Ulfa, Fitria (2017) Implikasi konsep Insan Kamil Ibnu Arabi terhadap pembentukan karakter Pendidikan Islam Modern. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14771028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nama Ibnu Arabi dalam kancah pemikiran tasawuf bukanlah sesuatu yang asing. Pemikiran-pemikirannya cenderung kontroversial menjadi semacam garansi aktualitas perbincangan di seputar tokoh ini. Konsep Insan Kamil menjadi salah satu teori yang sudah banyak diperbincangkan sebagian besar tokoh Islam. Manusia dalam dunia pendidikan, menempati posisi sentral (central position), karena manusia di samping dipandang sebagai subjek sekaligus juga objek pendidikan. Salah satu persoalan pelik yang dihadapi masyarakat, selain ekonomi, kesehatan dan politik adalah persoalan pendidikan. Ketika tawuran antar pelajar marak terjadi di berbagai kota, ditambah dengan sejumlah perilaku mereka yang tergolong kriminal, serta penyalahgunaan narkoba dan meningkatnya seks bebas di kalangan pelajar, dunia pendidikan kembali dituding gagal membentuk watak mulia anak didik. Buntutnya, seperti biasa, segera muncul saran untuk memperbaiki kurikulum atau muatan mata pelajaran, misalnya seruan untuk kembali memuat pelajaran budi pekerti dalam kurikulum pendidikan.
Berpijak dari latar belakang diatas maka yang menjadi rumusan masalahnya adalah : 1) Bagaimana Konsep Insan Kamil Ibnu Arabi 2) Bagaimana Implikasi Konsep Insan Kamil Ibnu Arabi terhadap Pembentukan Karakter Pendidikan Islam Modern.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan metode library research atau penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan melihat dan mencatat laporan yang telah tersedia yang relevan dengan kajian yang diteliti. Teknik analisis yang digunakan peniliti ialah analisis isi (content analysis) untuk menarik kesimpulan dari buku dan dokumen yang digunakan.
Berdasarkan hasil kajian peneliti konsep Insan Kamil Menurut Ibnu Arabi didalam kitab Futuhat Al-Makkiyah menyebutkan enam puluh maqam dan enam tingkat fana’ untuk seorang sufi mencapai kesempurnaan, untuk seorang manusia menjadi Insan Kamil, dan juga beberapa Karakteristik yang harus dimiliki insan agar mampu mencapai derajat kesempurnaan, yaitu : 1) Mempunyai Sifat-sifat Tuhan 2) Sebagai Khalifah di Dunia 3) Figur Insan Kamil. Sedangkan Implikasi Konsep Insan Kamil Ibnu Arabi dapat diuraikan dalam dua poin sebagai berikut : 1) implikasi terhadap Personality / Kepribadian, 2) Implikasi terhadap Pembentukan Karakter / Watak
ABSTRACT
The name of Ibn Arabi in Sufism is too famous. The thoughts tend to be controversial and the different talks in this figure. The concept of Insan Kamil is one of the theories that has been discussed by most of the Islamic figures. Humans in the world of education place the central position, because of the object of education. One of the most complicated issues facing society, besides economy, health and politics is the issue of education. When brawling among students is prevalent in various of cities, coupled with a number of the criminal behavior, drug abuse and increasing free sex among students, education is accused failing to shape the noble character of the students. As a result, as usual, rising the suggestions for improving curriculum or course contents, such as the call to rearrange the character lessons in the education curriculum.
Based on the background above, created the statements of the problem: 1) How are the Insan Kamil Ibn Arabi Concepts 2) How are the Concept Implications of Insan Kamil Ibn Arabi toward shaping Modern Islamic Education Character.
The research included qualitative research, that produces descriptive data in the form of written or oral words from people and observed behavior. The study was conducted using library research method. Methods of data collection used the method of documentation by viewing and recording reports that had been available and relevant to the research. The analytical technique used content analysis to draw conclusions from books and documents.
Based on the research results that the concept of Insan Kamil according to Ibn Arabi in the book of Futuhat Al-Makkiyah mentioned sixty of maqam and six of fana’ level for a Sufi to get perfection, to be Insan Kamil, and also some Characteristics that must be possessed to be able to reach the perfection degree, namely: 1) Having the Attributes of God 2) As the Caliph in the World 3) The figure of Insan Kamil. The Implications of the Concept of Insan Kamil Ibn Arabi can be described in two points as follows: 1) the implications against Personality 2) Implications toward shaping Character
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Barizi, Ahmad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Insan Kamil; Ibnu Arabi; Pembentukan Karakter Pendidikan Islam Modern; Insan Kamil; Ibn Arabi; Shaping Modern Islamic Education Character | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2018 15:27 | |||||||||
Last Modified: | 15 May 2023 09:47 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9976 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |