Farid, Miftah (2017) Pengembangan modul bahasa Indonesia berbasis nilai-nilai Islami tema “kegiatanku” kelas V SDN 1 Marindi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15760039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan modul bahasa Indonesia berbasis nilai-nilai Islami tema “Kegiatanku” merupakan salah satu media dalam membantu peserta didik memahami pelajaran. Modul membantu memenuhi empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak, membaca, berbicara, menulis. Melihat pada rendahnya minat baca anak Indonesia, Hasil penelitian UNESCO juga menunjukkan dari 1.000 orang Indonesia hanya 1 orang yang memiliki minat baca serius. Berdasarkan analisis bahan ajar pada buku teks bahasa Indonesia, kebanyakan materi-materi yang disajikan kurang memiliki muatan nilai moral atau nilai islami didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk modul bahasa Indonesia dengan berbasis nilai-nilai Islami pada tema “Kegiatanku”, untuk mengetahui tingkat validitas dan efektivitas modul berbasis nilai-nilai Islami dan untuk mengetahui kemenarikan serta kelayakan produk modul bahasa Indonesia berbasis nilai-nilai Islami. Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitalif menggunakan validasi ahli desain, ahli isi, ahli bahasa, dan ahli pembelajaran bahasa Indonesia/guru kelas. sedangkan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan rumus uji-t dan menggunakan penghitungan komputer SPSS 16. Jenis penelitian ini adalah Reaserch and Development, yang mengacu pada model 4-D oleh Thiagarajan. Hasil penelitian pengembangan modul bahasa Indonesia berbasis nilai-nilai Islami tema “Kegiatanku” di SDN 1 Marindi memenuhi kriteria valid dengan hasil uji tingkat kelayakan desain 86% (valid), isi 80% (valid), bahasa 71,11% (valid), dan pembelajaran 86,66% (valid). Hasil angket dari uji coba lapangan menunjukkan persentase penilaian peserta didik terhadap semua komponen mencapai 85,5% dengan kriteria sangat menarik. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan perolehan t_( hitung) = 12.126 dan t_( tabel) = 1,76. Karena t_( hitung) > t_( tabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul bahasa Indonesia berbasis nilai-nilai Islami tema “Kegiatanku” yang dikembangkan terbukti secara signifikansi efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.
ENGLISH:
The development of Indonesian Language Module Based Islamic Values theme of “My Activities” is one media in helping student to understand the lessons. Module help to fulfill four language skill that are listening, reading, speaking, and writing. Referring to the low interest of reading of Indonesian children, the result of UNESCO’s research shows that only 1 out of 1000 Indonesian people who has strong reading interest. According to the analysis of materials in the Indonesian Language test book, most of the materials have less moral values or Islamic values contents. The objective of this research is to produce Indonesian language module based on Islamic values with theme “My Activities” in order to test its validity, effectiveness, conspicuousness, and feasibility. The research is descriptive research by using data analysis in qualitative and quantitative ways. The qualitative approach is validated by designer, content expert, languega expert, and Indonesian language expert/teacher. The quantitative descriptive approach uses t-test formula and SPSS 16 computer application. The type of this research is Research and Development, refers to the 4-D model by Thiagarajan. The result of the development of Indonesian Language Module Based Islamic Values theme “My Activity” in Marindi 1 State Elementary School fulfill valid criteria, they are: design for 86% (valid), content for 80% (valid), language for 71.11% (valid), and learning for 86.66% (valid). The questionnaire result from field-testing shows the percentage of student’ assessment for all components reach 85.5% which means that it is very conspicuous. The t-test result that t_( count) = 12.126 dan t_( table) = 1,76. Because t_( count) > t_( table), then Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore, it can be inferred that the Indonesian Language Module Based Islamic Values theme of “My Activity” which is development is proven signicantly effective in improving student’ learning result.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. and Barizi, Ahmad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan Modul; Nilai-Nilai Islami; Module Development; Indonesian Language; Islamic Values | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2018 10:10 | |||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2018 10:10 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9964 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |