Prasojo, Mochamad Tomy (2017) Konsep Pendidikan Akhlaq dalam Kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syech Muhammad Syakir Al Iskandari. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14771055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan kitab-kitab akhlak yang telah disusun para ulama’salaf. Di antara kitab tersebut adalah kitab Washaya Al Abaa’ Lil Abnaa’, karya seorang ulama’ terkenal Mesir, Syeikh Muhammad Syakir. Kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ yang lahir pada awal abad 20 masih digunakan sebagai mata pelajaran khusus pendidikan akhlak hingga sampai saat ini, terbukti dengan kitab ini digunakandikalanganpendidikan madrasah diniyahdanpondokpesantren.
Penelitian ini bertujuan untuk membina akhlak anak didik melalui kajian kitab karya ulama’salaf. Sehingga dalam diri anak didik terbentuk pribadi-pribadi muslim yang berakhlakul karimah, taat pada Allah dan Rasul-Nya, hormat kepada Ibu Bapak, sayang kepada sesama makhluk Tuhan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi Library Reseach. Sesuai dengan jenis data penelitian ini, data diolah dengan menggunakan teknik analisis non statistik.Untuk mempertajam analisis metode deskriptif kualitatif, peneliti menggunakan teknis analisis isi (content analisys). Setelah data terkumpul maka data tersebut dianalisis secara induktif untuk mendapatkan kongklusi. Proses content analisys dimulai dari isi pesan kemudian dilakukan kategorisasi (pengelompokan) antara data yang sejenis dan selanjutnya dianalisis secara kritis dan obyektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi pendidikan pada kitab Washaya al Abaa’ lil Abnaa’ dibagi menjadi 2. Dimensi Ilahiyah dan Insaniyah. Dengan perincian sebagai berikut: dimensi Ilahiyah meliputi taqwa,taubat,sabar,takdir, tawakal,syukur, mengajarkan ilmu pada orang lain, lemah lembut, saling menghormati, bergaul, jujur, tolong menolong, mencari ilmu. Dan dimensi Insaniyah meliputi akhlak kepada guru,akhlak kepada orang tua,akhlak kepada diri sendiri,akhlak kepada teman,akhlak kepada lingkungan masyarakat. Metode pendidikan yang diterapkan meliputi metode nasihat,metode pembiasaan,metode kisah dan keteladanan,metoded ialog,metode perumpamaan dan perbandingan, metode targhib dan tarhib
ABSTRACT
Pondok pesantren is institutional educate such as through book of moral composed by scholars of the salaf. Some of the book was Washaya Al Abaa’ Lil Abnaa’ book, written by leading islamic scholars, Syeikh Muhammad Syakir. Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ book was written in the beginning of 20th century and still used in special subject for moral education until now, it was evidenced by the use of this book among education of madrasah diniyah and pondokpesantren.
This study was aimed to build pupil’s moral through book review of scholars of the salaf. Therefore, moslem characters with akhlakul karimah, faithful toward Allah and Rasul, respect toward mother and father, and kind toward all God’s creatures was built within pupils.
This study used qualitative approach with library research study design. In accordance with this type of study, data obtained would be analyzed using non-statistical analysis technique. To improve on qualitative descriptive method analysis, author used content analysis technique. After data was collected, data was analyzed inductively to gain conclusion. Content analysis process was initiated from message content and then categorization was done based on similarity and afterward was analyzed in critical and objective manner.
Result of this study showed that education dimension in Washaya Al-Abaa Li Al Abnaa’ was divided into 2 parts that are Ilahiyah and Insaniyahdimensions, with details as follows: Ilahiyah dimension covers taqwa, repentance, patience, tawakal, gratitude, teaching knowledge to others, kind, mutual respect, associate, honest, helpful, looking for knowledge. Insaniyah dimension covers moral toward teacher, moral toward parents, moral toward self, moral toward friends, moral toward community. Education method applied consist of advice methode, habitual method, storytelling and exemplary method, dialogue method, supposition and comparison method, targhib and tarhib method
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Hambali, Muh. | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Konsep; Pendidikan; Akhlak; Concept; Education; Moral | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2018 15:27 | |||||||||
Last Modified: | 12 May 2023 13:54 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9977 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |