Pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan hidup pada siswa kelas IV : Studi multisitus di SDN Ketawanggede Kota Malang dan SD Plus Al-Kautsar Malang

A’yun, Neny Qurrota (2017) Pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan hidup pada siswa kelas IV : Studi multisitus di SDN Ketawanggede Kota Malang dan SD Plus Al-Kautsar Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14761006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pencemaran dan kerusakan lingkungan di muka bumi telah menjadi suatu hal yang menakutkan terhadap keberlanjutan kehidupan manusia. Lingkungan sendiri yang semestinya menjadi salah satu sumber kenikmatan dalam kehidupan, alih-alih kini telah menjadi sumber kegelisahan dan kecemasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memaparkan: (1) Perencanaan pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan hidup, (2) Implementasi pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan hidup, dan (3) Evaluasi pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data linta situs. Pengecekan keabsahan data dengan tiga cara yaitu: kepercayaan (kredibilitas), kebergantungan (dependabilitas), dan kepastian (konfirmabilitas).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran tematik berbasis lingkungan hidup di SDN Ketawanggede Kota Malang adalah penyusunan visi dan misi, penyusunan perangkat pembelajaran. Sedangkan di SD Plus Al-Kautsar Malang yaitu penyusunan visi dan misi, penyusunan perangkat pembelajaran, (2) Implementasi pembelajaran tematik berbasis lingkungan hidup di SDN Ketawanggede Kota Malang yaitu pelaksanaannya terintegrasi dengan pembelajaran tematik. Kegiatan berbasis lingkungan hidup di dalam kelas dengan menampilkan gambar/video, diskusi kelompok, kegiatan berbasis lingkungan hidup di luar kelas. Sedangkan di SD Plus Al-Kautsar Malang yaitu pelaksanaannya terintegrasi dengan pembelajaran tematik, kegiatan berbasis lingkungan hidup di dalam kelas dengan menampilkan gambar/video, diskusi kelompok, kegiatan berbasis lingkungan hidup di luar kelas. dan (3) Evaluasi pembelajaran tematik berbasis lingkungan hidup di SDN Ketawanggede Kota Malang yaitu penilaian berdasarkan pada nilai per Kompetensi Dasar dan jenis penilaian yang digunakan lisan dan tertulis. Sedangkan di SD Plus Al-Kautsar Malang yaitu penilaian berdasarkan pada nilai per indikator. Jenis penilaian yang digunakan Nilai Hasil Belajar (NHB), Uji Kompetensi (UK), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Tahun (PAT).

ENGLISH:

Pollution and environment damage on Earth have been threatening the life of human being. Instead of being prosperity source, the environment becomes anxiety and unease source. The enviromental learning will help students to investigate problems related with symptom or challenge in their society. The study aims to find out: (1) the environment-based thematic integrative learning desing process, (2) the implementation of envirment-based thematic integrative learning design process and (3) the evaluation of environment-based thematic intergative learning design process. The study employs a qualitative method and multisites study case design. The data collection involves interview, observation and documentation. Data were analyzed using site data analysis. For checking the validity of data in three ways, namely: trust (credibility), dependability, and certainty (confirmability).

The result of the study shows that: (1) the environment-based thematic integrative learning design process in SDN Ketawanggede Kota Malang consist of composing vision and mision to develop students’ environment awareness, composing learning instrument such as PROTA, PROMES, syllabus, lesson plan and journal. Meanwhile, the environment-based thematic integrative learning design process in SD Plus Al-Kautsar Malang consist of composing vision and mision to build habituation among the students to be aware to their environment and character such as nasionalism, composing learning instruments such as PROTA, PROMES, syllabus, and leson plan, developing lesson plan components on environment for each indicator, learning activity and character, (2) The implementation in SDN Ketawanggede Kota Malang is integrated with thematic learning. Environment-based activity in class employs pictures or videos using LCD projector based on the materials, group discussion, outdoor class by observing or performing experiment in school yard. In SD Plus Al-Kautsar Malang, the implementation is integrated with thematic learning similar to SDN Ketawanggede Kota Malang and (3) The evaluation in SDN Ketawanggede Kota Malang is integrated with thematic evaluation based on score or each basic competency using oral and written evaluation. Meanwhile, the evaluation in SD Plus Al-Kautsar Malang is integrated with thematic evaluation based on score of each indicator. The evaluation consist of Learning Result, Competency Test, Midsemester Evaluation, Final Evaluation. For those who fail minimum criteria of mastery learning should take enrichment progam and remedial test.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali, Nur and Utami, Ulfah
Keywords: Pembelajaran; Tematik Integratif; Lingkungan Hidup; Learning; Integrative Thematic; Environment
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 04 Mar 2018 03:07
Last Modified: 04 Mar 2018 03:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9926

Actions (login required)

View Item View Item