Faizah, Esa Nur (2017) Pengembangan buku ajar bahasa Jawa dengan permainan edukasi pada kelas 3 SDN Ketawanggede Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15760031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Buku ajar bahasa jawa kelas 3 ini merupakan buku penunjang yang didesain dengan menggunakan permainan edukasi. Permaianan edukasi dimaksudkan untuk membantu pemahaman materi peserta didik terhadap bahasa jawa. Buku ajar bahasa jawa dengan permainan edukasi disusun berdasarkan kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2013. Pengembangan ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk pengembangan buku ajar bahasa jawa dengan permainan edukasi yang dapat mengembangkan sosialisasi, merangsang imajinasi dan meningkatkan kemampuan berpikir ; 2) menjelaskan proses pengembangan buku ajar bahasa jawa dengan permainan edukasi yang dapat mengembangkan sosialisasi, merangsang imajinasi dan meningkatkan kemampuan berpikir; 3) menjelaskan keefektifan dan kemenarikan produk pengembangan buku ajar bahasa jawa dengan permainan edukasi dapat mengembangkan sosialisasi, merangsang imajinasi dan meningkatkan kemampuan berpikir pada kelas 3 SDN Ketawanggede kota Malang.
Pengembangan buku ajar ini menggunakan model pendekatan sistem desain pembelajaran Walter Dick and Lou Carey. Prosedur pengembangan menggunakan 9 tahapan Walter Dick and Lou Carey yang terdiri dari: (1) mengidentifikasi tujuan umum; (2) melakukan analisis pembelajaran; (3) mengidentifikasi perilaku awal dan karakteristik peserta didik; (4) merumuskan tujuan khusus dalam pembelajaran; (5) mengembangkan instrument penilaian; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) mengembangkan bahan ajar (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif; (9) melakukan revisi. Untuk menganalisis tingkat keefektifan dan kemenarikan produk, peneliti menggunakan instrument penilaian berupa angket yang diberikan kepada para ahli dan tanggapan peserta didik terhadap kemenarikan produk. Sebagai data penguat, peneliti juga menguji cobakan produk dan memberikan uji pretest dan posttest pada peserta didik. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa 1) menghasilkan produk pengembangan buku ajar bahasa jawa dengan permainan edukasi yang dapat mengembangkan sosialisasi, merangsang imajinasi dan meningkatkan kemampuan berpikir, 2) proses pengembangan buku ajar bahasa jawa dengan permainan edukasi menghasilkan skor sebesar 91,8% dan 94,5% dari ahli materi, 87,3% dari ahli bahasa dan 91,4% dari ahli desain, yang artinya bahwa produk berada pada kualifikasi sangat baik dan , 3) produk pengembangan terbukti efektif untuk digunakan dan menarik berdasarkan hasil pretest dan posttest dan tanggapan peserta didik. Hasil yang didapatkan bahwa t hitung (dimutlakkan) > t tabel dengan 15,141 > 2.086, yang artinya Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar.
ENGLSIH:
This Java language textbook for Third Graders is a supporting book designed using educational games. Educational games are intended to help students to understand the lesson material of Java language. Javanese textbook using educational games is compiled based on the implemented curriculum that is 2013 curriculum. This development aims to: 1) produce product development of Javanese language teaching books with educational games that can develop socialization, stimulate the imagination and improve thinking ability; 2) explaining the process of developing Java language textbooks with educational games that can develop socialization, stimulate the imagination and improve thinking ability; 3) explain the effectiveness and attractiveness of product development of Javanese language text books with educational games can develop socialization, stimulate the imagination and improve thinking ability in 3rd grade SDN Ketawanggede Malang City.
The development of this textbook applies the model of Walter Dick and Lou Carey learning design system approach. The development procedure employs 9 stages adapted from Walter Dick and Lou Carey consisting of: (1) identifying general goals; (2) conducting learning analysis; (3) identifying initial behavior and learners’ characteristics; (4) formulating specific goals in learning; (5) developing assessment instruments; (6) developing learning strategies; (7) developing teaching materials (8) designing and carrying out formative evaluations; (9) making revisions. To analyze the effectiveness and attractiveness level of the product, this research employs assessment instrument in form of a questionnaire given to the experts and the students' responses on the attractiveness of the product. As a reinforcing data, the researcher also tests the product and gives pretest and post-test to the learners. The result of development shows that 1) produce product development of Javanese language textbook with educational game that can develop socialization, stimulate imagination and improve thinking ability, 2) development process of Javanese textbook with game of education yield score 91,8% and 94,5 % Of material experts, 87.3% of linguists and 91.4% of design experts, which means that the product is in very good qualification and, 3) product development proves to be effective to use and draw based on pretest and posttest results and students responses. The results obtained that t count (absolute)> t table with 15,141> 2.086, which means Ho rejected which means there is influence of learning before and after using textbook.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah and Susilawati, Samsul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan; Buku Ajar; Permainan Edukasi; Development; Textbooks; Educational Games | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2018 10:08 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2023 13:23 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9952 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |