Asra, Radhiatul (2017) Peran kepala Madrasah dalam meningkatkan kreativitas guru: Studi multi kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Aceh Selatan dan Madrasah Tsanawiyah Swasta Kedai Runding. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15711041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Peran kepala madrasah selaku pemimpin mempunyai peranan yang sangat besar dalam rangka peningkatan mutu seorang guru. Sedang guru merupakan salah satu indikator dalam keberhasilan sekolah yang harus dikembangkan secara profesional agar mampu memberikan output yang handal. Dan untuk peningkatan kualitas guru merupakan salah satu kunci memajukan mutu pendidikan, berbagai program yang harus diadakan untuk menunjang perubahan peningkatan potensi guru adalah kekreativitasan seorang guru yang akan dianggap bermutu. Dalam hal ini maka kreativitas seorang guru harus diwujudkan secara kognitif sebagai bentuk upaya mencapai tujuan dalam proses mengajar karena guru merupakan kunci utama keberhasilan proses belajar-mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) Pandangan kepala madrasah dan guru tentang guru yang kreatif. 2) Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kreativitas guru di MTsN 2 Aceh Selatan dan MTsS Kedai Runding. 3) Kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam peningkatan kreativitas guru di MTsN 2 Aceh Selatan dan MTsS Kedai Runding.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan rancangan Multi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui Dependality, Confirmability, dan Credibility.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pandangan kepala madrasah dan guru tentang guru kreatif di MTsN 2 Aceh Selatan dan MTsS Kedai Runding memiliki persamaan dan perbedaan yaitu: pandangan kepala madrasah MTsN Aceh Selatan guru yang kreatif adalah bervariasi dalam menciptakan ide atau gagasan, dan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang efektif, sedangakan pandangan kepala MTsS Kedai Runding guru yang kreatif adalah yang mencintai profesinya. Adapun persamaan dari kedua pandangan kepala madrasah tentang guru kreatif adalah bertanggung jawab dengan tugas-tugasnya sehingga mendapatkan hasil yang baik. Sedangkan pandangan guru-guru di MTsN 2 Aceh Selatan dan Kedai Runding tentang guru kreatif adalah bertanggung jawab, memiliki karya, menciptakan hal- hal baru dalam mengajar, cekatan, mendorong siswa untuk belajar aktif, memberi kenyaman dan hasilnya disenangi atasan, siswa beserta masyarakat. 2) Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kreativitas guru diantaranya Pemberian Pembinaan dan pengembangan, b) Pemberian penghargaan, c) Memberikan kebebasan kepada guru, d) Memberikan pendamping kepada guru, e) Kepala madrasah melakukan supervisi terhadap guru, f) menciptakan suasa kerja yang menyenangkan dan penuh kebersamaan dan, g) Mengadakan studi banding. 3) Kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam meningktakan kreativitas guru meliputi: a) Rendahnya kemampuan guru dalam bidang IT, b) Tanggung jawab yang rendah, c) Ego guru terlalu tinggi, d) Kurangnya kedisiplinan guru, e)Kurangnya kepedulian guru terhadap kreativitas, f) Munculnya ide atau gagasan guru yang kurang tepat, g) Dana yang kurang memadai dan, h) Rendahnya kualifikasi tenaga kependidikan.
ABSTRACT
The role of a headmaster as a leader has a very crucial assignment to increase the quality of a teacher. A teacher is one of the indicators of school success which has to be develop professionally in order to be able to give the reliable output. To improve the teacher ability is one of the ways to advance the quality of education, the various programs that have to be conduct to support the increasing change of teacher ability is the creativity of a teacher which will be believed more quality. Therefore, the creativity of a teacher has to be realize cognitively as a effort to reach the target in teaching process becouse teacher is the main key to get the success of learning and teaching process.
The aim of this research is to describe and analize 1) the perception of a headmaster and a teacher about the creative teacher. 2) the strategy of a headmaster to improve the creativity of the teacher. 3) The obstacle faced by headmaster to increase the teacher creativity at MTsN 2 in South Aceh and at MTsS in Kedai Runding.
This research is qualitative study with case study in multicase layout. The data retrieval technique is interview, observation and documentation. Data analysis technique comprises collecting data, reducting data, resenting data and taking conclusion. While, checking validity of the data done by Dependality, Confirmability, and Credibility.
The result of this research shows that : 1) Perception of a headmaster and a teacher about a creative teacher at MTsN 2 in South Aceh and at MTsS in Kedai Runding has the equality and the difference. For instance, the thought of a headmaster of MTsN 2 in South Aceh towards the creative teacher is variable to create the good idea and to be able to reach the effective learning target. Whereas, perspective of a headmaster of MTsS in Kedai Runding about the creative teacher is who loves his profession. There is the equalty of both headmaster perspectives, such as having a good responsibility on his assignment in order to get the good result. Whilst, perception of the teachers at MTsN 2 in South Aceh and at MTsS in Kedai Runding is having responsibility, having creativity, making new creations in teaching, having defness, encouraging student to study actively, giving confort and the result will be liked by the leader, student, and society. 2) The strategy of headmaster for improving the creativity of a teacher such as giving guidance and development, b) Giving appreciation, c) giving freedom to the teacher, d) giving guide, e) The headmaster supervise, f) creating comfortable working condition and full togetherness, and g) conducting comparative study. 3) The obstacles that are faced by a headmaster to improve the creativity of teacher comprises: a) lack ability of teacher in the IT side, b) less responsibility, c) ego of the teacher too high, d) lack discipline of the teacher, e) less care of the teacher on the creativity, f) appear the wrong idea, g) less financial, and h) low qualification of teacher.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Abidin, Munirul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Peran Kepala Madrasah; Kreativitas Guru; Role of Headmaster; Creatvity of Teacher | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2018 10:12 | |||||||||
Last Modified: | 15 May 2023 09:41 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9981 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |