Pembentukan kecerdasan spiritual pada anak melalui tahfidzul Qur’an : Studi multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Sa’adatul Khidmah dan Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi

Azir, Muhammad (2017) Pembentukan kecerdasan spiritual pada anak melalui tahfidzul Qur’an : Studi multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Sa’adatul Khidmah dan Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15760021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pada zaman sekarang ini sangat banyak sekali hal yang sangat memprihatinkan yang menyentuh masalah moral, khususnya yang menyangkut dengan akhlak pada anak-anak saat ini. Beberapa peristiwa mewarnai realitas dunia pendidikan dikarenakan kurang nya tenaga pendidikan yang memperhatikan tentang kekuatan spiritual. Karena pada dasarnya hubungan antara kecerdasan spiritual dengan kecerdasan yang ada sangat memiliki pengaruh yang besar. Untuk itu sangat penting bagi tenaga pendidik maupun orang tua membentuk kecerdasan spiritual pada anak dan memberikan bekal pendidikan agama, agar kelak dewasa tidak menjadi manusia yang melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme, melakukan kejahatan intelektual, merusak alam untuk pribadi, menyerang kelompok yang tidak sepaham. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pembentukan kecerdasan spiritual pada anak melalui Tahfidzul Qur’an (studi multisitus di MI Sa’datul Khidmah dan MI Muhajirin Kota Jambi), dengan sub fokus mencakup : (1) metode dalam pembentukan kecerdasan spiritual pada anak melalui Tahfidzul Qur’an (2) pendekatan dalam pembentukan kecerdasan spiritual pada anak melalui Tahfidzul Qur’an (3) bentuk dari pembentukan kecerdasan spiritual pada anak melalui Tahfidzul Qur’an di MI Sa’adatul Khidmah dan MI Muhajirin Kota Jambi.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan desktiptif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara Triangulasi dan Bahan Referensi. Sedangkan informan peneliti yaitu kepala sekolah, guru pembimbing khusus, wali kelas, orang tua siswa dan pihak lain yang terkait dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa : pembentukan kecerdasan spiritual pada anak melalui Tahfidzul Qur’an di MI Sa’adatul Khidmah dan MI Muhajirin Kota Jambi (1) penggunaan metode Takrir dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an dan menggabungkan dengan metode Direct Instruction bisa membentuk kecerdasan spiritual pada anak dengan baik (2) penggunaan pendekatan terpadu dan bervariasi dalam pembentukan kecerdasan spiritual pada anak melalui Tahfidzul Qur’an memberikan kemudahan dalam pelaksanaannya (3) bentuk dari pembentukan kecerdasan spiritual pada anak melalui Tahfidzul Qur’an di lihat dari 3 aspek yaitu ; kognitif ; afektif ; dan psikomotorik, sehingga membuat anak menjadi pribadi yang lebih baik dan menerapkan perbuatan positif dalam kehidupan sehari hari

ENGLISH:

Nowadays it is common to see apprehensive phenomena of moral decadency, especially on children. Some incidents occur in the education world due to the lack of teachers who concern on spiritual competence. Basically the spiritual intelligence influences the intelligence itself. Therefore, it is important for teachers and parents to build spiritual intelligence and teach religious matter to children so in the future they are able to avoid corruption, collusion and nepotism, intellectual crime, natural destruction and also avoid attacking other groups which have different belief. The study aims to reveal how to build spiritual intelligence on children through Tahfidzul Qur’an (multisite study in MI Sa’datul Khidmah and MI Muhajirin Kota Jambi), which consists of: (1) Proces in building spiritual intelligence on student through Tahfidzul Al-Qur’an (2) Function of building spiritual intelligence on children through Tahfidzul Qur’an in Madrasah Ibtidaiyah Sa’adatul Khidmah dan Madrsah Ibtidaiyah Muhajirin at Jambi City.

The researcher employs a qualitative method and descriptive approach. The data collection technique includes observation, interview, and documentation. Data analysis consists of data reduction, presentation and verification. To check data validity, the researcher employs triangulation and references. The informants of the study are headmaster, special counselor, class teacher, parents and related parties. The result shows that: building spiritual intelligence on children through Tahfidzul Qur’an in MI Sa’adatul Khidmah and MI Muhajirin Kota Jambi (1) the use of Takrir method in Tahfidzul Qur’an learning and the combination with Direct Instruction method are able to build spiritual intelligence on children, (2) The use of integrated and varied approach in building spiritual intelligence on children through Tahfidzul Qur’an is able to ease the implementation (3) the form of building spiritual intelligence on children through Tahfidzul Qur’an consists of three aspects: cognitive, affective and psychomotor, in order to make children have a better personality and conduct good deeds in their daily life.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Zainuddin, M and Wahyuni, Esa Nur
Keywords: Pembentukan Kecerdasan Spiritual; Tahfidzul Qur’an; Spiritual Intelligence Building; Tahfidzul Qur’an
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 04 Mar 2018 03:08
Last Modified: 04 Mar 2018 03:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9940

Actions (login required)

View Item View Item