Rhomantoro, Rahmad Azazi (2017) Manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15711022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Madrasah dan masyarakat adalah lingkungan hidup yang tidak dapat dipisahkan, keduanya saling berkaitan demi tercapainya peningkatkan mutu pendidikan, madrasah yang baik selalu berusaha menjaga hubungan baik dengan masyarakat agar terciptanya hubungan masyarakat yang harmonis dan dinamis. Oleh karena itu, peran sebuah hubungan masyarakat dalam sebuah madrasah, turut mendukung kesuksesan agar mampu menarik perhatian para orang tua murid, kemampuan Humas dalam melaksanakan perannya dirasa sangat penting agar memberikan keyakinan bahwa orang tua tidak salah menyekolahkan anaknya di madrasah, untuk menciptakan citra pendidikan yang baik, Humas dituntut untuk berperan penting dalam pemberian citra positif bagi madrasah.
Adapun tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisi 3 hal. Pertama Bagaimana proses perencanaan Humas dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Kedua, Bagaimana pelaksanaan manajemen Humas dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Ketiga, Bagaimana evaluasi manajemen Humas dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda.
Penelitian ini didesain dalam bentuk pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, mengambil lokasi penelitian di MAN 2 Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipatif dan (studi dokumen). (3) Dokumentasi. Wujud data adalah kata-kata, catatan, laporan dan dokumen diperoleh dari kepala Madrasah, wakil kepala Humas, wakil kepala kesiswaan, wakil kepala kurikulum dan wakil kepala Sarpras MAN 2 Samarinda. Teknik analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang waktu penelitian dan ketekunan pengamatan, teknik triangulasi dan menggunakan referensi.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan Humas dalam meningkatkan mutu madrasah di MAN 2 Samarinda melalui: a). Identifikasi masalah, b). Penentuan kebutuhan, c). Menganalisis keadaan dan kebutuhan masyarakat. d). Merancang kegiatan, e). Merencanakan biaya yang dihabiskan dalam proses merealisasikan program, f). Pelaksanaan program manajemen humas, g). evaluasi 2) Pelaksanaan Humas dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda melalui: a). Pelaksanaan program humas dilakukan sesuai program humas yang telah direncanakanoleh tim kehumasan, b). Pelaksanaan program humas dilakukan sesuai dengan waktu kerja humas yang telah dibentuk, c). memaksimalkan program kehumasan dalam membangun mutu madrasah, menggunakan beberapa strategi : Sosialisasi: memberikan sosialisasi ke MTs dan SMP bonafit di Samarinda, sampai ke daerah kubar, kutim, kukar, juga Balikpapan. Publikasi: memanfaatkan tekhnologi menggunakan social media, Wab, facebook, youtube, dan vidgram. Komunikasi: melakukan komunikasi ke sekolah maupun institusi yang sudah memiliki MOU dengan madrasah. d). Melakukan Kegiatan Eksternal: e) melakukan kegiatan internal. 3). Evaluasi Humas dalam meningkatkan mutu madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda secara keseluruhan: a) Evaluasi dilakukan secara menyeluruh mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, melalui rapat bersama yang dilakukan setiap 2 bulan sekali, b). evaluasi yang dilakukan bersifat monitoring dari kepala madrasah kepada waka humas, waka humas kepada tim kehumasan yang telah ditunjuk dalam melaksanakan program kehumasan, c). setelah melakukan evaluasi membuat laporan hasil evalusi, d). laporan evaluasi digunakan untuk landasan penyusunan perencanaan selanjutnya. Temuan Subtantif berdasarkan penelitian di MAN 2 Samarinda ini bersifat konstruktif, dan untuk meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Samarinda, pihak madrasah memaksimalkan kinerja para stakeholder, dan mengadakan kegiatan rutin one day one thousand terhadap seluruh komponen yang ada di Madrasah
ENGLISH:
Madrasahs and communities are inseparable environment, both of which are mutually related to the achievement of education quality. A good Madrasah always tries to maintain a positive relationship with their community members in a way to create harmonious and healthy environment. Therefore, the role of public relation in Madrasah is very critical to achieving the success of maintaining positive attention from parents and students with their ability of promoting and gaining public’s acceptance of the good quality and positive image of Madrasah. Thus, parents are willing to send their children studying at Madrasah.
The aim of this research is to describe and analyze three things. First, how does public relations planning process in a way to improve the quality of education in Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Second, how does the implementation of public relations in attempt to exacerbate the quality of madrasah in Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Third, how does public relations evaluate their works to increase the quality of madrasah in Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda.
This research is a qualitative design with the case study of Madrasah Aliyah Negeri2 Samarinda. Data collection techniques is conducted with (1) in-depth interviews, (2) participatory observation and (document studies). (3) documentation. The form of data are words, notes, reports and documents obtained from the principal of Madrasah, deputy head of public relations, deputy head of student affairs, deputy head of curriculum, and deputy head of Sarpras MAN 2 Samarinda. Data analysis technique is conducted with Miles and Huberman model: data reduction, data presentation, and conclusion. While the examination of data validity is organized by lengthening research time and observation persistence, triangulation technique and using references.
The research findings show that: 1) Public relations planning in improving the quality of madrasah in MAN 2 Samarinda through: a) identifying problem, b) determining the needs, c) analyzing the circumstances and needsof the community. d) designing activities, e) planning the costs spent in the process of realizing the program, f). Doing the implementation of public relations management program, and g) conducting program evaluation.
2) The implementation of public relation plans in improving the quality of madrasah in Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda through: a) the implementation of public relations programs conducted based on public relations programs that have been planned by the public relation team, b) the implementation of public relation programs established in accordance with the time frame that has been formed, c) public relation programs were maximized to elevate the quality of madrasah, using several strategies: Socialization: arranging socialization at prospective MTs and junior high schools in Samarinda, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, and Balikpapan. Publication: utilizing technology using social media such as madrasha website, facebook, youtube, and videogram. Communication: having continuous communication with the schools and institutions that already have MOUs with madrasah. d) conducting external activities: e) organizing internal activities.
3). The evaluation of public relation in improving the quality of madrasah in Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda as a whole: a) evaluations are entirely held starting from planning, implementation and evaluation, through bimonthly meeting, b) evaluations are established by monitoring from the head of madrasah to public relations, public relations to public relation member who has been appointed to escort public relation programs, c) after observing, public relation creates report as the result of evaluation, d) evaluation reports are utilized for the subsequent preparation of planning.
This substantive research findings in MAN 2 Samarinda is constructive. In order to improve the quality of madrasah in MAN 2 Samarinda, the madrasah maximizes the performance of stakeholders, and hold routine activities “one day one thousand” to all components in Madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun and Tharaba, M. Fahim | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Manajemen Hubungan Masyarakat; Mutu Madrasah; Management of Public Relations; Quality of Madrasah | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2018 10:12 | |||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2018 10:12 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9966 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |