Islamiah, Nurul (2017) Efektivitas model pembelajaran synectics dalam peningkatan hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kreatif : Studi eksperimen di MIN 1 dan MIN 2 Kec. Sinjai Utara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15761009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan, wawasan, keterampilan, dan keahlian tertentu kepada individu guna mengembangkan bakat dan kretivitas. Salah satu masalah dalam pembelajaran adalah masih rendahnya daya serap siswa dalam proses pembelajaran dan hanya berorientasi pada penguasaan sejumlah informasi/konsep belaka, dan menuntu siswa untuk menguasai materi pelajaran. Kemajuan IPTEK menuntut sumber daya manusia harus memilki keterampilan (life skill) dalam menciptakan sesuatu yang kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah, pertama mendeskripsikan tingkat hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah dilakukan model pembelajaran synectics pada pelajaran IPA di MIN 1 dan MIN 2 Kec.Sinjai Utara, kedua menjabarkan efektivitas model pembelajaran synectics dalam peningkatan hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kreatif siswa di MIN 1 dan MIN 2 Kec. Sinjai Utara.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasy experimen dengan rancangan control group pretest-posttest. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan sampel 50 siswa. Penelitian ini dilakukan di MIN 1 dan MIN 2 Kecamatan Sinjai Utara. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, Tes Kreativitas Verbal (TKV) dan Observasi. Analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t. Dari hasil penenlitian menunjukkan hasil pretest memperoleh nilai rata-rata 40,61 dan hasil posttest = 70,80, dengan selisih nilai adalah 30,19. Hal ini membuktikan adanya peningkatan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian terbukti bahwa Phitung = 0,638 ≥ Ptabel denga taraf signifikan 0,05 (Ptabel = 0,444) yaitu 0, 638 ≥ 0,444 sehigga H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan hasil observasi kemampuan berpikir kreatif diperoleh kriteria sangat tinggi pada kelas eksperimen sebanyak 24% dan pada kelas kontrol sebanyak 0%, dengan kesimpulan bahwa model pembelajaran synectics efektif dalam peningkatan hasil belajar IPAdan kemampuan berpikir kreatif siswa di MIN 1 dan MIN 2 Kec.Sinjai Utara.
ENGLISH:
Education is an effort to deliver certain knowledge, acquaintance, skill, and expertise to individual in order to develop talent and creativity. Learning faces some problems such as the lack of students’ mastery in learning process and information/concept oriented learning which requires the students to master the lesson material. The science and technological advance force the human sources to own life skill to produce creative things. The study aims to, first describe students’ level of Model Synectics to Improve Students’ Learning Outcomes of Science and Creative Thinking Ability before and after science learning using synectics model in MIN 1 and MIN 2 North Sinjai Sub-district, second explain the effectiveness of inquiry learning efektivitas using synectics model to improve students’ creative learning ability in MIN 1 and MIN 2 North Sinjai Sub-distric
The study is a quantitative research using quasy experiment design with pretest-posttest control groups. Its population consists of 50 students as its sample. It was conducted in MIN 1 and MIN 2 North Sinjai Sub-distric. The data collection uses documentation, Verbal Creativity Test and student creative scale measurement. The data analysis employs Normality test, Homogeneity test and t-test. The result shows that the mean of the pretest is 40.61 and posttest is 70.80, and the difference is 30.19. It proves the improvement of students’ creative thinking after the treatment. It also proves that Pcount = 0.638 ≥ Ptable with significance level of 0.05 (Ptable = 0.444) that is 0. 638 ≥ 0.444. Therefore H0 is rejected and Ha is accepted. Meanwhile, students’ creative thinking is significantly high in the experiment class for 24% and in the control class for 0%. The study concludes that the Model Synectics to Improve Students’ Learning Outcomes of Science and Creative Thinking Abilityin MIN 1 and MIN 2 North Sinjai Sub-distrit.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Aziz, Rahmat | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Synectics; Hasil Belajar IPA; Berpikir Kreatif; Synectics Mode;, science learning outcomes; Creative Thinking | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2018 10:09 | |||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2018 10:09 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9970 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |