Toyyib, Rahmat (2017) Peran Madrasah Diniyah dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam: Studi tentang peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15770049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Madrasah diniyah yang selama ini menjadi lembaga formal pesantren sangat membantu dalam memberikan pemahaman keagamaan dan pembentukan ahklak yang karimah dengan kurikulum yang sudah bagus dan komprehensif begitupun pelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada di sekolah harapannya adalah bisa memberikan pemahaman yang utuh terhadap para siswa untuk memahami pelajaran PAI namun dengan alokasi waktu yang kurang menjadi tidak tercapai tujuan dalam ber- tafaqquh fi addin, oleh karena itu dengan mengoptimalkan peran madrasah diniyah seperti pembinaan akhlakul karimah dan penguatan kurikulum tambahan diharapkan sekolah bisa berkolaborasi dan bekerjasama dengan baik dalam segala bidang seperti pengadaan sarana yang memadai dan pendanaan yang cukup sehingga bisa melayani para siswa yang notabene santri dalam memberikan ilmu agama islam yang sempurna tanpa bingung akan alokasi waktu yang ada disekolah.
Sehingga Dengan potensi yang dimiliki oleh madrasah diniyah dan SMP Nurul Jadid bisa memberikan perbaikan perbaikan dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam yang ada di sekolah baik dalam hal kualitas para siswa maupun tenaga pendidikanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Peran Madrasah Diniyah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam yang ada di SMP Nurul Jadid dengan fokus penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana peran Madrasah Diniyah dalam meningkatkan pemahaman materi keagamaan di SMP Nurul Jadid (2) Bagaimana bentuk kerjasama antara SMP Nurul Jadid dengan Madrasah Diniyah Nurul Jadid (3) Bagaimana hasil mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan desain penelitian Studi kasus, dan Fokus studinya pada kegiatan kegiatan Madrasah Diniyah dan kerjasamanya dengan SMP Nurul Jadid. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik (1) Wawancara dengan mencari informasi (2) Observasi, atau pengamatan dan (3) Dokumentasi sebagai bukti adanya penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ; (1) Peran Madrasah Diniyah dalam meningkat pemahaman materi keagamaan yaitu dengan pembinaan akhlaquk karimah peserta didik dan kurikulum tambahan/penguat (2) Bentuk kerjasama antara SMP Nurul Jadid dengan Madrasah Diniyah Nurul Jadid dengan meningkatkan SDM guru/pelatihan guru melaksanakan, Program Peningkatan Mutu dan juga melengkapi Sarana dan Prasarana (3) Hasil Mutu Pendidikan Agama Islam dengan tiga ranah pengetahuan yaitu : Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
ABSTRACT
The muslim school become one of the formal Islamic School which can give a better comprehension about religion and build a good character with the appropriate curriculum and comprehensive. It is the same as the Islamic Education in every schools which also can give a complete comprehension to the student to comprehend about the subject of Islamic Education. However, the lack of time failed the process in Tafaqquh-fiddiin. Therefore, in optimizing the role of muslim school such as character building and give an additional curriculum which can collaborate with every school and have a good cooperation in all subjects such as completing the facilities needed and having a enough funding. In order can lead the muslim students in giving a perfect Islamic Education with a longer duration of time in learning the subjects.
This research aimed to uncover The Role of Muslim School as the Improvement for the Quality of Islamic Education in Nurul Jadid Junior High School which focused on : (1) How was the role of muslim school in improving the basic skills of religious education (2) How were the cooperation between Nurul Jadid Junior High School with the Muslim School of Nurul Jadid (3) How was the result for the quality of Islamic Education in Nurul Jadid Junior High School
This research used a qualitative research with a case study research design and focus study of Muslim School activities and their cooperation with Nurul Jadid Junior High School. The techniques of collecting data were (1) Interview to collect information and data (2) Observation, and (3) Documentation as the proof of the research.
The results of the study represent ; (1) The role of muslim school in improving the basic skills of religious education by using an addition material, doing a program, and having a good learning process (2) The cooperation between Nurul Jadid Junior High School with the Muslim School by doing a program planning, making a quality improvement program, and completing the facilities (3) The result for the quality of Islamic Education based on the three domains of learning, those are : cognitive, affective, psychomotor
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah and Wahyuni, Esa Nur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Madrasah Diniyah; Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam; Role; Muslim School; An Improvement for the Quality of Islamic Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2018 15:22 | |||||||||
Last Modified: | 22 Feb 2018 15:22 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9983 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |