ensiklopedia dan kelas yang tidak menggunakan ensiklopedia menunjukkan perbedaan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 86,67> 64,13, maka dapat dikatakan terdapat perbedaan pemahaman siswa antara kelas yang menggunakan ensiklopedia dengan kelas yang tidak menggunakan ensiklopedia. Hasil uji-t pada perhitungan manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil thitung dan ttabel yaitu |-4.37|≥2.14479, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat perbedaan pemahaman siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan ensiklopedia dan kelas yang tidak menggunakan ensiklopedia yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa ensiklopedia memiliki kualifikasi tingkat keefektivitasan yang tinggi, sehingga bahan ajar ensiklopedia layak digunakan dalam pembelajaran khususnya materi makanan sehat dan bergizi.

ENGLISH:

Healthy and nutritious food is one of the science materials that is concrete and related to everyday life. The material should be understood well because it is related to the procedures and sequence of consumption. Beside that, in the teachings of Islam there is also prohibition in consuming certain foods or beverages. This suggests that healthy and nutritious food should be studied integratively. The availability of integrative teaching materials in the form of encyclopedia is necessary to assist students in understanding the material. This study was aimed to: 1) provide products of teaching materials of Islamic-based encyclopaedia of healthy and nutritious food, 2) know the attractiveness of the Islamic-based encyclopaedia of healthy and nutritious food, 3) improve the understanding of V-grade students in the material of healthy and nutritious food at SDN Darurejo I Jombang.

Type of this research was Research and Development, which was to develop teaching materials in the form of Islamic-based encyclopedia. The sample of this research was grade V students of SDN Darurejo I Jombang consisting of 15 students of control class and 15 students of experimental class.

The results showed that the product of teaching materials in the form of encyclopedia was very valid, it was indicated by the result of assessment of material expert test reached 100% validity, design expert reached 83.33%, learning expert reached 97.5%, result of encyclopedia attractiveness reached 97.83%. The learning outcomes between students of the class that used encyclopedia and the class that did not showed differences. This could be seen from the average of the experimental and control classes, that was 86,67 > 64,13, hence it could be said that there was difference between the students’ understanding of class that used the encyclopedia with the class that did not use the encyclopedia. The result of t-test on manual calculation with level of significance of 0,05 obtained results of tcount and ttable of |-4.37| ≥ 2.14479, meaning the H0 was rejected and H1 was accepted. So there was a significant difference in students' understanding between the class that used encyclopedia and the class that didn’t use it. This indicated that the encyclopedia had a high degree of effectiveness qualities, thus the teaching material of encyclopedia was worthy to be used in learning especially the material of healthy and nutritious food.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wibowo, Agus Mukti
Keywords: pengembangan; ensiklopedia berbasis Islam; makanan sehat dan bergizi; kelas V SD/MI; development; Islamic-based encyclopedia; healthy and nutritious food; grade V SD / MI
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Durrotun Nafisah
Date Deposited: 27 Apr 2018 03:05
Last Modified: 27 Apr 2018 03:05
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10873

Actions (login required)

View Item View Item