Lathipah, Lathipah (2017) Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi jasa pendidikan terhadap minat masyarakat memondokkan anaknya: Studi di Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny dan Nurul Hakim Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15711019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam bisnis, jika manajer suatu perusahaan salah dalam mengambil suatu strategi pemasaran, maka akan dijamin perusahaan yang dipimpinnya akan gulung tikar. Begitu halnya dalam dunia pendidikan, jika pihak lembaga keliru dalam menerapkan strategi pemasaran lembaga pendidikannya, maka akan mengakibatkan lembaga pendidikan yang dikelolanya tidak dilirik atau diminati oleh masyarakat. Akibat dari kesalahan seperti yang penyusun ungkapkan adalah adanya lembaga pendidikan yang memiliki peminat yang tinggi, sedang dan rendah. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti untuk meneliti pengaruh dua poin di atas jika diterapkan dalam dunia pendidikan. Kedua poin tersebut yakni; a) kualitas pelayanan, dan b) promosi jasa sebagai media untuk mempromosikan sekolah, dalam hal ini penyusun melihat masyarakat sekitar sebagai pelanggan setia.
Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi jasa terhadap minat masyarakat memondokkan anaknya di Pondok Pesantren al-Al-Ishlahuddiny dan Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Kab. Lombok Barat.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan tingkat eksplanasinya (tingkat penjelasan) adalah korelasional. Hal ini dikarenakan bahwa penelitian ini bersifat menjelaskan adanya pengaruh antar varibel bebas dengan variabel terikat. Jenis pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan penyebaran angket, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji regresi liniear berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji F dan uji t diperoleh data signifikan uji serempak (uji F) sebesar 0,000 dan nilai koefisien F yang lebih besar dari nilai F tabel (Fhit = 39,340 > F0,05 = 3,014). Hal ini berarti ada pengaruh positif signifikan kualitas pelayanan dan promosi jasa terhadap minat masyarakat di pondok pesantren Al-Ishlahuddiny dan Nurul Hakim Kecamatan Kediri Kabupaten Lomnok Barat. Hubungan yang paling kuat dan besar terhadap Y ditunjukkan oleh X2 7,757, dilanjutkan X1 sebesar 4,295.
ENGLISH:
In business, if the manager of a company is wrong in taking a marketing strategy, it will be guaranteed the company he leads will go out of business. So in the world of education, if the institute is mistaken in implementing the marketing strategy of educational institutions, it will result in educational institutions that are not supervised or interested by the community. The result of such mistakes is the presence of educational institutions that have high, medium and low interest. This is the main attraction for the authors to examine the influence of the two points above if applied in the world of education. Both points are; a) service quality, and b) promotion of services as a medium to promote schools, in this case the authors see the surrounding community as loyal customers.
In general, the purpose of this study is to determine the effect of service quality and promotion of services to public interest in boarding their children in Pondok Pesantren al-Al-Ishlahuddiny and Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Regency. West Lombok.
The type of research used in this study based on the level of explanation (level of explanation) is correlational. This is because this research is explaining the influence of free variables with dependent variable. Types of data collection used is the questionnaire, observation and documentation which then analyzed by using the classical assumption test and hypothesis testing by using multiple liniear regression test.
The results of this study indicate that: From the results of data analysis using F test and t test obtained significant data simultaneous test (F test) of 0,000 and the value of coefficient F is greater than the value of F table (Fhit = 39,340> F0,05 = 3,014). This means there is a significant positive effect of service quality and promotion of services to public interest in boarding schools Al-Ishlahuddiny and Nurul Hakim Kediri District of West Lombok regency. The strongest and greatest relation to Y is shown by X2 7.757, followed by X1 at 4.295.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat and Wahyuni, Esa Nur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Promosi Jasa Pendidikan; Minat Masyarakat; Quality Of Service; Promotion Of Educational Services; Public Interest | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2018 10:12 | |||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2018 10:12 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9962 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |